Microsoft Akuisisi Bethesda, XBox Kuasai Hak Edar Game The Elder Scroll

Microsoft Akuisisi Bethesda, XBox Kuasai Hak Edar Game The Elder Scroll

Menjelang perilisan dua konsol teranyarnya yaitu XBox Series X dan XBox Series S, Microsoft melakukan sebuah langkah bisnis yang cukup mengejutkan. Perusahaan asal Amerika ini mengakuisisi induk dari Bethesda, ZeniMax Media.

Pengumuman akuisisi ZeniMax Media ini disampaikan melalui website resmi XBox pada tanggal 21 September. Microsoft membeli saham mayoritas dari ZeniMax seharga 7,5 Miliar US Dollar atau setara 111 Triliun Rupiah.

ZeniMax sendiri merupakan perusahaan induk dari studio game Bethesda, salah satu studio game legendaris di industri ini. Bethesda dikenal menghasilkan beberapa judul game ternama seperti The Elder Scroll, Doom, Fallout, Pray dan masih banyak lagi. Langkah ini merupakan salah satu langkah akuisisi terbesar di industri game.

Microsoft + Bethesda

Dengan akuisisi yang dilakukan Microsoft ini XBox bisa dikatakan menang langkah jika dibandingkan dengan rival abadi mereka, Sony dengan konsol PlayStation-nya. Apalagi kedua Brand ini akan merilis konsolnya dalam waktu yang hampir bersamaan.

XBox Series X dan XBox Series S akan dirilis 10 November sedangkan Duo PlayStation dari Sony akan dirilis pada 12 November.

Dengan akuisisi ZeniMax ini artinya Microsoft atau dalam hal ini XBox akan memegang hak edar dari game-game yang diproduksi oleh bethesda, Seperti Doom dan The Elder Scroll. Selain itu akan ada reuni dari Bethesda dan Obsidia yang merupakan kontraktor utama project Fallout.

Perkara eksklusifitas game nampaknya Microsoft memiliki pandangan yang berbeda dengan Sony. Microsoft terkesan tidak pernah pelit terhadap game-game yang mereka pegang hak edarnya, mereka membebaskan game-game tersebut untuk dirilis di platform lain termasuk Sony.

Bisa kita lihat contohnya dari salah satu game terlaris, Minecraft yang hak edarnya mereka kuasai setelah mengakuisisi Mojang Studio. Game ini tetap dirilis di berbagai platform termasuk PlayStation dan Nintendo.

Xbox series x & s

Namun pengakuisisian ini tetap dianggap akan menguntungkan XBox. Konsol besutan Microsoft ini tentunya jadi punya amunisi lebih dalam menghadapi perlawanan PlayStation dari Sony.

Menurut Sobat Gamers bagaimana langkah Microsoft ini? INDOESPORTS jadi tidak sabar menunggu apakah project game Fallout dari Obsidian dan Bethesda akan kembali diteruskan? Pantau terus berita selanjutnya hanya di INDOESPORTS.


Tags:

Apa menurut kamu Artikel ini keren?

Share artikel ini ke teman-teman kamu juga ;)

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

0 Komentar
5