Marketing Agency INDOESPORTS Group Sediakan Solusi untuk Berbagai Kebutuhan Online Digital Promotion

Marketing Agency INDOESPORTS Group Sediakan Solusi untuk Berbagai Kebutuhan Online Digital Promotion

Agensi marketing atau marketing agency adalah agen perorangan atau perusahaan pihak ketiga yang membantu klien untuk membuat, merancang, dan mengelola kegiatan dalam pemasaran digital. INDOESPORTS adalah salah satu esports company yang aktif bergerak di ekosistem esports Indonesia dan agensi marketing. Sejak masa berdirinya di 2016, INDOESPORTS berperan sebagai jembatan bagi brand non-esports yang ingin terjun ke ekosistem esports tanah air.

Michael Lim selaku CEO INDOESPORTS menyebutkan INDOESPORTS sebagai fasilitator baik bagi pengembang maupun infrastruktur di area esports. Tak hanya esports, kini INDOESPORTS melebarkan sayap ke bidang digital marketing agency Indonesia.

Digawangi oleh orang-orang berpengalaman di bidangnya, INDOESPORTS telah mengerjakan berbagai proyek dan bekerja sama dengan berbagai brand. Proyek yang ditangani oleh esports company yang bermarkas di Kelapa Gading ini adalah event turnamen esports, broadcasting, production, publikasi, dan campaign activation. Tak hanya bergerak di bidang bisnis, INDOESPORTS juga mengutamakan kepentingan komunitas esports.

Marketing Agency INDOESPORTS Group Sediakan Solusi untuk Berbagai Kebutuhan Online Digital Promotion (14)

INDOESPORTS mendedikasikan diri untuk merangkul dan mengayomi komunitas esports dan game yang ada di Indonesia. COO INDOESPORTS, Bambang Tri Utomo, menyebutkan komunitas sebagai salah satu core penting yang menjembatani para penggiat esports, mulai dari tim, developer game, brand, hingga penggemar.

Saat ini, aktivitas masyarakat semakin meluas di bidang digital seiring dengan penyesuaian masyarakat terhadap new normal yang dipicu oleh pandemi. INDOESPORTS yang dekat kaitannya dengan dunia digital marketing agency Indonesia pun turut memenuhi kebutuhan para konsumen untuk berbagai kepentingan.

Unit Bisnis INDOESPORTS

INDOESPORTS dibangun oleh orang-orang yang memiliki passion yang sama untuk ikut terlibat memajukan esports Indonesia. Untuk mencapai hal tersebut, dibentuklah unit-unit bisnis yang menyokong pergerakan INDOESPORTS sebagai perusahaan yang tetap sejalan di jalur esports.

Secara umum, INDOESPORTS memiliki empat unit bisnis utama yang meliputi media, activation, production house, serta marketing promotion. Keempat unit bisnis inilah yang akhirnya menjadi penggerak untuk mencapai visi dan misi INDOESPORTS untuk menjadi salah satu esports company yang berpengaruh dan berperan penting bagi kemajuan esports Indonesia.

Keempat unit bisnis ini dirancang agar relevan dengan kebutuhan perusahaan maupun brand partner. Masing-masing perusahaan pasti memiliki target dan tujuan, maka INDOESPORTS siap untuk membantu. Apa sajakah layanan yang didapatkan dari empat unit bisnis ini? Berikut ini akan dibahas satu per satu agar lebih jelas dan terperinci.

Marketing Promotion

Marketing Agency INDOESPORTS Group Sediakan Solusi untuk Berbagai Kebutuhan Online Digital Promotion (1)

Teknologi digital yang semakin modern menuntut setiap perusahaan untuk membuat gerakan selangkah lebih maju agar bisa menjangkau target audiens. Selain itu, kondisi dunia secara global akibat pandemi juga membawa banyak perubahan yang membuat manusia lebih mengandalkan teknologi digital. Perubahan baru yang disebut new normal menganjurkan masyarakat untuk membatasi aktivitas di luar ruangan dan melakukan physical distancing.

Pada dasarnya, esports adalah industri yang sangat dekat dengan teknologi digital berbasis online. Sebagai perusahaan yang sudah malang melintang di bidang teknologi digital dan jasa agensi marketing, INDOESPORTS bukanlah pemain baru dalam menyelesaikan masalah promosi digital.

Marketing promotion adalah unit bisnis agensi marketing INDOESPORTS yang dihadirkan untuk membantu kalian menemukan solusi terkait promosi digital. Dengan memanfaatkan segala sumber daya yang dimiliki oleh INDOESPORTS, ada berbagi solusi yang disediakan untuk kalian pilih. Solusi marketing promotion yang ditawarkan meliputi digital campaign, digital advertising, hingga social media marketing.

 

Activation Production

Marketing Agency INDOESPORTS Group Sediakan Solusi untuk Berbagai Kebutuhan Online Digital Promotion (8)

Membangun brand identity yang kuat merupakan goal setiap brand ataupun perusahaan. Brand identity tak dibangun dalam waktu yang singkat dan pasti akan membutuhkan proses serta kegiatan terus-menerus. Ada berbagai cara yang dilakukan oleh perusahaan atau brand untuk membangun brand identity yang disebut activation production.

Gaya hidup kini berubah dan kebutuhan masyarakat akan konten digital semakin tinggi. Maka, INDOESPORTS menawarkan berbagai activation production khususnya untuk brand esports dan game.

Dalam unit bisnis agensi marketing ini, ada berbagai pilihan untuk melakukan activation brand di industri esports, seperti turnamen, exhibition, brand activation, press conference, product launching, media gathering, dan juga community activities.

Marketing Agency INDOESPORTS Group Sediakan Solusi untuk Berbagai Kebutuhan Online Digital Promotion (3)

Esports company pasti sudah tidak asing lagi dengan turnamen. Dengan mempertandingkan satu atau lebih cabang game, turnamen dapat dijadikan wadah yang mempertemukan komunitas esports dari berbagai kalangan. Ajang ini juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan popularitas lewat kerja sama dengan beberapa figur publik .

Secara umum exhibition juga memiliki fungsi yang sama seperti turnamen. Exhibition merupakan gelaran atau pameran yang bertujuan untuk memperkenalkan suatu brand atau identitas. Exhibition terdiri dari display yang interaktif dan ikonis agar meninggalkan kesan yang kuat di benak pengunjung.

Kemudian, press conference dilakukan dengan mengundang dan mengumpulkan awak media massa untuk memberitakan, memperkenalkan, atau mengklarifikasi sesuatu. Jangkauan massa press conference, product launching, serta media gathering umumnya jauh lebih luas tak terbatas. Berita press conference dari brand atau aktivitas event akan diberitakan atau disiarkan secara  global.

 

Press Release and Media

Grand Final Piala Presiden Esports 2020 Akan Hadir di ICE BSD City Tanggerang, Talkshow

Media pemberitaan merupakan hal yang sangat dibutuhkan oleh brand, perusahaan maupun organisasi untuk visibility dan menyebarluaskan informasi. Dalam unit bisnis press release dan media, penyebaran informasi atau berita adalah hal yang diutamakan. Layanan jasanya meliputi advertorial, press release service, info turnamen, serta advertising placement.

INDOESPORTS memiliki tim redaksi yang akan menyajikan berita dan mengolah tulisan kreatif untuk dipublikasikan dan didistribusikan ke media-media nasional. Untuk mendukung penyebaran berita, INDOESPORTS membangun platform situs serta media sosial Facebook dan Instagram yang memiliki ratusan ribu pengikut. Platform INDOESPORTS memiliki ruang tertentu yang berfungsi untuk advertising placement atau penempatan iklan agar kalian bisa menjangkau target audiens.

Jika ingin menyampaikan info turnamen secara lebih luas, kalian juga bisa menaruh pengumuman info turnamen di situs resmi INDOESPORTS. Dengan begitu kalian bisa menjangkau pemain yang lebih banyak lagi.

 

Production House

Marketing Agency INDOESPORTS Group Sediakan Solusi untuk Berbagai Kebutuhan Online Digital Promotion (2)

Tim profesional INDOESPORTS memiliki pengalaman mumpuni di bidang film produksi dan siaran. Proyek yang ditangani adalah live streaming, broadcasting, TVC, web series, after movie, dan juga dokumentasi dengan standar kualitas tinggi. Dilengkapi dengan peralatan dan perangkat yang berkualitas, INDOESPORTS memiliki studio yang memadai untuk melakukan berbagai kegiatan production house. Secara rutin, INDOESPORTS melakukan siaran untuk keperluan internal ataupun klien.

Semua turnamen yang diselenggarakan oleh INDOESPORTS disiarkan secara live melalui channel YouTube INDOESPORTS. Followers dan subscribers bisa mengikuti acara giveaway dan mendukung tim favoritnya di kolom komentar. Siaran live streaming ini tak terbatas hanya untuk kebutuhan turnamen. Kalian pun bisa memakai jasa live streaming INDOESPORTS untuk berbagai kebutuhan, misalnya untuk siaran live streaming komunitas dan webinar.

Untuk berbagai kepentingan promosi internal maupun klien, INDOESPORTS juga memproduksi web series untuk membangun brand identity untuk meningkatkan engagement. Selain memproduksi web series, dihadirkan pula TVC dengan konsep kreatif untuk kegiatan promosi internal ataupun untuk kebutuhan kalian.

 

Peran INDOESPORTS di Ekosistem Esports Indonesia

Industri esports diklasifikasikan sebagai salah satu industri penyumbang devisa negara terbesar selama dua-tiga tahun terakhir. Data ini bersumber dari Newzoo yang disajikan pada saat pelantikan PBESI. Di tengah pandemi yang melanda seluruh dunia, banyak industri yang terpaksa berhenti beroperasi sementara. Hanya industri dan bisnis tertentulah yang diizinkan untuk tetap beroperasi, sementara sebagian besar industri mengambil kebijakan work from home.

Esports adalah salah satu industri yang tetap bernapas di tengah krisis pandemi. Tak diragukan lagi, industri esports bisa tetap berjalan karena sistemnya yang serba digital dan serba online. Meski banyak turnamen dan event esports yang tertunda bahkan dibatalkan karena pandemi, perusahaan esports memiliki opsi lain. Turnamen diadakan secara online, sedangkan pertandingannya disiarkan melalui live stream.

Meski digelar secara online, penggemar esports masih tetap bisa merasakan gan euforia kejuaraan dan memberi dukungan melalui kolom komentar dan tagar tertentu. Hal ini membuktikan bahwa industri esports dapat berubah dan beradaptasi dengan cepat, baik di tengah masa PSBB maupun pada kondisi new normal.

 

Marketing Agency INDOESPORTS Group Sediakan Solusi untuk Berbagai Kebutuhan Online Digital Promotion (8)

Begitu juga dengan INDOESPORTS yang memang bergerak di dunia digital online ini tetap bisa beroperasi selama masa PSBB. Para staf tetap menjalankan aktivitas sebagaimana mestinya sambil memperhatikan protokol kesehatan. Bahkan selama masa pembatasan sosial, INDOESPORTS semakin aktif mengadakan program-program baru di berbagai platform-nya. Jadi, para penggemar esports bisa mengikuti program tersebut untuk mengurangi rasa jenuh selama ada di rumah.

Berlakukan WFH, keempat unit bisnis dan agensi marketing INDOESPORTS tetap aktif di masa pandemi. Empat unit bisnis tersebut adalah marketing promotion, activation production, press release and media, serta production house

 Penasaran apa saja pencapaian INDOESPORTS sejauh ini? Berikut ini beberapa aktivitas/produktivitas INDOESPORTS yang dijelaskan dalam beberapa poin.

  1.   Konsisten Menyelenggarakan Turnamen

Marketing Agency INDOESPORTS Group Sediakan Solusi untuk Berbagai Kebutuhan Online Digital Promotion (9)

Turnamen diakui sebagai salah satu aktivitas yang kerap kali menghidupkan ekosistem esports di Indonesia. Layaknya jamur di musim hujan, jumlah turnamen selalu bertambah setiap harinya seiring dengan semakin banyaknya pencinta esports di Indonesia. Turnamen adalah aktivitas yang disukai oleh komunitas esports karena interaktif dan menawarkan sejumlah hadiah. Adanya skema kompetisi ini juga membuat jumlah talenta-talenta esports pun kian bertambah. Itu sebabnya Indonesia tidak memiliki hambatan untuk proses regenerasi pro player di Indonesia.

INDOESPORTS telah menyelenggarakan turnamen secara rutin, baik itu turnamen internal maupun persembahan partner. Mulai dari turnamen game PC hingga turnamen game mobile yang mempertandingkan game-game populer sudah banyak diselenggarakan. Kolaborasi ini sangat terbuka untuk brand yang tidak berkaitan dengan industri esports dan video game tetapi memiliki ketertarikan untuk meramaikan skena.

Contoh turnamen PC dan mobile yang diadakan INDOESPORTS adalah INDOESPORTS League, INDOESPORTS League Mobile, dan juga Esports Battle Week. Kemudian turnamen yang kami kerjakan untuk partner kami misalnya SEACA, OMEN Campus Legends, Telkomsel Shellfire, PUBG Community Cup, dan GeForce GALAX PUBG Attack.

  1.   Broadcasting Livestream

Live streaming adalah salah satu kegiatan dari unit bisnis production house yang menjadi primadona belakangan ini. Di masa kini jasa live streaming sangat dibutuhkan oleh pemilik brand ataupun perusahaan untuk mempertahankan identitas dan ikatan dengan komunitasnya. Kalian bisa menyaksikan beberapa siaran live streaming yang diselenggarakan oleh INDOESPORTS di acara kompetisi yang sudah diselenggarakan. Misalnya Grand Launching Lokapala, The Pillars PUBG Mobile Community, turnamen INDOESPORTS League Mobile, Esports Battle Week, dan IES Mabar. Kami juga siap untuk menyiarkan acara non esports seperti BEKUP Barekraf For Startup dan Olga Bareng Riana.

  1.   TVC

TVC adalah salah satu metode kampanye dan promosi yang dikerjakan oleh unit bisnis INDOESPORTS. Bagi masyarakat umum, TVC berfungsi sebagai pengenalan brand identitas dan untuk menarik pemirsa. Namun, bagi penggemar esports khususnya player dari game yang bersangkutan, TVC menaikkan awareness dan kebanggaan penggemar terhadap game tersebut. Mobile Legends: Bang Bang dan PUBG Mobile adalah dua judul game yang pernah bekerjasama dengan INDOESPORTS untuk memproduksi TVC. 

  1.   Hot News Setiap Hari

Setiap harinya INDOESPORTS menyajikan berita-berita terbaru mengenai dunia esports dan video game populer di Indonesia. Portal berita INDOESPORTS juga turut berbagi informasi dan tips melalui konten kreatif yang ditujukan kepada audiens dengan prioritas usia 18 tahun ke atas. Berita-berita ini diangkat dan ditayangkan di berbagai platform, mulai media sosial , situs resmi INDOESPORTS, hingga platform YouTube.

  1.   Brand Campaign Promotion

Menjadi jembatan bagi brand non-esports yang ingin terjun ke esports adalah komitmen INDOESPORTS sejak awal. Berbagai metode dan konsep kreatif kami hadirkan secara variatis agar pesan dari brand dapat diterima dengan baik oleh audiens. Beberapa brand memilih untuk mengadakan turnamen dalam kampanye promosinya. Ada juga brand yang memilih untuk melakukan review produk serta memasang iklan di berbagai platform INDOESPORTS.

  1.   Bagi-bagi Hadiah

Marketing Agency INDOESPORTS Group Sediakan Solusi untuk Berbagai Kebutuhan Online Digital Promotion (11)

Secara rutin INDOESPORTS mengadakan program bagi-bagi hadiah (giveaway) di acara turnamen ataupun event di komunitas. Hadiah yang dibagikan pun beragam, mulai dari voucher game, mata uang dalam game, hingga gaming gear. Untuk mengikuti program giveaway ini pun sangatlah mudah, hanya dengan mengikuti instruksi saat menyaksikan siaran live streaming turnamen. Penggemar esports juga bisa mengikuti kuis giveaway di media sosial  yang di-update secara berkala. Sudah banyak, loh, sobat gamer beruntung yang berhasil membawa pulang hadiah-hadiah dari INDOESPORTS.

  1.   Produk EMOVE

EMOVE

EMOVE adalah produk yang disiapkan khusus bagi komunitas esports yang ingin mengadakan turnamen. Program EMOVE ini dirancang untuk mendukung aktivitas dan produktivitas komunitas esports Indonesia. Di luar sana begitu banyak pihak komunitas yang ingin menyelenggarakan turnamen, namun tidak memiliki bekal pengetahuan serta peralatan sehingga eksekusinya kurang maksimal. Untuk itulah, INDOESPORTS yang sudah terbiasa menyelenggarakan turnamen menghadirkan program ini. Melalui program ini, kalian bisa menyelenggarakan turnamen dan menyiarkannya secara live stream di channel YouTube INDOESPORTS.

  1.   INDOESPORTS App

Marketing Agency INDOESPORTS Group Sediakan Solusi untuk Berbagai Kebutuhan Online Digital Promotion (10)

INDOESPORTS merancang sebuah aplikasi yang akan mempermudah audiens untuk mengakses informasi mengenai berita terbaru di dunia esports. Meski belum resmi diluncurkan, aplikasi INDOESPORTS ini dilengkapi dengan fitur yang akan memudahkan peserta untuk mendaftarkan di turnamen-turnamen yang ada di halaman INDOESPORTS.

Melalui aplikasi ini, peserta bisa membentuk tim (bisa lebih dari satu tim) dan data akan tersimpan secara otomatis. Jika peserta ingin mengikuti sebuah turnamen, peserta hanya cukup menekan tombol apply tanpa harus menginput kembali data-data anggota tim. Selain itu, aplikasi ini juga akan dilengkapi dengan berbagai fitur interaktif. Jadi, tunggu saja, ya, hari peluncuran resmi aplikasi INDOESPORTS!

  1.   Terbuka untuk Kolaborasi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, INDOESPORTS menghadirkan program-program terbaru dengan konten yang berbobot selama 2020. Selain menjalin kerja sama bisnis esports, INDOESPORTS juga terbuka untuk berkolaborasi demi konten yang positif dan memotivasi. INDOESPORTS telah menjalin kerja sama dengan berbagai figur publik, mulai dari pejabat pemerintahan, artis, stand up comedian, serta influencer.

Sebagai contoh, akhir April 2020 lalu INDOESPORTS berkolaborasi dengan tokoh pemerintahan Bapak Sandiaga Uno pada turnamen charity Esports Fight Against COVID-19. Ada pula program ‘Ngobrol Santai’ yang berkolaborasi dengan seorang produser sekaligus stand up comedy actor, yaitu Acho. Kemudian, INDOESPORTS juga pernah berkolaborasi dengan musisi ternama Indonesia yang belakangan ini terlibat langsung di industri esports, yaitu Ariel Noah.

Selain itu, masih ada banyak lagi konten menarik dan menghibur hasil dari kolaborasi dengan influencer di dunia esports. INDOESPORTS sangat terbuka untuk menjalin kolaborasi. Lantas, apakah kalian partner kolaborasi kami berikutnya?

  1. Studio dengan Equipment Lengkap

Marketing Agency INDOESPORTS Group Sediakan Solusi untuk Berbagai Kebutuhan Online Digital Promotion (16)

Tak sedikit dari partner kami yang memiliki SDM mumpuni, namun masih membutuhkan alat dan tempat untuk mewujudkan ide kreatif menjadi konten video yang segar. INDOESPORTS menawarkan solusi lain yang sering dijadikan pilihan alternatif bagi partner-partner kami. Kami memiliki studio lengkap dengan peralatan yang syuting dan streaming sesuai dengan kebutuhan kalian.

Kalian bisa mengunjungi kantor digital agency Jakarta kami di Kirana Boutique Office Blok E1 No. 7-8, Jalan Boulevard Raya Nomor 1, Kelapa Gading Timur, Jakarta Utara 14350. Hubungi kami di nomor 0812-9427-5708 atau email di marketing@indoesports.com untuk bertanya seputar agensi media kami, jasa digital marketing, tugas marketing agency di INDOESPORTS, atau apa saja mengenai digital marketing agency kami.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai unit bisnis INDOESPORTS. Untuk penjelasan yang lebih terperinci, kalian bisa menelusuri kanal YouTube INDOESPORTS, Instagram @indo.esports, situs www.indoesports.com, atau di halaman bisnis kerja sama www.indoesportsgroup.com. Jika kalian berminat untuk berkolaborasi dengan agensi marketing kami, silakan menghubungi kami sekarang juga.

'yos


Halo, sobat gamer! Jangan lupa cek Youtube Channel INDOESPORTS ya. Ada video live stream turnamen esports setiap minggunya, dan informasi lain seputar esports. Ayo subscribe, like dan comment sekarang juga!


Ayo gabung dengan Komunitas Dota 2 dengan cara join di group facebook DOTA 2 ID.


Tags:

Sukai Berita Ini

Share post:

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

0 Komentar