Ma Huateng Tencent Menjadi Orang Terkaya di China Menyalip Jack Ma Alibaba New York Times

Ma Huateng Tencent Menjadi Orang Terkaya di China Menyalip Jack Ma Alibaba


Halo, sobat gamer! Jangan lupa cek Youtube Channel INDOESPORTS ya. Ada video live stream turnamen esports setiap minggunya, dan informasi lain seputar esports. Ayo subscribe, like dan comment sekarang juga!


Pemilik perusahaan game Tencent yaitu Ma Huateng baru-baru ini diberitakan sebagai orang terkaya di China. Beberapa tahun terakhir dunia mengetahui Jack Ma sang pemilik Alibaba sebagai orang terkaya di negara tirai bambu itu. Baru-baru ini gelar itu direbut oleh pemilik perusahaan game terbaik di China Tencent, yaitu Ma Huateng. Saat ini bisnis Tencent sedang berada pada masa-masa keemasan. Nampaknya hal tersebut dipengaruhi oleh situasi selama di masa pandemi yang mengharuskan masyarakat untuk membatasi aktivitas di luar ruangan.

Kebijakan physical distancing yang dilakukan di berbagai negara membuat masyarakat tak memiliki pilihan banyak untuk melakukan aktivitas. Bermain game adalah aktivitas alternative yang bisa dilakukan di dalam ruangan untuk mengusir rasa bosan dan stress. Itu sebabnya, user game khususnya game mobile meningkat tajam selama masa pandemi.

Ma Huateng Tencent Menjadi Orang Terkaya di China Menyalip Jack Ma Alibaba Inet Detik
Inet Detik

Bermain game menjadi kebiasaan baru bagi dan nampaknya hal ini memberikan keuntungan bagi perusahaan pengembang dan penerbit game seperti Tencent. Tencent adalah salah satu perusahaan yang terciprat dampak positif selama masa pandemi karena game-game besutannya difavoritkan oleh gamers di seluruh dunia. Bahkan sampai pada akhirnya, asset kekayaan yang dimiliki oleh Ma Huateng sang pemilik Tencent mampu mengalahkan kekayaan yang dimiliki oleh Jack Ma Alibaba.

Forbers memberitakan bahwa jumlah bersih kekayaan Ma Huateng mengalami peningkatan sejak awal tahun 2020. Tahun lalu Ma Huateng memiliki kekayaan bersih USD 38,1 Miliar dan sekarang sudah mencapai USD 48,2 Milliar. Jumlah ini mengalahkan asset bersih yang dimiliki oleh Jack Ma Alibaba yang telah lama dinobatkan sebagai pengusaha terkaya di China. Dicatat bahwa di tahun sebelumnya Jack Ma memiliki kekayaan USD 38,8 Miliar, dan di periode yang sama tahun 2020 kekayaan Jack Ma mencapai USD 41,2 Miliar.

Ma Huateng Tencent Menjadi Orang Terkaya di China Menyalip Jack Ma Alibaba Dexerto
Dexerto

Kamis, 14 Mei 2020 lalu bahkan Forbes memberitakan bahwa saham Tencent mengalami kenaikan sampai 3,5%. User game online memang melonjak drastis sejak awal tahun 2020. Tencent menjadi salah satu perusahaan yang menikmati imbas dari lonjakan user game online ini. Kesejahteraan Tencent ini sangat berkebalikan dengan kondisi perekonomian China yang dinilai tengah merosot. Kini Tencent menjadi perusahaan yang menyumbang income terbesar selama kuartal pertama tahun 2020.

Ma Huateng sendiri cukup percaya diri dengan platform serta produk yang mereka sediakan karena sangat relevan dengan situasi saat ini. Tak mengherankan memang, karena industri game dan esports adalah salah satu bidang yang bisa beroperasi selama masa physical distancing. PUBG Mobile salah satu game populer besutan Tencent memperoleh pendapatan tertinggi di bulan Maret-April 2020. Namun demikian, beberapa ahli dan pengamat memprediksikan bahwa kondisi ini tidak akan bertahan lama seiring dengan aturan pembatasan fisik yang mulai dilonggarkan serta lockdown yang secara perlahan mulai dibuka.

Ma Huateng Tencent Menjadi Orang Terkaya di China Menyalip Jack Ma Alibaba Forbes
Forbes

Salah satu cara agar perusahaan Tencent bisa tetap bertumbuh adalah dengan menanam investasi di perusahan baru. Baru-baru ini memang diberitakan bahwa Tencent telah melakukan investasi di beberapa perusahaan, misalnya Kanada Tim Hortons dan sebuah perusahaan teknologi bernama Australia Afterpay. Game online dan esports memang tengah bertumbuh subur meski sedang dilanda wabah pandemi. Namun nampaknya Tencent mesti mengumpulkan support yang lebih banyak agar bisa tetap bersaing.


Ayo gabung dengan Komunitas Dota 2 dengan cara join di group facebook DOTA 2 ID.


Tags:

Share post:

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

0 Komentar