Kolaborasi Wallet Codes dan AVGI Bangkitkan UKM Warnet Esports Indonesia (2)

Kolaborasi Wallet Codes dan AVGI Bangkitkan UKM Warnet Esports Indonesia

Indonesia memiliki segudang UKM warnet esports sebagai negara Asia Tenggara dengan populasi gamers terbesar. Hal ini ditunjukkan melalui survey yang dilakukan Newzoo tahun 2015 menunjukkan jumlah gamers mencapai 7,7% dari populasi.

Game dan esports adalah industri yang cukup menjanjikan di Indonesia. Pertumbuhan pasar game sangat cepat, mencapai 22% per tahun. Di 2018 pendapat pasar game dan esports Indonesia tembus hingga angka Rp 16 Triliun.

Kegiatan konsumsi meningkat di 2019, para pelaku melakukan pembelian aksesoris game dan barang virtual. Saat semua industri redup selama masa pandemi, bidang esports dan game tetap bernafas. Bahkan game dan esports masuk ke kategori potential winner.

Sayangnya bisnis warnet malah berdampak sebaliknya, tidak merasakan kesejahteraan serupa. Khususnya untuk warnet kelas UKM, banyak yang terpaksa menutup usahanya karena kebijakan pembatasan sosial. Untuk mengangkat bisnis warnet UKM ini diperlukan usaha nyata dari pihak-pihak yang memiliki pengaruh di industri ini. 

Kolaborasi Wallet Codes dan AVGI Bangkitkan UKM Warnet Esports Indonesia (1)
Wallet Codes dan AVGI mengumumkan kolaborasi

Wallet Codes yang adalah portal transaksi voucher game online bersama dengan AVGI (Asosiasi Video Games Indonesia) sepakat melakukan kolaborasi demi membangkitkan kembali bisnis ini. 

Kerjasama ditandatangani oleh kedua belah pihak sambil disaksikan oleh Widodo Muktiyo yang menjabat sebagai Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Wallet Codes akan mendukung perkembangan UKM warnet dari segi bisnis. Mulai dari sharing revenue produk Wallet Codes, optimasi branding, hingga membangun komunitas pelanggan.

Sejak dulu warnet memang memiliki kekuatan untuk membentuk dan mengembangkan komunitas. Komunitas adalah potensi yang mampu mendatangkan konsumen baru maupun untuk mempertahankan loyalitas pelanggan.

Angki Trijaka yang menjabat sebagai Sekretaris Jenderal AVGI menyambut baik kolaborasi ini. Perusahaan, asosiasi, dan pemerintah memang harus bekerja sama untuk mengembangkan industri video game dan esports bersama-sama. Langkah pasti yang harus diambil adalah dengan membina bisnis UKM warnet.

Perusahaan voucher Wallet Codes diyakini mampu membantu pengembangan bisnis dan membangkitkan potensi terpendam dari warnet. Melalui kolaborasi ini perusahaan mampu menggali potensi UKM warnet lebih dalam agar bisa berkembang.

Sharon Maurenn selaku Co-founder and Director Wallet Codes Indonesia mendukung pelaku UKM warnet. Sebab, unit bisnis inilah yang memiliki peran penting yang tak bisa diabaikan dalam ekosistem esports Indonesia. Warnet adalah wadah inkubasi tempat para calon atlet esports lahir, terutama untuk pemain-pemain yang ada di daerah.

Kolaborasi Wallet Codes dan AVGI Bangkitkan UKM Warnet Esports Indonesia (3)
Tanda tangan kerja sama Wallet Codes dan AVGI 

Komunitas warnet adalah paguyuban tempat ekosistem esports berputar. Regenerasi pemain esports juga berawal dari sini. Warnet merupakan tempat terbentuknya calon atlet muda sebelum bergabung dengan tim besar. 

Para pemain bisa mengasah bakat, skill, daya analitik, etika, karakter, hingga ketahanan mental. Upaya yang dilakukan oleh Wallet Code dan AVGI ini diapresiasi oleh Kemenkominfo. Widodo sebagai Dirjen IKP Kemenkominfo menyampaikan keseriusan pemerintah dalam mengembangkan industri ini dengan mengambil peran sebagai fasilitator dan akselerator. Ini sesuai dengan Peraturan Menteri No 11 Tahun 2016 tentang Klasifikasi Umum Permainan Interaktif Elektronik.

AVGI akan mencari, menilai, dan mengevaluasi UKM warnet berpotensi yang layak beroperasi secara lebih detail untuk direkomendasikan ke pemerintahan.

Informasi mengenai esports dan game hanya ada di website INDOESPORTS. Stay update ya!


Halo, sobat gamer! Jangan lupa cek Youtube Channel INDOESPORTS ya. Ada video live stream turnamen esports setiap minggunya, dan informasi lain seputar esports. Ayo subscribe, like dan comment sekarang juga!


Ayo gabung dengan Komunitas Dota 2 dengan cara join di group facebook DOTA 2 ID.


Tags:

Sukai Berita Ini

Share post:

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

0 Komentar