Klub Sepak Bola Benfica Jajal Terjun ke Industri Esports

Klub Sepak Bola Benfica Jajal Terjun ke Industri Esports

Klub sepak bola Portugal, Benfica, mengumumkan keterlibatan pertama mereka dalam industri esports. Benfica, yang memimpin secara prestasi di liga sepak bola Portugal, ingin terus berinovasi. Mereka pun menjajal pasar esports dan akan berpartisipasi dalam kompetisi global untuk permainan FIFA 20.

Bersamaan dengan pengumuman tersebut, Benfica merekrut bintang video game FIFA asal Brasil, Henrique “Zezinho” Lempke. Dia menjadi perekrutan pertama klub Portugal, yang akan berpartisipasi dalam FIFA 20 Global Series. Lempke akan terbang perjalanan ke Portugal pada awal Februari mendatang.

Layaknya bintang lapangan hijau pada umumnya, perekrutan Lempke akan diumumkan di depan para penggemar di stadion klub. Ini akan menjadi momen bersejarah bagi klub, yang pertama kali mencoba terjun ke industri esports.

Dalam sebuah pernyataan di situs web resmi, klub mengatakan bahwa mereka tidak bisa tinggal diam ketika industri terus berkembang. Mereka melihat esports kini telah diikuti oleh jutaan penggemar di seluruh dunia. Dengan merekrut bakat muda berusia 19 tahun seperti Zezinho, diharapkan menjadi daya tarik bagi tim barunya.

“Inovasi adalah bagian dari DNA kami. Benfica tidak dapat mengabaikan pertumbuhan industri virtual ini, khususnya esports. Ini adalah langkah pertama kami untuk masa depan yang memungkinkan keterlibatan lebih besar dari penggemar muda,” kata Miguel Bento, Direktur Komersial dan Pemasaran Benfica dikutip dari Esports Insider.

Acara pertama yang diikuti oleh Zezinho di tim barunya ini adalah FIFA 20 Global Series. Turnamen sudah berlangsung di Atlanta, Georgia, AS, mulai 16 Januari kemarin. Sesuai rilis, klub mereka berharap dapat segera menandatangani lebih banyak pemain dalam waktu dekat.

Rangkaian acara Global Series tersebut dapat disaksikan secara langsung melalui situs web www.watchfifaglobalseries.com. Namun, ini hanyalah awal dari perjalanan panjang yang harus dilewati oleh tim esports baru Benfica tersebut. Berikutnya setelah Global Series ini masih ada FIFA 20 eClub World Cup.

Turnamen antarklub tersebut berlangsung mulai 7-9 Februari 2020 di kota Milan, Italia. Ini adalah kali pertama Milan menjadi tuan rumah acara esports internasional. Pada akhirnya, puncak dari semua turnamen tersebut adalah FIFA eWorld Cup 2020.

Klub Sepak Bola Benfica Jajal Terjun ke Industri Esports Liquipedia
Liquipedia

 

Zezinho sendiri mengaku sangat senang dan tertantang untuk memberikan prestasi kepada Benfica. Meski secara pengalaman belum terlalu teruji, namun kemampuannya patut diperhitungkan oleh lawan-lawannya. Sebelumnya Zezinho sempat bermain untuk Team Gulit sejak Mei 2018.

Pemain esports muda kelahiran Brasil ini memiliki beberapa prestasi atas namanya yang cukup bisa dibanggakan. Sejak bergabung di tim profesional, dia pernah beberapa kali menjadi runner-up di turnamen tier 2. Tetapi, yang terbaik adalah ketika berada di posisi 4 teratas di eChampions League 2019.

Zezinho berkomentar di klub barunya: “Saya sangat senang mewakili klub terbesar di Portugal dan salah satu yang terbesar di Eropa. Saya tidak sabar untuk bermain dan melakukan yang terbaik untuk memenangkan banyak trofi!”

Benfica mungkin sedikit terlambat untuk terjun ke esports dibandingkan dengan klub-klub besar Eropa lainnya. Beberapa hari yang lalu, klub sepak bola Prancis, Olympique Lyonnais juga baru saja membentuk tim esports baru. Mereka mencapai kesepakatan dengan LDLC untuk mengoperasikan salah satu tim di kompetisi League of Legends.

Dalam beberapa tahun terakhir, keterlibatan klub sepakbola, khususnya di Eropa dalam esports bukanlah hal yang baru. Beberapa klub mungkin memiliki tim untuk banyak game, tetapi yang utama adalah FIFA dan PES.

Benfica memasuki industri esports yang mungkin bisa mendatangkan keuntungan bagi mereka. Dengan syarat, manajemen klub harus menghabiskan waktu yang cukup untuk memahami industri ini dan bagaimana menavigasi secara organik.


Tags:

Apa menurut kamu Artikel ini keren?

Share artikel ini ke teman-teman kamu juga ;)

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

0 Komentar