Kelahiran Lembaga Federasi Esports Indonesia (FEI)

Federasi Esports Indonesia

FEI atau Federasi Esports Indonesia akhirnya dibentuk dan diresmikan pada tanggal 8 Oktober 2019 lalu setelah lamanya industri esports berkembang di negara ini. Federasi Esports Indonesia atau FEI adalah lembaga esports independent yang didirikan untuk membina, mengembangkan, dan menjamin keadilan esports Indonesia. Lembaga independent ini bertujuan untuk melindungi dan membina industri esports Indonesia agar tercipta industri esports yang produktif dan berkompetisi dengan sehat. Lembaga ini diciptakan atas hasil kerja sama para pebisnis yang menggelut di bidang esports, seperti: pemilik tim esports profesional, cybercafe, event organizer, atlet esports, pengembang game, dan publisher.

Salinan(1) Federasi Esports IndonesiaFederasi Esports Indonesia

Industri esports merupakan ranah yang paling banyak diminati beberapa tahun belakangan ini. Berbagai game yang merambah esports bahkan sudah dikenal dan dimaikan oleh berbagai pihak. Game-game esports yang terkenal di kalangan masyarakat seperti Mobile Legends: Bang Bang, PUBG dan PUBG Mobile, Call of Duty Mobile, Dota, Free Fire, dan lain masih banyak lagi. Esports berasal dari PC dan merambah hingga ke mobile. Sejak esports bisa diakses melalui mobile phone fans-nya pun membludak dan perkembangannya menjadi lebih cepat. Dengan penggemar dan pengguna yang massive membuat esports begitu diminati. Tak sedikit juga lahir atlet-atlet esports muda berbakat di Indonesia melalui turnamen-turnamen yang diselenggarakan sejak dua tahun terakhir ini.

Perkembangan esports meluas hingga menyentuh banyak bidang dengan cepat, seperti bidang bisnis ekonomi, teknologi, sosial dan bahkan pendidikan. Walau awalnya secara umum hanya dianggap sebagai permainan biasa, namun akhirnya esports terbukti sebagai salah satu bidang yang menjanjikan saat ini. Penggiat esports juga kian hari semakin bertambah. Apalagi sejak diakuinya esports sebagai salah satu cabang olahraga Asian Games di tahun 2018. Esports pun menjadi sesuatu yang lebih serius, tak hanya sekedar permainan dan hiburan. Sejak diakuinya esports di Indonesia, baru kali inilah ada lembaga resmi yang khusus dibentuk untuk bidang esports.

Salinan (2) Federasi Esports IndonesiaFederasi Esports Indonesia

Binis esports menunjukkan peningkatan yang signifikan. Berbagai industri lain mulai melirik melirik industri esports sebagai lahan untuk melakukan investasi. Banyak brand-brand yang melakukan sponsor di bisnis esports karena memang bidang ini sangat menjanjikan hingga beberapa tahun ke depan. Jika selama ini aktivitas dan kegiatan esports dilepas-tangankan, maka dengan inisiatif para pelaku bisnis yang berkaitan dengan industri esports membentuk FEI. FEI merupakan lembaga independen yang berperan untuk menguatkan fondasi esports di Indonesia, menetapkan standar dan kualitas acara esports (termasuk itu turnamen dan event), dan menetapkan kontrak atlet profesional esports.

Salinan (3) Federasi Esports IndonesiaFederasi Esports Indonesia

Giring Ganesha, sebagai Presiden FEI mengajak semua esports enthusiast untuk bergabung dengan FEI. “Lembaga ini bukan hanya untuk player, tetapi juga EO, media, coach, dan talent lainnya seperti caster dan influencer. Semua dapat menjadi anggota FEI,”

Bagaimana sobat gamers, apa kalian antusias menyambut munculnya Federasi Esports Indonesia ini? Meski belum mengetahui secara rinci mengenai misi dan visi lembaga ini, namun psatinya kita cukup berharap atas dampak positif dari eksistensi FEI ini ya sobat gamers. Untuk sobat gamers yang ingin bergabung dengan Federasi Esports Indonesia, kalian bisa mendafatarkan diri di website federasiesportsindonesia.com.


Tags:

Apa menurut kamu Artikel ini keren?

Share artikel ini ke teman-teman kamu juga ;)

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

1 Komentar