Inilah Rahasia Ekosistem Esports Bandung yang Begitu Subur

Inilah Rahasia Ekosistem Esports Bandung yang Begitu Subur


Halo, sobat gamer! Jangan lupa cek Youtube Channel INDOESPORTS ya. Ada video live stream turnamen esports setiap minggunya, dan informasi lain seputar esports. Ayo subscribe, like dan comment sekarang juga!


Bandung adalah salah satu kota yang memiliki ekosistem esports game PC paling hidup di Indonesia. Begitu banyak atlet serta tim esports game PC yang berasal dari kota Kembang ini. Sebagai contoh, menurut data resmi turnamen INDOESPORTS League di tahun 2019 peserta terbanyak di turnamen Point Blank berasal dari iCafe yang ada di Bandung.

            Hal ini menunjukkan bahwa esports mengalami pertumbuhan yang sangat subur baik dari segi player maupun bisnis iCafe-nya. Salah satu iCafe yang memiliki pengunjung paling ramai adalah MOD. Bahkan menurut pengelola MOD iCafe, sejak hari peresmiannya MOD selalu memiliki waiting list yang panjang setiap harinya.

Mungkin teman-teman atau para pengusaha iCafe penasaran bagaimana bisa Bandung memiliki ekosistem esports PC yang begitu hidup? Di kesempatan kali ini, salah satu pengelola iCafe MOD asal Bandung membagikan rahasia suksesnya.

MOD sendiri memiliki visi dan misi untuk mendukung perkembangan esports di Indonesia, khususnya di Bandung. Sebaliknya pula, sobat gamers Bandung juga turut menerima dan meramaikan iCafe ini sebagai tempat tumbuh dan berkembangnya atlet esports. Menurut keterangan para pengunjung, faktor utama yang membuat iCafe menjadi tempat yang nyaman untuk bermain game adalah spesifikasi PC komputernya. Terutama untuk PC gamers yang pasti aktivitasnya tak jauh dari iCafe.

Seperti yang sobat gamers ketahui, seorang esports player tentunya membutuhkan komputer dengan spesifikasi yang memadai untuk mengakomodir skill yang dimilikinya. Tak sedikit kasus penurunan performa seorang gamers terjadi akibat spesifikasi komputer yang tak mendukung. Padahal dari segi teknik dan skill, gamers tersebut mampu melampaui lawan-lawannya.

Karena mampu mengakomodir kebutuhan para gamers, akhirnya iCafe MOD menjadi pilihan utama bagi para games Bandung untuk berkompetisi dan mengasah skill. MOD memiliki fasilitas yang lengkap dan nyaman, mulai dari spesifikasi komputer hingga ke headset dan juga kursi gamingnya. Bahkan iCafe ini sudah diakui dengan adanya Certified Gold by Asus ROG. Semua komputer di MOD sudah menggunakan spesifikasi highend, yaitu RTX 2080 dan juga RTX 2060.

MOD Bandung

Semua fasilitas yang mendukung ini membuat minat sobat gamers untuk terus mengasah kemampuan juga semakin tinggi. Itu sebabnya Bandung tak pernah kehabisan esports gamers. Ekosistem game PC serta iCafe pun tetap terjaga. Selain menjaga kualitas dan fasilitas yang dimilikinya, banyak juga iCafe yang membina komunitas agar tercipta komunikasi yang baik antara pemain yang satu dengan pemain lainnya.

Tak bisa dipungkiri bahwa iCafe adalah salah satu tempat awal mula terbentuknya sebuah tim. Komunikasi yang baik serta komunitas yang terkelola inilah yang akhirnya membentuk tim-tim esports yang siap berkompetisi di dunia professional.


Ayo gabung dengan Komunitas Dota 2 dengan cara join di group facebook DOTA 2 ID.


Tags:

Share post:

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

0 Komentar