Global esports company

Global Esports Menjadi Tim Paling Prolific di India

Dalam kurun waktu tiga tahun, Global Esports (GE) berhasil mengamankan investasi bernilai jutaan dolar dari Venture Catalysts. Organisasi yang didirikan oleh Rushindra Sinha dan Mohit Israney telah menunjukkan pertumbuhan pesat. Mereka menjadi organisasi esports besar di tiga negara dengan memiliki 45-50 atlet.

Dengan tujuan untuk menjadi ‘the next’ Team Liquid atau Cloud9, GE dilirik cukup banyak bos industri. Tetapi berbasis di India adalah tantangan tersendiri dan memerlukan pendekatan berbeda. Mereka harus bersiap untuk keluar, pasca-investasi yang belum dipetakan.

Dilansir dari The Esports Observer, upaya pertama Global Esports adalah mengadakan pubstomp untuk The International 2017. Tanggapan positif di India menunjukkan bahwa memang komunitas yang berkembang dan tertarik pada esports.

Global Esports founderGlobal Esports

Mereka pertama kali muncul dengan tim Overwatch, yang cukup mengejutkan. Di Asia Selatan game tersebut awalnya tidak lebih populer dari Dota 2 dan Counter-Strike: Global Offensive. Lokasi server yang tidak dapat diakses dan persyaratan PC kelas atas membuat tidak banyak orang tertarik.

Namun, komunitas yang lebih kecil cenderung lebih terorganisir, dan GE pun akhirnya mendirikan tim Overwatch. Yang mana, pada akhirnya mereka menjadi tim terbaik di India dan mulai bersaing di tingkat Asia Tenggara.

“Pertumbuhannya sangat organik sehingga kami tidak pernah benar-benar menyadarinya. Berawal dari sebuah ide, menjadi hobi dan diakhiri dengan sebuah bisnis,” kata Rushindra dikutip dari The Esports Observer.

Pada bulan Agustus 2018, Rushindra dan Mohit memutuskan untuk berhenti dari pekerjaan penuh waktu mereka. Global Esports kemudian dikembangkan menjadi sebuah bisnis esports yang lebih terorganisir.

global esports team overwatchGlobal Esports

“Ketika kami berhenti dari pekerjaan, kami menyadari bahwa kami harus memahami cara kerja bisnis ini. Setelah belajar dan meneliti, kami menyadari bahwa itu tidak bisa dilakukan dengan duduk di rumah saja," kata Rushindra.

Seiring dengan berjalannya waktu, pada Agustus 2019, GE memiliki tiga tim Overwatch di tiga negara. Selain itu, mereka juga merambah game Counter-Strike: Global Offensive, PUBG dan Dota 2.

Proses mendapatkan dana besar dari Venture Catalysts sendiri membutuhkan usaha cukup besar, kata Rushindra.

“Proses pengumpulan dana cukup sulit. Pasalnya, kami harus menghubungi investor yang tidak benar-benar memahami ruang esports,” katanya.

“Kami pergi ke pertemuan, dengan orang-orang yang akan tercengang tentang konsep esports. Apa yang kami sadari adalah bahwa ini tidak seperti startup lain. Berbicara tentang GE adalah perusahaan yang tepat saja tidak cukup, karena mereka tidak memahami pasar."

Pengumuman GE baru-baru ini menunjukkan banyak organisasi yang fokus dengan konten untuk mereknya. Saat ini, 70% dari pendapatan GE berasal dari hadiah uang yang diterima, bukan pendekatan berkelanjutan.

global esports csgotalkesport

Akan tetapi, hadiah uang bukanlah sumber pendapatan yang dapat diandalkan. Dengan pemikiran ini, perusahaan menurunkan persentase hadiah sebagai sumber utama pendapatan. Mereka pun menjadikan konten sebagai cara membangun merek dan menghasilkan hampir 30% dari total pendapatan.

“Kami memiliki banyak gagasan konten, kami ingin menghasilkan tetapi kami tidak memiliki sumber daya untuk melaksanakannya. Sebagai contoh, kami benar-benar mencoba membuat seri dokumen yang melibatkan setiap anggota GE,” kata Mohit.

Selain fokus pada konten dan mencoba untuk mendapatkan sponsor, mereka juga meningkatkan kinerja tim esports. GE pun berencana untuk memperluas pasar yang lebih matang. Meskipun India akan selalu menjadi titik utama bagi GE.

“Dalam 6-8 bulan ke depan, kami mendirikan basis operasional di Los Angeles dan ingin memperluas ke barat,” kata Rushindra.

“Selain itu, apa pun yang kami pelajari dari usaha kami di Korea Selatan dan di tempat lain, kami akan bawa ke India. Global Esports salah satu organisasi esports pertama di negara ini. Kami ingin mencoba memformalkan ini di India.”


Halo, sobat gamer! Jangan lupa cek Youtube Channel INDOESPORTS ya. Ada video live stream turnamen esports setiap minggunya, dan informasi lain seputar esports. Ayo subscribe, like dan comment sekarang juga!


Ayo gabung dengan Komunitas Dota 2 dengan cara join di group facebook DOTA 2 ID.


Tags:

Sukai Berita Ini

Share post:

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

0 Komentar