Organisasi Esports Remaja Potensial

FaZe Clan, Organisasi Esports Remaja Potensial

FaZe Clan beberapa lalu menjalin kemitraan dengan salah satu klub sepak bola Liga Inggris, Manchester City. Untuk memperluas jaringan di industri esports, FaZe memang cukup bisa diandalkan. Pasalnya, mereka bisa dibilang sebagai organisasi serba bisa mulai dari perusahaan media, tim profesional, hingga influencer.

“Suatu kelompok yang seperti kami ini belum pernah ada sebelumnya,” kata kepala eksekutif FaZe, Lee Trink. Dia sendiri bukan murni berasal dari esports, melainkan terlebih dahulu terjun ke dunia hiburan. Tetapi, menurut NY Times  kelompok ini memang lebih dari yang dibayangkan orang-orang.

FaZe Clan adalah bisnis e-commerce yang menjual barang, memiliki studio produksi konten sendiri, manajemen bakat, dll. Sekelompok remaja ini merasa menjadi konglomerat korporasi adalah suatu hal yang keren. Penggemar FaZe bahkan sudah mulai menjadi fanatik dengan para idolanya ini.

Ketika beberapa anggota FaZe mengunjungi SoHo di New York pada musim panas lalu, ribuan penggemar membanjiri jalan-jalan. Hal itu sampai membuat beberapa blok kota ditutup.

FaZe Clan house
NY Times

 

Jika dibedah di dalamnya, FaZe memiliki 34 pembuat konten dan 15 pemain esports profesional. Ditambah 11 hybrid creator, yang keduanya juga merupakan pemain pro sekaligus entertainer. Semuanya andal dalam membuat konten di media sosial dengan membawa ratusan juta penonton secara kolektif.

Satu hal lain yang membuat anggota FaZe mudah dikenali secara online adalah tag nama mereka yang menggunakan “FaZe”. Banks, Temperrr, Rain,dab Apex adalah empat anggota awal dianggap sebagai tulang punggung organisasi. Sementara Kay, bintang British Twitch berusia 23 tahun bergabung pada tahun 2014.

Jarvis juga merupakan anggota FaZe, dia menjadi salah satu yang termuda. Jarvis pernah memenangkan kompetisi Fortnite, tetapi juga menjadi korban besar pertama dari organisasi tersebut. Sebab, baru-baru ini Fortnite menangguhkannya seumur hidup karena diduga telah mengajarkan cara curang di dalam videonya.

FaZe telah beberapa kali berpindah basis, dimulai dari titik pertama, Los Angeles pada 2016. Sampai akhirnya pada tahun 2018, mereka membeli dua rumah mewah seluas 12.500 kaki persegi di Hollywood Hills. Satu rumah diisi anggota FaZe dan rumah lainnya berisi para influencer.

Rumah-rumah ini seperti sebuah asrama, namun juga menjadi tempat kerja bagi remaja-remaja kreatif. Setiap pukul 10 pagi mereka melakukan meeting, kemudian para gamer kembali ke kamar mereka untuk memulai ‘pekerjaannya’.

FaZe Clan
NY Times

 

“Saya menghabiskan 90 persen waktu saya di sini, di kamar saya,” kata FaZe Kay.

“Tidak banyak yang bisa Anda lakukan,” lanjutnya. “Yang saya lakukan hanyalah memainkan Fortnite. Saya hanya duduk selama permainan, jadi saya tidak terlalu terganggu. Saya bahkan tidak terlalu sering keluar rumah.”

Banyak anggota FaZe yang mulai terobsesi dengan kebugaran dan nutrisi. Untuk itulah lantai tiga rumah asrama mereka dibuat menjadi gym.

“Kami bukan anak yang pemalu atau antisosial. Mereka mungkin tidak berolahraga, tidak keluar bersama gadis dan tidak makan dengan baik. Tetapi kami melakukan semua itu,” kata Banks.

Anggota FaZe selalu membuat sesuatu untuk saluran resmi mereka, baik secara kolektif, ataupun untuk merek tertentu. Tahun ini FaZe telah melakukan penawaran iklan dengan Fortune 500, Nissan dan Burger King. Untuk Burger King, beberapa anggota diminta untuk membuat video makan burger dengan mata tertutup.

FaZe Clan benar-benar menjadi suatu organisasi esports idaman bagi para penggemarnya, terutama di kalangan remaja. Untuk tim esports pro sendiri, sejauh ini mereka memiliki enam tim. Selain Fortnite, ada pula CS: GO, Call of Duty, PUBG, FIFA, dan Rainbow Six.

Tags:

Share post:

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

1 Komentar
  • Marcella Agustine
    Marcella Agustine

    ⁣WOW , ada bonus spesial natal 5% setiap Deposit , tanpa syarat , ayo tunggu apa lgi kunjungi qqharian.info dan bonus natal bisa di gabungkan dengan bonus lainya , tunggu apa lgi , ayo segera kunjung qqharian.info