5 Fakta Tencent Games, Developer di Balik Suksesnya PUBG Mobile

Fakta Tencent Games Developer PUBG Mobile

Kalian para pemain PUBG Mobile tentu sudah enggak asing dengan nama Tencent Games. Yap, perusahaan game inilah yang mengembangkan PUBG Mobile hingga bisa populer sebagaimana yang kita sama-sama tahu hari ini.

Pertanyaannya, seberapa kenal Sobat Gamers dengan Tencent? Tentu ada beberapa fakta yang mungkin kalian belum ketahui. Nyatanya, mereka bukan hanya pengembang game loh.

Kalau kalian penasaran bagaimana kisah Tencent Games, berikut fakta-faktanya!

1. Mulanya Bukan Bisnis Game

Tencent Games Developer PUBG Mobile

Meski sekarang tersohor dengan bisnis game, nyatanya sejarah Tencent Games punya catatan lain. Usaha besar pertama mereka adalah sebuah teknologi perpesanan yang bernama QQ.

Aplikasi Tencent ini sudah ada sejak tahun 1999 dan masih bertahan hingga hari ini. Berdasarkan data, penggunanya hingga tahun 2017 mencapai 800 juta orang. Kalian juga bisa kok mencobanya di PlayStore.

Kini, QQ telah berkembang, bukan hanya memiliki fitur perpesanan yang konon lebih canggih dari Whatsapp. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk layanan belanja, game online, microblogging, dan banyak lagi.

2. Sempat Jatuh Bangun dalam Perjalanannya

Tencent Games Developer PUBG Mobile QQ WeChat

QQ sebagai aplikasi perpesanan saat itu memang maju. Tapi, tahu enggak sih? Dilansir TechTimes, secara hitung-hitungan finansial, neraca keuangannya saat itu merugi bertahun-tahun.

Pada mulanya, mereka membuka layanan gratis yang lantas ditutup pada tahun 2002. Saat itu, mereka mensyaratkan pengguna QQ untuk membayar biaya keanggotaan. Karena persaingan, akhirnya mereka kembali membuka layanan gratisnya.

Dari situ, Tencent mulai merangkak dan semakin membesar setelah mereka meluncurkan WeChat. Mereka juga melakukan akuisisi terhadap bisnis seluler seperti Riot Games.

3. Mendominasi Asia hingga Level Global

Ma Huateng CEO Tencent Games Developer PUBG Mobile

Dengan kiprah dan konsistensinya, bisnis Tencent semakin membesar. Mereka pada tahun 2016 menjadi satu dari 10 perusahaan yang secara global menguasai pasar.

Nilai valuasi mereka bahkan saat itu menyentuh angka 255 miliar dollar. Angka tersebut saat itu lebih besar daripada Alibaba yang ada di angka 250 miliar dollar. Makanya, wajar aja Ma Huateng, CEO Tencent Games, dinobatkan sebagai orang terkaya di China, mengalahkan Jack Ma.

Tencent mampu bersaing dengan berbagai perusahaan dengan berbagai merek yang satu bidang dengannya di luar China, seperti Google, Facebook, Apple, dan berbagai merek yang lahir di Amerika lainnya. Tingkat belanja konsumen China ditengarai sebagai penyebab semakin meroketnya Tencent.

4. Peduli dengan Para Konsumennya

Tencent Games PUBG Mobile

Sebagai sebuah perusahaan dengan konsumen yang membumi di berbagai lini, Sobat Gamers juga perlu tahu, Tencent sangat peduli dengan orang-orang yang menggunakan produknya.

Mereka, sejak Juli tahun 2016, menjadi perusahaan game satu-satunya yang menerapkan pembatasan waktu bermain bagi pengguna game besutan mereka. Mereka menciptakan sistem parental control agar anak-anak enggak kecanduan dan dapat imbas buruk.

Para pemain game dengan usia 12 tahun ke bawah hanya boleh main satu jam. Sedangkan, anak-anak usia 12-18 hanya dua jam untuk satu harinya.

Contoh lainnya, kalian pasti tahu betul betapa rajinnya Tencent melakukan banned terhadap para pelaku cheat PUBG Mobile.

5. Masih Akan Terus Berinovasi dan Berkembang 

Fakta Tencent Games

Selain game, jaringan Tencent Games juga sangat kuat dalam bisnis yang berhubungan dengan penawaran layanan aktivitas sosial. Tencent Holding Limited yang membawahi berbagai lini bisnis juga terkenal dengan, setidaknya, tiga aplikasi unggulan yang menjadi mesin uang mereka.

Selain QQ, salah satu aplikasi yang cukup masyhur adalah WeChat. Sobat Gamers pasti pernah dengar, ‘kan? Aplikasi yang sangat populer di China ini punya banyak fitur, bahkan melebihi aplikasi-aplikasi messenger lainnya.

Tencent juga punya aplikasi sejenis Twitter yang sangat populer, yakni Weibo. Sayangnya, Weibo belum ada di sini. Mungkin saja suatu saat ada versi khusus Indonesia nanti?

Di luar itu, mereka juga banyak melakukan kerja sama dengan berbagai pihak demi melebarkan sayap di industri game dan esports. Di antaranya adalah menggandeng Global Esports Federation pada 2019.

Hebatnya lagi, mereka juga menggandeng perusahaan-perusahaan game lainnya. Misalnya akuisisi dengan Riot Games serta memiliki aset kepemilikan Epic Games, Netmarble, dan masih banyak lagi.

. . .

Tencent Games memiliki banyak cerita di balik kesuksesan lewat PUBG Mobile. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang digital, mereka punya kunci untuk terus berinovasi agar semakin maju. Termasuk, bagaimana mereka mengembangkan esports PUBG Mobile, salah satunya lewat ajang PMGC.  

Ikuti terus INDOESPORTS supaya kalian enggak melewatkan informasi menarik seputar game dan esports berikutnya!


Tags:

Apa menurut kamu Artikel ini keren?

Share artikel ini ke teman-teman kamu juga ;)

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

0 Komentar