ESL Teken Kontrak untuk Streaming Esports di Huya Tiongkok

MTG ESL Huya

ESL baru saja mengumumkan kerja sama dengan platform streaming esports dari Tencent Holdings Ltd., Huya Inc. Ini merupakan upaya perusahaan esports terbesar di dunia dari MTG AB Swedia itu untuk mengekspansi pasar Tiongkok. Terlebih bagi para gamers profesional dari di Negeri Tirai Bambu.

Pemilik mayoritas ESL, MTG AB telah menandatangani lembar persyaratan yang mengikat dengan Huya. Kabarnya, mereka berencana untuk membentuk perusahaan patungan dengan perusahaan Tiongkok tersebut. Huya sendiri nantinya hanya akan memperoleh kepemilikan minoritas.

Melalui perusahaan patungan ini, ESL dan Huya akan menjadi tuan rumah serta membangun kompetisi esports lokal. Di mana kompetisi tersebut nantinya akan terhubung dengan kalender global ESL. Semua bisa disaksikan secara langsung di streaming esports Huya.

ESL MTGcomplete music update

Melalui usaha patungan, ESL dan Huya mencari untuk menjadi tuan rumah dan membangun kompetisi esports Cina lokal, yang akan dihubungkan ke kalender turnamen global ESL.

Huya akan mengakuisisi saham primer dan sekunder ESL senilai $30 Juta dari nilai perusahaan sebesar $425 Juta. Sebagai bagian dari kesepakatan, ESL juga akan menerbitkan saham baru dengan nilai $22 Juta untuk menambah modal. Uang ini akan mereka pakai untuk ekspansi lebih lanjut.

Saham MTG naik sebesar 25%, nilai terbesar dalam catatan mereka. MTG menjual 93,8 kronor pada pukul 9:35 pagi di Stockholm. Itu akan memberi perusahaan yang berbasis di Stockholm nilai pasar sebesar $646 Juta.

“Kami senang dapat membangun kemitraan yang erat dengan ESL, ujar CEO Huya, Rongjie Dong.

“Bersama dengan ESL, kami sangat senang untuk membawa lebih banyak konten esports global kelas dunia kepada para penggemar game Tiongkok,” ujarnya.

MTG Chinese BoostBloomberg

Awal tahun ini, MTG memisahkan bisnis TV-nya untuk fokus sepenuhnya pada gaming dan esports. bisnis tersebut mulai berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir tetapi belum menghasilkan untung. Memperluas jumlah penonton adalah faktor penting dalam membuat bisnis ini menguntungkan.

Dengan memiliki jumlah penonton yang banyak, mereka bisa melakukan banyak hal. Mulai dari meningkatkan penawaran sponsor, meningkatkan pendapatan iklan dan menjual hak media. Dalam enam bulan pertama tahun ini, bisnis itu mencatat kerugian operasional 174 Juta krona ($17,7 Juta).

Kemitraan ini merupakan langkah positif penting bagi MTG. Analis Morgan Stanley Julia Matoshchuk mengatakan: “Kemitraan strategis dengan Huya memberikan MTG akses ke pasar esports terbesar dan paling cepat berkembang.

“Posisi ESL sebagai perusahaan esports terkemuka dan terbesar di dunia akan semakin kuat. Ini juga dapat membuat pengiklan lebih tertarik kepada ESL.”

ESL live streaming esportsESL

Matoshchuk menambahkan bahwa penilaian ESL sebesar $425 Juta itu berbicara tentang potensi ikatan. Pasalnya, harga saham MTG sebelum pengumuman itu nampak berada di sekitar $30 Juta.

Perusahaan berencana menyelenggarakan kompetisi lokal di Tiongkok yang terhubung dengan turnamen ESL global. ESL sendiri menyelenggarakan turnamen dan liga tempat para pemain dan tim top bersaing dalam berbagai permainan. Mulai dari Counter-Strike: Global Offensive, Dota 2 dan Overwatch.

Perjanjian tersebut memberi perusahaan mitra kuat yang tepat untuk membuka jalan bagi ESL. Perusahaan esports raksasa itu diklaim akan sukses berekspansi ke pasar esport dan game Tiongkok. Seperti dikatakan oleh Chief Executive Officer MTG, Jorgen Madsen Lindemann, dalam sebuah pernyataan.

Huya sebelumnya menjadi mitra media untuk ESL, menyiarkan acara ke pemirsa di Tiongkok. Ikatan itu dapat memungkinkan ekspansi di pasar Tiongkok yang lebih luas. Bisnis Huya sendiri bersaing sengit dengan Douyu sebagai platform streaming esports terbesar di Tiongkok.


Tags:

Apa menurut kamu Artikel ini keren?

Share artikel ini ke teman-teman kamu juga ;)

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

0 Komentar