Dari Mana Gaji Para Pro Player Esports Berasal?

berapa gaji pro player esports bntet

Siapa, sih, yang enggak pengen jadi seorang gamers yang berpenghasilan? Industri esports Indonesia saat ini tengah berkembang dengan sangat pesat sehingga banyak sumber penghasilan untuk para atlet esports. Tentu saja, untuk sampai bisa menghasilkan uang, perjalanannya tidak semudah yang dibayangkan.

Sudah banyak gamers yang berhasil mendapatkan penghasilan dengan jumlah yang sangat besar. Bahkan, pendapatan mereka sudah melebihi para pekerja formal seperti pegawai negeri ataupun karyawan yang bahkan terpatok dengan UMR.

Nah, dari mana saja para atlet esports ini memperoleh penghasilan? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Gaji dari Tim

gaji pro player esports iyd inyourdream
Bukan cuma berprestasi di kancah internasional, inYourdreaM juga jadi salah satu pro player asal Indonesia paling kaya.

Ketika sudah terikat kontrak dengan tim, seorang gamer profesional tidak perlu khawatir tidak digaji meskipun tidak menjuarai turnamen. Misalkan Sobat Gamers sudah dikontrak dengan sebuah tim, manajemen akan tetap memberi gaji selama kalian tidak melanggar kontrak yang telah disepekati.

Perlu diketahui ya, Sobat Gamers, bahwa pendapatan atlet esports dari tim itu ternyata sangat besar. Co-Founder tim Alter Ego, Indra Hadiyanto, saat konferensi pers Piala Menpora Esports 2020, mengungkapkan bahwa gaji pro player di Indonesia bisa menyentuh puluhan juta. Fantastis, bukan?

Selain gaji pokok, seorang pro player juga akan mendapatkan berbagai tunjangan, seperti asuransi kesehatan, tunjangan pensiun, dan mendapatkan 50% bonus dari kompetisi. Pendapatan esports Indonesia ternyata sangat besar dari apa yang kita bayangkan ya, Sobat Gamers. Tertarik?

2. Hadiah Turnamen

gaji pro player esports bntet 2020
Ngomongin gaji pro player, kita pasti enggak bisa lepas dari sosok BnTeT sebagai salah satu pro player berpenghasilan tinggi.

Banyak sekali turnamen yang bisa diikuti oleh tim esports, baik itu digelar oleh pihak developer game maupun pihak lainnya. Hadiah yang diberikan kepada pemenang juga terbilang sangat besar, apalagi jika sudah berskala internasional. Misalnya adalah turnamen The International Dota 2 dengan hadiah yang selalu memecahkan rekor tiap tahunnya.

Pada turnamen The International 8, hadiah yang diberikan kepada pemenang mencapai USD 1,6 juta. Nilai tersebut terjadi pada tahun 2011 dan 2013. Gelaran TI 10 yang akan diselenggarakan pada 2021 bahkan sudah melampaui angka prize pool USD 40 juta. 

Pada tahun 2013, tim Dota 2, yaitu OG, berhak mendapatkan total hadiah sebesar USD 11,2 juta setelah berhasil menjuarai The International Dota 2. Untuk mencapainya, tentu saja membutuhkan kerja keras.

3. Live Streaming Video Game

dari mana gaji pro player esports streaming
Oura, satu dari sekian banyak pro player yang terjun ke dunia streaming.

Enggak sedikit pro player yang juga menjadi streamer video game. Nyatanya, ‘profesi’ ini juga enggak kalah menggiurkan. Namun, untuk menjadi seorang streamer video game, tentu saja dibutuhkan kesabaran.

Butuh waktu yang cukup lama untuk membangun subscriber dan viewers. Dari situlah mereka akan mendapatkan keuntungan. Pemain aktif ataupun yang sudah pensiun bisa menjadi seorang streamer video game. Seorang pemain yang sudah terkenal mungkin akan lebih cepat untuk mendapatkan subscriber dan viewers sehingga kemungkinan untuk mendapatkan keuntungan juga sangat cepat.

Sumber pendapatan streamer video game tidak hanya dari YouTube, loh, Sobat Gamers. Sekarang sudah banyak platform yang bisa digunakan untuk streaming video game. Salah satu platform streaming yang terkenal adalah Twitch yang merupakan milik Twitch Interactive.

Sumber pendapatan streamer video game terbagi ke dalam tiga jenis, yaitu subscription, iklan, dan donasi. Namun, sebagian besar dari mereka mendapatkan penghasilan dari subscription

4. Sponsorship dan Endorsement

gaji pro player esports lemon rrq
RRQ Lemon, salah satu pro player dengan branding-an diri yang kuat.

Banyak peluang bisnis esports jika Sobat Gamers memang sudah piawai dalam memainkan game tertentu. Apalagi, jika kalian sudah memiliki branding diri sendiri yang kuat.

Seorang atlet esports biasanya memiliki akun media sosial untuk membangun branding dirinya. Nah, dari sana mereka juga akan mendapatkan sponsorship secara personal. Jadi, kalian jangan heran jika ada banyak gamers yang juga bisa sukses di dunia entertainment.

5. Membuat Konten Pribadi

gaji pro player esports jess no limit streamer
Bisa tebak berapa gaji Jess No Limit saat dia masih jadi pro player esports?

Atlet esports juga bisa membuat konten pribadi di berbagai media sosial, seperti Instagram, YouTube, dan blog. Untuk mencapainya tentu saja tidak mudah karena harus membuat konten yang menarik.

Jika sudah mendapatkan banyak subscriber dan viewers, kalian bisa memonetisasi lewat Google Adsense ataupun jenis perikanan lainnya. Keuntungan yang diperoleh dari membuat konten pribadi juga sangat besar, apalagi jika sudah memiliki banyak subscriber dan viewers.

. . .

Kalau Sobat Gamers berminat terju ke dunia esports sebagai pro player, siapkan mental dan fisik kalian. Kalian bisa saja mendapatkan penghasilan hingga ratusan juta rupiah. Namun, semua ini butuh kerja keras dan ketekunan.

Nah, supaya makin siap, ikuti terus informasi perkembangan esports Indonesia hanya di INDOESPORTS!


Tags:

Apa menurut kamu Artikel ini keren?

Share artikel ini ke teman-teman kamu juga ;)

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

0 Komentar
5