Memulai Bisnis Esports di Media Sosial, Bagaimana Caranya?

Cara Memulai Bisnis Esports Di Media Sosial

Esports menjadi industri yang berkembang pesat di Indonesia dan sudah merambah ke bidang bisnis. Tak sedikit orang yang berhasil mendapatkan keuntungan yang cukup besar dari menekuni game esports. Cara memulai bisnis esports sebenarnya terbilang cukup mudah, hanya tetap saja kalian membutuhkan mental yang kuat.

Jika Sobat Gamers perhatikan, banyak streamer game yang berhasil mendapatkan keuntungan dari bisnis esports. Peluang esports di Indonesia juga terbilang sangat terbuka lebar, terutama untuk generasi muda melalui jalur media sosial.

Nah, apakah Sobat Gamers juga mau terjun ke industri esports lewat media sosial? Berikut ini adalah beberapa tips cara memulai bisnis esports yang bisa kalian coba.

1. Tentukan Target Pasar

Cara Memulai Bisnis Esports Di Media Sosial target pasar audiens
Cara Memulai Bisnis Esports di Media Sosial - Tentukan Target Pasar

Saat ini sudah banyak games esports yang sudah merebak di Indonesia dan sudah terjun ke dalam skena kompetitif. Untuk game MOBA, Mobile Legends menjadi game yang sangat digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Sementara itu, untuk game battle royale, ada PUBG Mobile dan Free Fire.

Kalau memang mau terjun ke dunia bisnis esports, Sobat Gamers tentu saja harus tahu dulu tentang game yang akan kalian sasar. Jika target bisnis kalian adalah Mobile Legends, ya, pelajari dulu game tersebut. Kalian boleh menarget beberapa game sekaligus jika sudah menguasai game yang akan dijadikan target marketnya.

Enggak perlu sejago pemain profesional. Bisa main saja sudah cukup. Jadi, nantinya kalian bisa tahu cara membuat konten untuk menarik target pasar kalian.

2. Bikin Konten

Cara Memulai Bisnis Esports Di Media Sosial bikin konten
Cara Memulai Bisnis Esports di Media Sosial - Bikin Konten

Setelah kalian menentukan game esports yang akan dijadikan target pasar, tahapan yang selanjutnya adalah membuat konten. Tujuan pembuatan konten ini yaitu mengumpulkan orang-orang yang memang suka dengan game yang kalian incar. Jadi, kalian bisa lebih mudah untuk mendapatkan pelanggan.

Jenis konten yang bisa kalian buat sangat beragam, bergantung platform yang kalian pilih. Ada beberapa media yang bisa kalian manfaatkan untuk membuat konten, misalnya blog, YouTube, Instagram, dan Facebook. Kalian bisa memilih salah satu dari media tersebut untuk memilih konten.

Saat ini, Instagram dan YouTube menjadi media yang cukup populer. Jadi, sebaiknya kalian membuat konten di salah satu dari media tersebut. Banyak akun yang bisa kalian jadikan referensi untuk membuat konten. Tapi, tetap cari ide kreatif, ya!

3. Mulai Jualan

Cara Memulai Bisnis Esports Di Media Sosial brand
Cara Memulai Bisnis Esports di Media Sosial - Mulai Jualan

Jika sudah mendapatkan banyak followers, kalian bisa menerima jasa paid promote dan sejenisnya. Atau, kalian juga bisa memasarkan bisnis kalian sendiri melalui akun tersebut. Tapi, yang harus diperhatikan adalah kalian jangan terlalu banyak membuat konten jualan.

Banyak produk yang bisa kalian jual dari akun media sosial tersebut, seperti menjual Diamond dan jual beli akun game. Berikut ini adalah beberapa jenis bisnis yang bisa sobat gamers coba.

Jual Diamond

Kalian bisa menjual Diamond yang digunakan untuk membeli karakter atau equipment di dalam game. Sudah banyak para streamer atau konten kreator yang bisnis jual Diamond di akun mereka.

Joki

Kalian bisa bekerja sama dengan pemain lain yang memiliki kemampuan bermain game yang baik. Dengan berbisnis joki, kalian bakal meningkatkan level akun orang lain. Setiap satu bintang kalian tentukan tarifnya berapa.

Jual Beli Akun

Kalian juga bisa menjual akun game yang sudah memiliki level tinggi, banyak karakter dan item, serta rank tinggi. Semakin banyak karakter dan skin-nya, semakin mahal nilai jualnya. Jadi, kalian bisa main game terlebih dahulu, setelah itu jual kepada orang yang sangat tertarik dengan akun kalian.

4. Giveaway

Cara Memulai Bisnis Esports Di Media Sosial giveaway
Cara Memulai Bisnis Esports di Media Sosial - Giveaway

Giveaway bertujuan mengumpulkan banyak followers terhadap akun kalian. Kalau kalian hanya berfokus pada pembuatan konten, tentu waktu yang diperlukan sangat lama. Dengan begitu, giveaway adalah salah satu strategi yang cukup ampuh.

Kalian bisa menentukan syarat untuk mengikuti giveaway. Misalnya, harus follow akun kalian dulu dan tag dua temannya. Jika waktu giveaway sudah selesai, kalian bisa undi siapa yang akan mendapatkan hadiahnya.

. . .

Itulah beberapa cara memulai bisnis esports yang bisa Sobat Gamers coba. Keuntungan bisnis esports ini terbilang cukup menguntungkan jika bisa melakukan strategi jualan dengan baik. Keuntungan esports bisa kalian manfaatkan dengan cara menjalankan bisnis tanpa harus jadi pro player.

Nah, kalau kalian benar-benar serius mau terjun ke industri esports sebagai pilihan karier di masa mendatang, pastikan selalu ikuti perkembangannya di INDOESPORTS!


Tags:

Apa menurut kamu Artikel ini keren?

Share artikel ini ke teman-teman kamu juga ;)

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

0 Komentar
5