Bisnis Tim Esports yang Dijadikan Sumber Penghasilan Saat Ini

bisnis-tim-esports

Bisnis Tim Esports Tahun Ini

Belakangan ini bisnis esports sangat marak di dunia digital Indonesia, mulai dari kanal youtube, menjual marcendais dari tim-tim besar dan lain-lainnya.

Tapi jika anda ingin membuat tim esports yang pertama harus dilakukan apa?, apakah harus menjalankan bisnis langsung. Atau harus menciptakan SDM dalam tim yang baik terlebih dahulu.

Beberapa survey yang kami lakukan, tim esports yang sukses pertama kali adalah dengan menciptakan SDM yang mumpuni. Baru ketika dikenal oleh banyak orang mereka mengembangkan bisnis yang menghasilkan uang banyak. Seperti membuat kanal youtube dan lain-lainnya.

Lalu jika sudah terkenal dan memiliki banyak penggemar apakah bisnis yang bisa menghasilkan uang banyak. Berikut akan kami ulas untuk anda.

Membuat Bisnis Tim Esports

Peluang dari esports yang ada di Indonesia sangatlah menjanjikan. Hampir di setiap lini pemerintahan mulai mendukung peluang bisnis esports ini. Terlebih dengan adanya wacana esports akan masuk dalam salah satu cabang di Asian Games tahun 2020 mendatang.

Otomatis, pemerintah akan mengupayakan hal yang maksimal agar SDM esports dalam negeri semakin bagus dan bisa bersaing di dunia internasional. Salah satu dukungan penuh pemerintah adalah dengan menugaskan bekraf (Badan ekonomi kreatif) Indonesia untuk menjadikan esports sebagai prioritas mereka.

Berikut adalah beberapa bisnis yang bisa dilakukan oleh tim esports dengan SDM bagus.

  • Mengikuti turnamen

bisnis-tim-esports
Bisnis Tim Esports

Sebagai bagian dari usaha pemerintah untuk meningkatkan SDM tinggi dari bidang esports maka akan banyak diselenggarakan turnamen-turnamen yang baik untuk kompetisi. Mungkin nanti, akan ada liga-liga esports sama seperti cabang olahraga lainnya.

Oleh karena itulah anda tidak perlu pusing menunggu adanya turnamen. Karena mungkin dalam setahun akan banyak sekali turnamen yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun swasta. Bisa dengan cakupan Nasional atau daerah.

Bagi anda yang memulai bisnis esports dengan membentuk tim baru, maka jangan langsung ikut turnamen berskala nasional. Tapi lebih baik  memulainya dari bawah dengan ikut turnamen di skala daerah terlebih dahulu.

Untuk hadiah jangan khawatir, sekarang kejuaraan esports satu dengan yang lainnya mulai bersaing dengan sistem baik dan tentu dengan hadiah paling banyak. Jadi ini bisa menjadi salah satu sumber penghasilan anda.

  • Sponsor

bisnis-tim-esports
Bisnis Tim Esports

Jika banyak orang berminat dalam satu hal, maka sebagai akibatnya banyak juga sponsor yang akan datang pada hal tersebut. Seperti sepak bola karena banyaknya peminat maka sponsor di dalam sepak bola sangatlah banyak jumlahnya.

Dan begitu juga dengan esports, yang merupakan salah satu peluang bisnis bagi para anak milenial. Mereka tidak perlu lagi sibuk mencari uang dengan susah payah, cukup bermain games dengan tekun dan membuat tim esports maka akan bisa menghasilkan banyak uang.

Sekarang esports tidak hanya disponsori oleh bidang-bidang teknologi, tapi juga bidang lainnya. Seperti makanan, pakaian dan bahkan pariwisata. Di turnamen terbesar esport Indonesia ada banyak sekali sponsor dalam setiap tim yang bertanding.

Untuk bisa mendapatkan sponsor caranya tidak mudah. Dan yang menjadi hal utama adalah ciptakan bahwa tim yang anda buat adalah tim terbaik dan siap menang dalam setiap pertandingan.

  • Buat konten pribadi

bisnis-tim-esports
Bisnis Tim Esports

Membuat konten esports maka perhatikan dahulu beberapa hal berikut. Pertama tim anda harus tim terbaik jangan sampai dalam live streaming atau offline anda mengalami kekalahan.

Kedua buatlah channel atau kanal youtube yang berbeda dari pemain esports lainnya. Jangan berkecil hati karena sudah banyak orang membuat kanal esports, justru sebaliknya hal tersebut harus menjadi salah satu pelecut semangat anda.

Buatlah konten yang menarik, karena peminat dunia esports ini sangatlah banyak, dan pemain game online juga begitu banyak. Jadi, tidak akan mungkin anda telah membuat kanal youtube tapi tidak ada pengunjungnya.

Sama seperti youtuber terkenal, yang harus anda lakukan adalah konsisten untuk upload konten-konten menarik.

Yang harus diperhatikan adalah persiapkan terlebih dahulu tim anda, jadikan tim adalah yang paling kuat dalam dunia esports. Ciptakan komunitas yang baik, dengan iklim diskusi sehingga setiap kesalahan yang ada bisa diperbaiki sehingga menjadi lebih baik lagi.

Bisnis tim esports seperti yang kami sampaikan tadi adalah sangat banyak, bisa seperti 3 hal tadi. Juga bisa mengembangkan usaha jual properti menarik lainnya. Selamat mencoba!


Tags:

Apa menurut kamu Artikel ini keren?

Share artikel ini ke teman-teman kamu juga ;)

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

0 Komentar