Berlakukan WFH, Yuk Intip Kondisi Kantor INDOESPORTS di Masa Genting COVID-19 (3)

Berlakukan WFH, Yuk Intip Kondisi Kantor INDOESPORTS di Masa Genting COVID-19


Halo, sobat gamer! Jangan lupa cek Youtube Channel INDOESPORTS ya. Ada video live stream turnamen esports setiap minggunya, dan informasi lain seputar esports. Ayo subscribe, like dan comment sekarang juga!


Sejak mewabahnya COVID-19 di Jakarta, para petinggi INDOESPORTS memutuskan untuk memberlakukan sistem WFH atau work-from-home kepada staff-staff yang memungkinkan untuk me-remote pekerjaannya. Ini merupakan kebijakan yang harus diambil untuk keselamatan semua pihak.

Virus corona atau yang biasa disebut COVID-19 mengganggu aktivitas masyarakat dan mengacaukan beberapa industri termasuk industri esport. Virus ini bahkan mengacaukan banyak jadwal turnamen major yang diagenda akan dilaksanakan secara offline. Turnamen-turnamen major pun dialihkan menjadi siaran live stream. Bahkan ada pula turnamen yang akhirnya terpaksa dibatalkan karena COVID-19 ini.

Atas kebijakan pemerintah untuk menanggulangi penyebaran virus ini, kantor INDOESPORTS memberlakukan sistem WFH demi menjaga kesehatan dan keselamatan para staff. INDOESPORTS atau biasa disingkat IES adalah perusahaan yang bergerak di industri esports. Kantornya sendiri ada di Jakarta Utara - Kelapa Gading, tepatnya di komplek Kirana Boutique. BIasanya kantor INDOESPORTS beroperasi dari jam 09:00-18:00 WIB. Namun semuanya berubah sejak COVID-19 semakin mengganas.

INDOESPORTS Sebagai Jembatan Bagi Brand Non Esports untuk Terjun Ke Ekosistem Esports Tanah Air

Jakarta menjadi wilayah yang paling banyak terpapar COVID-19 sehingga pemerintah mulai memberlakukan kebijakan WFH atau work-from-home. Banyak perusahaan dan instansi yang memungkinkan melaksanakan kebijakan ini dengan merumahkan para karyawannya.

INDOESPORTS adalah salah satu perusahaan yang memberlakukan sistem WFH ini. Sebagian besar staff dirumahkan, meski ada juga beberapa divisi yang harus tetap hadir seperti biasa karena pekerjaan yang tidak bisa diwakilkan dan harus dikerjakan di studio.

Sejak diberlakukannya kebijakan WFH sepekan lalu (12/3/2020), kantor INDOESPORTS dibersihkan dan disterilkan sesuai dengan anjuran kesehatan. Sama halnya dengan instansi lainnya, setiap orang yang masuk ke kantor INDOESPORTS harus melalui pengecekan suhu tubuh. Setiap ruangan di INDOESPORTS menyediakan hand sanitizer dan masker untuk yang membutuhkan.

Hal ini dilakukan agar staff yang masih harus bertugas di kantor tetap terjaga kesehatan dan keselamatannya.

Lalu pertanyaan yang diterima pada umumnya, “Apakah anak IES selow/gabut?” Oh, tentu saja tidak, sobat gamers.

Berlakukan WFH, Yuk Intip Kondisi Kantor INDOESPORTS di Masa Genting COVID-19

Wahai sobat gamers yang budiman, work-from-home secara harfiah diartikan bekerja-dari-rumah. Jadi kesimpulannya, kami tidak sedang liburan.

“WFH adalah kebijakan yang harus diambil untuk mengurangi resiko penyebaran COVID-19 ini. Namun, kita harus tetap produktif dan fokus bekerja walau work-from-home,” Michael Lim selaku CEO INDOESPORTS menyampaikan.

Lalu bagaimana cara INDOESPORTS bisa terus beroperasi dengan sistem work-from-home atau WFH ini? Nah sobat gamers, begini dia caranya!

Meeting dan Koordinasi Tim

Meeting adalah hal yang lumrah dilakukan oleh staff IES setiap hari, karena semua hal yang berkaitan dengan project dikerjakan bersama tim dan harus saling berkoordinasi. Meski tak bisa bertatapan langsung, namun meeting tetap bisa dijalankan seperti biasa dengan memanfaatkan teknologi digital.

Koordinasi dengan klien pun tetap rutin dilakukan walau sistem WFH tak memungkinkan semua pihak bertemu secara fisik. Di masa-masa genting ini semua tim berusaha agar pekerjaan tak terhambat.

Media Tetap Aktif

Seperti yang sobat gamers lihat juga, media website INDOESPORTS masih tetap aktif dan rutin meng-update berita-berita terkini dari esports. Para staff mengerjakan semuanya dari rumah masing-masing dan memastikan sobat gamers bisa membaca artikel setiap hari.

Meski tidak diwajibkan, tim liputan INDOESPORTS juga tetap meliput berita press conference dan event jika memungkinkan untuk bepergian keluar.

Turnamen

Berlakukan WFH, Yuk Intip Kondisi Kantor INDOESPORTS di Masa Genting COVID-19 (2)

Sobat gamers pasti sudah tidak asing dengan turnamen yang secara rutin digelar oleh INDOESPORTS. Saat ini yang sedang berjalan adalah INDOESPORTS League Mobile yang mempertandingan game-game mobile popular seperti Free Fire, Mobile Legends Bang Bang, Call of Duty Mobile,  PUBG Mobile, dan Chess Rush.

Beberapa staff yang ada di divisi ini memang bisa me-remote pekerjaan, namun ada juga beberapa tim operasional yang harus hadir di kantor. Terutama saat turnamen sudah mencapai babak match kualifikasi.

Sosmed INDOESPORTS

COVID-19 membuat banyak perusahaan memberlakukan WFH sehingga masyarakat lebih banyak menghabiskan waktu di rumah dengan gadget-nya. Beberapa sekolah dan universitas pun merumahkan para siswa dan mahasiswanya.

Meski tak bekerja di kantor seperti biasanya, namun tim sosmed INDOESPORTS semakin sibuk karena harus menyediakan konten-konten menarik untuk sobat gamers yang menghabiskan waktu di rumah.

“Tim tetap bekerja dengan semangat, baik itu WFH ataupun tidak. Fokus utama tim adalah bekerja sesuai timeline agar deadline bisa tercapai. Kami berusaha agar pekerjaan tidak terhambat sama sekali. Dan tentu saja, kesehatan, kebersihan dan keselamatan tetap diutamakan. Kantor tetap dijaga steril, begitupun dengan staff yang hadir.” COO INDOESPORTS, M. Hardiansyah menyampaikan.

Berlakukan WFH, Yuk Intip Kondisi Kantor INDOESPORTS di Masa Genting COVID-19 (4)

Sebagai leader tim yang harus hadir di kantor IES setiap hari, COO INDOESPORTS memberikan tips kepada sobat gamers untuk menjaga kesehatan. “Teman-teman gamers jangan lupa minum ramuan-ramuan tradisional khas kita, Indonesia. Misalnya temulawak dan jamu-jamu lainnya yang mampu menambahkan imunitas di dalam tubuh kita agar tetap sehat. Mudah-mudahan kita tidak terjangkit virus COVID-19.” Tutur M. Hardiansyah.

Kebijakan WFH ini diberlakukan agar setiap orang membatasi aktivitas di luar ruangan dan menjaga jarak dengan sekitar. Sekali lagi, WFH tidak berarti liburan ya sobat gamers. Tapi kita harus tetap produktif dan fokus mengerjakan tugas-tugas kita.

Kemudian untuk sobat gamers yang masih harus beraktivitas di luar ruangan, jangan lupa untuk menjaga kebersihan dan kesehatan imun tubuh agar tetap stabil. Mari kita saling bekerja sama dengan melakukan social distancing sementara waktu ini agar penyebaran virus bisa segera dihentikan.

“Untuk rekan-rekan yang tetap harus kerja ke kantor, tetap semangat dan jaga kesehatan. Semoga wabah virus ini segera bisa ditanggulangi agar kita bisa beraktivitas seperti biasanya,” tutup Michael Lim.

'yos


Ayo gabung dengan Komunitas Dota 2 dengan cara join di group facebook DOTA 2 ID.


Tags:

Share post:

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

0 Komentar