Atasi Maraknya Penggunaan Doping di Esports, Inilah Langkah yang Diambil IESF

doping esports scandal

Dengan berbagai terobosan yang dilakukan, International Esports Federation (IESF) masih akan terus gencar membangun sistem di esports menjadi lebih baik lagi. Setelah sebelumnya bekerja sama dengan Major Events Internasional (MEI) dalam gelaran Global Esports Executive Summit (GEES) 2020, kali ini IESF menggandeng Korea Anti-Doping Agency (KADA). 

IESF mengambil inisiatif menjalin kerja sama dengan KADA dengan tujuan mensosialisasikan anti-doping untuk turnamen yang IESF adakan maupun event internasional lainnya. Seperti yang sudah diterapkan di cabang olahraga lain pada umumnya, esports semestinya juga sudah melarang penggunaan doping.

esports doping iesf kada
Kerja Sama IESF dan KADA, Solusi Anti-doping di Esports Global

Penggunaan doping dalam olahraga biasanya bertujuan meningkatkan performa atau menambah fokus pemain saat mengikuti suatu perlombaan. Sayangnya, penggunaan doping ada kalanya bisa jadi penentu kemenangan suatu pertandingan.

Dalam kerja sama ini, IESF dan KADA akan saling membantu dalam hal pengembangan program anti-doping yang efektif, tentunya sesuai dengan peraturan anti-doping standar internasional. Diharapkan, pengembangan program ini akan semakin baik dan dapat konsisten untuk meningkatkan standar esports global.

IESF dan KADA juga akan bermitra untuk memastikan tim-tim yang terlibat dalam acara esports di seluruh dunia mendapat jaminan pertandingan yang adil dan bersih. Pengaplikasiannya ialah memberikan edukasi terkait anti-doping dan melakukan tes untuk para atlet esports yang akan mengikuti suatu kejuaraan.

doping esports pro player
“Semphis” Pernah Mengaku Dia dan Timnya, Cloud9, Menggunakan Doping Sebelum Bertanding

Gerakan yang diinisiasi oleh kedua organisasi besar ini diharapkan dapat didukung seluruh pelaku esports secara global. Terutama negara-negara di bawah IESF, dengan tujuan menciptakan ekosistem esports yang kompetitif dan bersih.

Semoga dengan kerja sama antara IESF dan KADA ini mampu membuat turnamen-turnamen esports lebih kompetiitf dan menjunjung tinggi sportivitas. Dengan begitu, negara-negara yang ekosistem esportsnya sedang berkembang mampu melihat serta mengaplikasikan apa yang sudah dilakukan IESF bersama KADA.

Kita berdoa saja supaya ekosistem esports semakin berkembang dan menuju arah yang baik, ya, Sobat Gamers. Nah, simak terus berita lainnya seputar dunia esports cuma di INDOESPORTS.


Tags:

Apa menurut kamu Artikel ini keren?

Share artikel ini ke teman-teman kamu juga ;)

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

0 Komentar
5