Apakah Warnet dan Bisnis ICafe Adalah Hal Yang Berbeda?

Apakah Warnet dan Bisnis ICafe Adalah Hal Yang Berbeda?


Halo, sobat gamer! Jangan lupa cek Youtube Channel INDOESPORTS ya. Ada video live stream turnamen esports setiap minggunya, dan informasi lain seputar esports. Ayo subscribe, like dan comment sekarang juga!


Maraknya esports di Indonesia turut mendorong pertumbuhan industri-industri yang bergerak di bidang terkait, terutama bisnis iCafe. Sobat Gamers pasti sudah tidak asing dengan istilah iCafe bukan? Kata ‘iCafe’ semakin sering didengar seiring dengan esports yang semakin naik ke permukaan. Kemudian mulai banyak yang mempertanyakan, apakah iCafe itu sebenarnya? Apakah iCafe sama dengan warnet, atau malah berbeda? Pertanyaan-pertanyaan serupa seringkali datang dari kalangan non gamers.

Sebenarnya, warnet tidak berbeda dengan iCafe karena warnet sendiri adalah cikal bakal dari iCafe. Secara etimologi warnet merupakan akronim dari warung-internet. Di tahun 90an awal hingga 2000an, warnet digunakan oleh berbagai kalangan untuk mengakses internet yang pada saat itu masih belum bisa digunakan secara bebas. Namun sekarang, berbagai kepentingan yang berkaitan dengan internet kini sudah bisa diakses melalui gadget seperti laptop dan smartphone.

Warnet pun sempat mengalami masa kejatuhan akibat pesatnya perkembangan gadget dan internet. Namun ini justru menjadi momentum penting bagi industri gaming sendiri, masa ketika warnet memasuki era gaming. Banyak warnet yang memfokuskan diri ke game untuk tetap bertahan. Target audience warnet pun menjadi lebih terfokus kepada gamers. Terutama ketika game-game PC membutuhkan kecepatan internet yang lebih stabil dengan spesifikasi komputer dan PC yang memadai.

Warnet dan Bisnis ICafe

Kata ‘warnet’ pun mengalami banyak transformasi seiring dengan pengalihan fungsi tersebut. Inilah yang menjadi awal kemunculan istilah ‘iCafe’ yang lebih modern. Seiring dengan majunya esports tanah air, ternyata kata iCafe tak cukup untuk mendeskripsikan wadah ini. Kata ganti iCafe pun berkembang menjadi: esports arena, gaming space, dan lain sebagainya.

Persaingan pun semakin ketat. Masing-masing iCafe mulai berlomba menaikkan kualitas untuk berbagai tujuan bisnis. Pada akhirnya iCafe mengalami peningkatan mutu dan standar, berbeda dengan warnet biasa pada umumnya dari segi fasilitas. ICafe atau esports arena memiliki beberapa syarat dan standar khusus, misalnya harus memiliki spesifikasi PC yang memadai untuk para gamers.

Dalam hal ini, tak sedikit juga perusahaan besar seperti NVIDIA yang merupakan perusahan produsen perangkat gaming ikut terjun langsung ke dalam ekosistem esports untuk membangun iCafe sebagai perpanjangan tangan. NVIDIA sendiri berperan dalam menunjang fasilitas iCafe untuk memenuhi kebutuhan para gamers. Terlebih dengan hadirnya NVIDIA Colourful, gear komputer PC yang terjangkau namun juga berkualitas bukan lagi angan-angan.

Peningkatan mutu dan standar fasilitas PC iCafe turut memompa kemajuan esports tanah air. Kemudian peran iCafe dalam ekosistem esports tak hanya sebatas fasilitas saja. Lebih dari itu, iCafe mulai membangun komunitas yang solid untuk tetap hidup dan produktif. Bahkan beberapa iCafe menyediakan inkubasi khusus untuk membina dan mencetak atlet-atlet esports. Tak sedikit pro player yang memang berasal dari iCafe yang menjadi batu loncatan.

Warnet yang kemudian disebut iCafe bisa bertahan di masa-masa sulit ketika internet bisa diakses masyarakat secara bebas dan mudah. Namun sekarang, iCafe yang bernafas di esports PC kembali mendapatkan ujian ketika game mobile mulai marak. Apakah kali ini iCafe bisa bertahan melewati ujian ini? Kita akan bahas hal ini di artikel berikutnya ya sobat gamers. Stay tuned!

Colorful NVIDIA


Ayo gabung dengan Komunitas Dota 2 dengan cara join di group facebook DOTA 2 ID.


Tags:

Share post:

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

0 Komentar