Ada In-Game Banner untuk Kebutuhan Broadcast di LoL Esports

Ada In-Game Banner untuk Kebutuhan Broadcast di LoL Esports Riot Games

Riot Games mengungkap sebuah sistem promosi digital baru untuk kebutuhan broadcast LoL esports. Kali ini pengembang memberikan sebuah tempat khusus bagi para sponsor untuk menampilkan logo mereka di dalam game. Ini adalah bentuk branding baru di bisnis esports terutama dalam turnamen online.

Dalam pertandingan sepak bola nyata atau virtual, penonton bisa melihat papan sponsor di tepi lapangan. Merek terlibat langsung di dalam permainan dan penonton tidak merasa terganggu akan hal itu. Beberapa judul esports di luar genre olahraga tradisional pun sebenarnya sudah menerapkan in-game banner.

Kali ini, giliran game MOBA dengan basis penggemar besar LoL, yang akhirnya mencoba cara tersebut. Sistem branding baru dari Riot Games di LoL esports akan dimulai pada acara Summer Split. Branding ditempatkan di Summoner’s Rift, sebuah area perang fiksi di mana permainan League of Legends berlangsung.

Ada In-Game Banner untuk Kebutuhan Broadcast di LoL Esports INDOZONE
INDOZONE

Adapun dua sponsor yang sudah dipastikan bakal mejeng di dalam game LoL adalah Alienware dan Mastercard. Seperti diketahui, Riot Gaes telah bekerja sama dengan lebih dari 50 mitra di seluruh dunia. Selain Alienware dan Mastercard, Riot juga membuka peluang sponsor untuk masing-masing liga regional mereka.

“Mastercard menjadi mitra global pertama di ajang LoL karena memiliki jaringan luas di seluruh dunia. Evolusi ini membantu kami untuk menjangkau lebih banyak penggemar dengan cara yang relevan secara kontekstual,” ujar Kepala Pemasaran dan Komunikasi Mastercard, Raja Rajamannar.

Signage-nya sendiri akan muncul di hadapan pemirsa esports langsung di dalam game. Akan tetapi, pemain yang bertanding tidak akan terganggu dengan keberadaan iklan tersebut. Pemain hanya akan melihat banner standar League of Legends alih-alih logo sponsor.

Hal ini dilakukan Riot agar konsentrasi pemain tidak terganggu sekaligus menjaga integritas kompetitif esports. Dalam proyek baru ini, Nielsen akan membantu Riot mengevaluasi cara branding baru mereka. Nielsen mengatakan bahwa cara ini akan menjadi salah satu aset penting bagi Riot dan para mitranya.

Mengenai penerapan cara baru ini, Kepala Global Esports Partnership Riot, Naz Aletaha mengatakan: “Kami selalu berusaha menampilkan esports modern dengan terus berinovasi, baik di acara langsung atau siaran online.

Ada In-Game Banner untuk Kebutuhan Broadcast di LoL Esports Riot
Riot Games

“Ini adalah pengalaman pertama dalam sejarah LoL, bahwa kami akan menempatkan merek mitra di dalam permainan. Cara ini dapat menciptakan pengalaman baru dan menggelorakan semangat dalam arena esports,” ujarnya dikutip dari The Esports Observer.

Sistem in-game banner dapat menambah opsi bagi sponsor tanpa mengganggu fokus utama esports. Cara ini dinilai akan sangat efektif karena turnamen League of Legends sendiri menjadi salah satu ajang esports paling banyak ditonton. Pada kejuaraan dunia tahun 2019 lalu saja, acara LoL ditonton 21,8 juta pasang mata.

Cara branding yang cerdas dari Riot untuk mengintegrasikan merek dan ekosistem LoL esports. Terutama ketika acara-acara langsung tidak memungkinkan digelar di masa pandemi seperti sekarang.


Tags:

Apa menurut kamu Artikel ini keren?

Share artikel ini ke teman-teman kamu juga ;)

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

0 Komentar