8 Game Esports PC/Mobile Terbaik yang Sudah Banyak Dilombakan

game-esport-pc-mobile

Game Esport PC / Mobile 2020

Electronic Sport atau Esport menjadi industri yang semakin populer dalam beberapa waktu ke belakang. Banyak game esports yang dipertandingkan dengan sangat serius. Tak heran jika ekosistem esports kian berkembang mulai dari banyak gamers profesional, media game, hingga turnamen esports bergengsi.

Daftar game esports 2020 yang dipertandingkan dalam turnamen juga terbilang cukup banyak. Berikut ini adalah game esports yang sangat populer dan sering muncul dalam scene kompetitif.

1. Mobile Legends

game-esport-pc-mobile-mlbb
Game Esports Mobile Legends (MLBB)

Game bergenre Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) ini menjadi game yang sangat populer di Indonesia. Bahkan game besutan Moonton ini menjadi game nomor 1 di negara-negara Asia Tenggara lainnya seperti Filipina, Malaysia, dan Singapura.

Mobile Legends sering dipertandingkan dalam skena kompetitif seperti Mobile Legends Professional League (MPL) dan Piala Presiden Esports. Bahkan game ini juga dipertandingkan dalam SEA Games pada tahun 2019 lalu yang berlangsung di Filipina.

2. Dota 2

game-esport-pc-mobile-dota-2
Game Esports Dota 2

Dota 2 menjadi game yang memiliki genre yang sama dengan Mobile Legends, hanya saja Dota 2 khusus untuk PC. Game ini sudah memiliki banyak karakter yang bisa dimainkan oleh para player. Mereka juga bisa memperkuat karakter tersebut dengan senjata, power up, dan perangkat tambahan lainnya.

Game MOBA PC ini sudah sangat populer di kalangan para gamers dan sudah sering muncul dalam scene kompetitif internasional. Di antaranya adalah ESL One dan Dota 2 The International. Dota 2 juga menjadi game esports PC yang dipertandingkan dalam SEA Games 2019 lalu.

3. Pro Evolution Soccer (PES)

game-esport-pc-mobile-pro-evolution-soccer-pes
Game Esports Pro Evolution Soccer (PES)

Game sports yang dikembangkan oleh Konami ini sudah bisa dimainkan di berbagai perangkat, di antaranya adalah Android, Xbox, Nintendo, dan Playstation 4. Game ini juga turut dipertandingkan dalam SEA Games 2019 lalu.

Game ini memiliki genre sports pertandingan sepak bola dan sudah sering diperlombakan di tingkat internasional. Salah satunya adalah turnamen tahunan PES League.

4. Arena of Valor (AoV)

game-esport-pc-mobile-arena-of-valor-aov
Game Esports Arena of Valor (AoV)

Game ini juga memiliki genre yang sama dengan Mobile Legends dan Dota 2 yaitu MOBA. Game ini juga turut dipertandingkan dalam Asian Games pada tahun 2018 lalu. Gameplay dari game ini kurang lebih sama seperti Mobile Legends yang sekaligus juga menjadi pesaing terberatnya di pasar Indonesia.

5. Clash Royale

game-esport-pc-mobile-clash-royale
Game Esports Clash Royale

Game yang dikembangkan oleh Supercell ini memadukan unsur permainan koleksi kartu dan pertahanan tower. Game ini juga dipertandingkan dalam Asian Games tahun 2018 lalu. Bahkan Indonesia berhasil mendapatkan medali emas yang diwakili oleh Ridel Yesaya Sumarandak.

6. PUBG

game-esport-pc-mobile-pubg-mobile
Game Esports PUBG

Game bergenre battle royale ini sudah banyak dimainkan oleh gamer Indonesia dan sudah dilombakan dalam turnamen bertajuk PUBG Mobile Indonesia National Championship (PINC) 2019. Turnamen ini diselenggarakan di 13 kota dan memperebutkan total hadiah sebesar 1 Milyar.

Indonesia juga sempat mendapatkan prestasi terbaik di ajang PUBG tingkat internasional yang berlangsung di Berlin, Jerman 2019 lalu. Indonesia berada di peringkat kelima yang diwakili oleh Bigetron Esports.

7. Point Blank

game-esport-pc-mobile-point-blank-pb
Game Esports Point Blank

Game online yang satu ini cukup populer di Indonesia dan sudah banyak dimainkan oleh para gamers. Game bergenre FPS ini sudah dipertandingkan dalam turnamen besar berskala internasional. Salah satunya adalah Point Blank World Challenge (PBWC) 2019.

Dalam turnamen tersebut RRQ TCN dari Indonesia berhasil menjadi juaranya. RRQ TCN juga berhasil menjadi juara di turnamen nasional dan menjadi perwakilan Indonesia dalam turnamen tahunan internasional. Negara lain yang mengikuti turnamen tersebut adalah Brasil, Turki, Thailan, Rusia, dan Indonesia.

8. League of Legends

game-esport-pc-mobile-league-of-legends-lol
Game Esports League of Legends (LoL)

League of Legends (LoL) memiliki gameplay yang hampir sama seperti Arena of Valor (AoV). Hanya saja AoV dirancang khusus untuk game esports Android. Game bergenre MOBA ini juga sudah pernah dipertandingkan dalam Asian Games tahun 2018 lalu.

League of Legends menjadi game yang sangat dinantikan oleh para pencinta game MOBA mobile. Karena game ini sudah akan tersedia dalam versi mobile yang bernama League of Legends: Wild Rift.

. . .

Itulah beberapa game esports yang dipertandingkan dalam turnamen-turnamen besar baik berskala nasional maupun internasional. Indonesia sudah menuai banyak prestasi di turnamen kancah internasional, sehingga industri esports Indonesia sudah berkembang dengan sangat pesat.

Nah, Sobat Gamers, mana nih game esports yang jadi favorit kalian? Ikuti terus INDOESPORTS untuk informasi terbarunya, ya!


Tags:

Apa menurut kamu Artikel ini keren?

Share artikel ini ke teman-teman kamu juga ;)

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

4 Komentar
  • Lix Store
    Lix Store

    wah emang game ini bagus banget, tapi gue lagi ke hook banget nih sama https://3kr.wavegame.net/ demen banget wa maen game ini sampai kadang lupa waktu oi wakwkawkawak.


    Nisa
    Nisa

    3 Kingdoms emang mantep, Bang

  • Daud Fathur Rahman Halim
    Daud Fathur Rahman Halim

    Ntaps


    Nisa
    Nisa

    Mainin yang mana nih?

5