7 Profesi Untuk Kalian yang Ingin Berkarir di Esports  (3)

7 Profesi Untuk Kalian yang Ingin Berkarier di Esports

Sejak popularitas esports di Indonesia semakin tenar, tak sedikit sobat gamers yang ingin berkarier di esports. Bagaimana tidak? Memangnya, siapa yang tidak ingin dibayar sambil melakukan hobi? Namun, apa saja sih profesi yang ada di dunia esports? Apa benar, jika ingin berkarier di esports maka harus menjadi esports pro player?

Esports pro player adalah suatu karir di esports yang sudah lazim diketahui oleh orang banyak terutama oleh sobat gamers. Sebenarnya daftar profesi atau pekerjaan di esports ada banyak loh, bukan hanya esports pro player saja.

7 Profesi Untuk Kalian yang Ingin Berkarir di Esports Neowin
Neowin

Industri esports bisa berjalan dan berkembang karena adanya elemen-elemen yang mendukung dan menggerakkan roda ekosistemnya. Esports memiliki banyak sekali bagian. Kali ini kita akan membahas sebagian kecil profesi umum yang ada di industri ini.

Sobat gamers ingin berkarier di esports wajib menyimak daftar profesi di bawah ini, siapa tahu ada profesi yang lebih cocok untuk kalian.

  1. Perusahaan Esports
7 Profesi Untuk Kalian yang Ingin Berkarir di Esports  Opium Pulses

Opium Pulses

Jika sobat gamers ingin berkarier di esports, mungkin kalian bisa mulai mempelajari perusahan-perusahan esports. Ada banyak sekali perusahaan yang bergerak di esports, karena industri ini memiliki ranah yang sangat luas.

Jenis perusahaan yang bergerak di industri esports sangatlah beragam, mulai dari developer game, publisher game, media, esports organizer, organisasi esports, gaming equiptment, konsultan, dan masih banyak lagi. Jika dijelaskan secara sederhana, developer game adalah perusahaan yang membuat dan mengembangkan sebuah game.

Misalnya Blizzard Entertaiment yang mengembangkan game-game seperti Overwatch, Hearthstone, dan Starcraft. Kemudian publisher game adalah perusahaan yang menerbitkan dan mempromosikan game. Misalnya saja, Blizzard Entertaiment berpartner dengan publisher AKG Games yang khusus menerbitkan game-game Blizzard di Indonesia.

7 Profesi Untuk Kalian yang Ingin Berkarir di Esports AKG Games
 AKG Games

Kemudian media esports adalah perusahaan yang menyiarkan berita terbaru dan terupdate mengenai game dan esports. Sedangkan esports organizer adalah pihak yang menyelenggarakan event esports seperti turnamen. Mungkin fungsinya bisa dipahami seperti event organizer, namun lebih spesifik ke esports.

Sobat gamers juga pasti mengenal tim-tim esports professional seperti EVOS Esports, RRQ, ONIC Esports, Bigetron, The Pillars, dan masih banyak lainnya. Tim-tim professional itu bergerak di bawah manajemen organisasi esports yang resmi dan terorganisir dengan baik.

Kali juga pasti sudah tahu perusahaan-perusahaan yang menyediakan gaming equiptment, mulai dari VGA prosesor, monitor, laptop gaming, hingga mouse dan headset gaming. Perusahaan seperti ini juga bisa menjadi pilihan jika kalian ingin berkarier di esports.

INDOESPORTS Sebagai Jembatan Bagi Brand Non Esports untuk Terjun Ke Ekosistem Esports Tanah Air

Lalu, ada juga perusahaan konsultan bisnis esports. Nah sobat gamers, perusahaan ini berfungsi sebagai jembatan bagi brand-brand non esports untuk masuk ke esports.

Tak jarang juga satu perusahaan memiliki dua fungsi. Misalnya, perusahaan INDOESPORTS yang menjadi esports organizer sekaligus sebagai media dan konsultan bisnis esports bagi brand-brand partner non-esports.

Masing-masing perusahaan juga memiliki bidang profesi yang bermacam-macam, mulai dari hal-hal yang general seperti: accounting, marketing, desainer, bahkan HRD, social media dan masih banyak lagi. Jadi, apa kalian sudah memikirkan profesi apa yang kalian targetkan untuk bisa berkarier di esports?

  1. Bisnis Icafe
Kolaborasi Tokyo Gaming Space iCafe  Tokyo GAming Space

Tokyo Gaming space

Kalian bisa berkarier di esports dengan berinvestasi di iCafe dan menjadi salah satu owner iCafe. ICafe bukan hanya sebagai warnet untuk bermain game loh. ICafe bisa menjadi tempat yang lebih dari itu karena iCafe mamiliki peluang yang cukup besar untuk membina banyak aktivitas.

ICafe memiliki potensi yang lebih besar untuk menjadi wadah inkubasi bibit-bibit esports pro player. Ada beberapa icafe yang menyediakan esports arena, komunitas, dan turnamen yang digelar secara rutin. Beberapa iCafe mensponsori sebuah tim esports untuk berlaga di berbagai turnamen dengan membawa nama iCafe yang bersangkutan.

Memulai bisnis iCafe memang tidak mudah sobat gamers, apalagi saat ini game mobile bersaing ketat dengan game PC. Tapi ini akan menjadi tantangan yang menarik untuk entrepreneur muda seperti kalian yang ingin berkarier di esports.

  1. Shoutcaster
7 Profesi Untuk Kalian yang Ingin Berkarir di Esports  hybrid

hybrid

Profesi ini mungkin juga sudah banyak diketahui oleh sobat gamers yang ingin berkarier di esports. Sobat gamers yang menonton pertandingan esports pasti sudah paham bagaimana peran shoutcaster bukan? Shoutcaster bisa dipahami sebagai komentator yang menemani penonton selama jalannya pertandingan.

Shoutcaster identik dengan tone suara yang bersemangat dan mampu bicara dengan cepat. Walau sebenarnya tidak semua shoutcaster bisa berbicara dengan cepat karena memang tidak ada keharusan.

Selain menyemarakkan suasana dan membakar semangat penonton, terkadang shoutcaster melemparkan opini dan fakta yang berkaitan dengan pertandingan, tim maupun esports pro player. Seorang shoutcaster tak memiliki kewajiban untuk menjadi pro player, tapi wajib menguasai game dan gameplay-nya.

Jadi, jika sobat gamers ingin menjadi seorang shoutcaster, kalian harus sering berlatih berbicara, menonton pertandingan dan menambah wawasan tentang game serta perkembangan esports.

  1. Tenaga Operasional

Berlakukan WFH, Yuk Intip Kondisi Kantor INDOESPORTS di Masa Genting COVID-19

berkarier di esports sebagai tenaga operasional esports juga bukanlah profesi yang dipandang sebelah mata. Tenaga operasional ini adalah salah satu profesi spesial yang biasanya ada di perusahaan event esports organizer. Profesi ini tak banyak diketahui namun perannya sangat penting loh!

Dalam berjalannya pertandingan atau turnamen, tentu ada orang-orang yang bekerja di balik layar sehingga pertandingan bisa berjalan dengan sebagaimana mestinya. Mulai dari dibukanya pendaftaran, mengumpulkan data peserta, menyusun bracket, hingga di moment pertandingan, semuanya dikerjakan orang-orang yang memiliki skill operasional di esports. Ini adalah keahlian yang tak dimiliki oleh banyak orang. Ada yang disebut dengan room master, eferee, scoring, ada orang yang membuat rules and regulation, desainer, dan masih banyak lagi.

Kalian bisa mempelajari itu semua jika terjun ke dalam sebuah event esports organizer. Mengapa? Karena sampai saat ini hal tersebut tidak ada diajarkan di Lembaga Pendidikan formal maupun informal. Bimbingan atau kelas untuk mempelajari itu pun belum ada. Hayoo, para petugas operasional apa ada yang jadi kepikiran untuk membuka les atau bimbingan?

  1. MC

7 Profesi Untuk Kalian yang Ingin Berkarir di Esports (2)

MC juga bisa menjadi profesi pilihan bagi kalian yang ingin berkarier di esports. Sobat gamers pasti ada yang bertanya-tanya, apa bedanya MC dengan Shoutcaster. Tentu saja keduanya jauh berbeda, karena shoutcaster lebih menguasai lapangan pertandingan. Sedangkan MC lebih menguasai acara dan rundown secara keseluruhan.

Baik itu MC maupun shoutcaster, keduanya sama-sama harus memiliki public speaking yang baik. Jadi sobat gamers yang mempunyai kepercayaan diri yang tinggi, kalian hanya perlu terus berlatih untuk bisa menjadi MC yang baik. Semakin tingginya pepularitas acara esports, maka event offline juga akan semakin banyak digelar. Mulai berkarier di esports dengan menjadi MC di acara-acara kecil juga merupakan suatu latihan. Jadi jangan menyerah ya sobat gamers!

  1. Streamer
7 Profesi Untuk Kalian yang Ingin Berkarir di Esports Msi
Msi

Streamer adalah salah satu sampingan yang banyak dilakukan oleh esports pro player dan orang-orang yang ingin mulai berkarier di esports. Tak menutup kemungkinan jika player biasa bahkan anak sekolahan pun bisa menjadi seorang streamer.

Seorang streamer tak harus tampil di depan banyak orang seperti MC dan shoutcaster. Jadi, profesi ini juga cocok untuk kalian para introvert yang ingin berkarier di esports.

Jika shoutcaster memiliki kesan atau karakter yang lebih serius, maka seorang streamer justru memiliki karakter yang lebih menghibur. Bermain game secara live sambil berdialog mengomentari berbagai hal adalah hal yang biasa dilakukan oleh streamer.

Mungkin saat membaca ini pun kalian sudah membayangkan beberapa streamer yang belakangan tenar, kan? Nah, tak menutup kemungkinan jika kalian yang ingin berkarier di esports pun bisa menjadi salah satu di antaranya, sobat gamers!

  1. Esports Pro Player

ONIC Olympus Juarai Grand Final Free Fire Master League 2020 all finalis

Kalian pasti sudah tidak asing dengan profesi satu ini bagi yang ingin berkarier di esports.Mungkin saja sobat gamers sudah memiliki angan-angan untuk menjadi esports pro player sejak lama. Atau bahkan kalian sudah merintis jalan di karir ini?

Esports pro player adalah karir yang sudah sangat populer di kalangan gamers. Dalam sesi PodcastIES dengan Shegi Julia, shoutcaster satu ini menjelaskan bahwa dia pernah diberitahu kalau karir dalam esports yang paling pendek adalah menjadi esports pro player. Namun jika kalian memiliki keinginan yang kuat, bukan tak mungkin kalian bisa bertahan dalam waktu yang sangat lama sebagai esports pro player..

Jadi jika kalian ingin terus berkarier di esports dengan menjadi seorang esports pro player, kalian harus benar-benar memiliki skill yang mumpuni, disiplin dan profesionalitas untuk terus bertahan di industri ini. Jangan berhenti berjuang ya, sobat gamers. Kalian pasti bisa!

Tetap Aktif Walau Jadwal Turnamen Esports Sepi Di Masa Darurat COVID-19 (1)

Demikianlah gambaran umum mengenai profesi yang bisa kalian tekuni untuk berkarier di dunia esports. Apa kalian tertarik dengan profesi-profesi di atas? Atau ada yang ingin merubah haluan dari esports pro player menjadi shoutcaster?

Apapun itu, kalian pasti bisa meraihnya sobat gamers! Selama ada keinginan yang kuat serta disiplin dan terus berlatih. Kalian pasti bisa meraih semua keinginan kalian. Selamat berjuang ya!


Halo, sobat gamer! Jangan lupa cek Youtube Channel INDOESPORTS ya. Ada video live stream turnamen esports setiap minggunya, dan informasi lain seputar esports. Ayo subscribe, like dan comment sekarang juga!


Ayo gabung dengan Komunitas Dota 2 dengan cara join di group facebook DOTA 2 ID.


Tags:

Sukai Berita Ini

Share post:

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

0 Komentar