500 Juta Gamer Tiongkok Tumbuh Bersama Tencent dan Sponsor

500 Juta Gamer Tiongkok Tumbuh Bersama Tencent dan Sponsor

Tahun lalu, seorang gamer Tiongkok, Ceng Guohao, melakukan perjalanan sekitar 1.000 km dari rumahnya ke Shanghai. Berangkat dari Provinsi Hubei di Cina Tengah, dia pergi untuk mengejar mimpinya, yaitu bermain video game. Dilansir dari situs Asia NIkkei, hal semacam ini hanya sebagian kecil dari banyak bukti kemajuan industri esports di Negeri Tirai Bambu.

Ceng, yang saat itu berusia 18 tahun, pindah ke sebuah rumah berlantai dua sekitar 15 km dari pusat kota. Dia bergabung bersama puluhan gamer pro di gedung yang dioperasikan oleh startup video streaming Cina, Bilibili. Spesialisasinya adalah League of Legends, salah satu game online terbesar di dunia.

Game ini dibuat dan dikembangkan oleh Riot Games, sebuah divisi dari perusahaan raksasa Tiongkok, Tencent Holdings. LoL telah dimainkan oleh banyak gamer Tiongkok dan puluhan juta orang di seluruh dunia. Turnamen esports LoL pun menjadi salah satu yang paling bergengsi di antara kategori game lainnya.

500 Juta Gamer Tiongkok Tumbuh Bersama Tencent

Ayah Ceng pernah menentang keras keputusan putranya untuk menjadi seorang pemain pro. Namun sekarang pandangan ayahnya berbeda. “Sekarang, dia selalu mengatakan, 'Berat badanmu bertambah. Perhatikan makananmu’,” kata Ceng sambil tersenyum.

Tiongkok sekarang memiliki lebih dari 500 juta gamer, dan esports telah menjadi bisnis besar di sana. Penjualan yang berhubungan dengan esports bahkan mencapai $7,3 miliar selama enam bulan pertama di tahun 2019. Jumlahnya diperkirakan bakal terus bertambah hingga akhir tahun, menurut Gamma Data.

Secara keseluruhan, ada lebih dari 5.000 tim esports yang beroperasi di industri ini dengan total 440.000 orang pekerja. Itu berarti persaingan sangat ketat di sana. Ceng dan sekitar 60 pemain lain yang berada di rumah Bilibili pun tak pernah berhenti berlatih selama berjam-jam setiap hari.

500 Juta Gamer Tiongkok Tumbuh Bersama Tencent dan Sponsor m

Mereka dibagi menjadi tiga kelompok: tim utama, tim kedua dan peserta pelatihan. Bayaran tergantung pada kontrak mereka, misalnya trainee dibayar sekitar 10.000 yuan per bulan. Sementara gamer menengah ke atas berpenghasilan sekitar $50.000 setiap tahun, menurut manajer tim, Li Xinyuan.

Ceng, yang sudah menjadi gamer top di Tiongkok dan rumah Bilibili bahkan mampu menghasilkan lebih dari $91.000. Itu berarti, bahkan seorang trainee sekalipun dapat menghasilkan lebih dari rata-rata bayaran pekerja pabrik di Shanghai.

Tencent menjadi satu dari beberapa perusahaan IT yang memegang peran besar di balik semua perkembangan tersebut. Bisa dibilang, perusahaan ini adalah raksasa keuangan dengan kapitalisasi pasar sebesar $ 411 miliar. Bisnis game-nya telah menghasilkan $18 miliar dalam penjualan tahunan, sekitar 40% dari total pendapatan.

500 Juta Gamer Tiongkok Tumbuh Bersama Tencent dan Sponsor asianikkei

Perkembangan video game menjadi industri bernilai miliaran dolar, membuat mereka menerima aliran investasi yang stabil. Walaupun, selain Tencent ada banyak perusahaan IT lain yang juga menjadi sponsor tim esports, seperti Bilibili misalnya.

Top Sports, sponsor lain, mengoperasikan lebih dari 8.000 toko barang olahraga di penjuru Tiongkok. Mereka menjual produk dari merek global seperti Nike dan Adidas. Rencananya, dalam lima tahun ke depan mereka akan menyediakan dana $18 juta untuk mengembangkan tim esports.

Akan tetapi, kecanduan video game kini sudah secara resmi diakui sebagai penyakit mental oleh Organisasi Kesehatan Dunia. Alarm pun dibunyikan di Beijing dan pada bulan November lalu pemerintah mengumumkan batasan pada game online. Sekarang ada jam malam game online untuk anak di bawah 18 tahun.

Batasan ini ke depannya mungkin dapat mengurangi jumlah gamer Tiongkok muda yang mengikuti jejak Ceng. Itu juga bisa menghambat pertumbuhan perusahaan game seperti Tencent dan industri olahraga negara secara keseluruhan. Industri esports di Tiongkok memang selalu menarik untuk disimak.

Tags:

Share post:

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

1 Komentar
  • Marcella Agustine
    Marcella Agustine

    ⁣WOW , ada bonus spesial natal 5% setiap Deposit , tanpa syarat , ayo tunggu apa lgi kunjungi qqharian.info dan bonus natal bisa di gabungkan dengan bonus lainya , tunggu apa lgi , ayo segera kunjung qqharian.info