5 Cara Mendapatkan Uang dari Esports yang Menjanjikan

cara-mendapatkan-uang-dari-esports

Cara Mendapatkan Uang dari Esports

Siapa yang menyangka jika bermain game juga bisa menghasilkan uang dengan jumlah yang cukup banyak. Sobat gamers tinggal duduk di depan layar video game, tapi tetap produktif dengan bisa menghasilkan uang. Mungkin sobat gamers penasaran bagaimana cara mendapatkan uang dari esports.

Sama seperti klub sepak bola, pemain game dianggap sebagai atlet esports yang profesional. Mereka akan bergabung dengan tim dan mendapatkan gaji dan beragam pendapatan lainnya. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa sobat gamers coba untuk mendapatkan uang dari game esports.

1. Memenangkan Turnamen

cara-mendapatkan-uang-dari-esports
Cara Mendapatkan Uang dari Esports Ke-1

Jika kalian sudah bergabung ke dalam klub, kemungkinan untuk memenangkan turnamen tentu saja sangat terbuka lebar. Selama tim kalian terus berlatih dan terus mau belajar dari kekalahan, kemenangan tentu akan semakin dekat. Kalian bisa mendapatkan hadiah yang sangat fantastis jika berhasil menjuarai turnamen.

Dalam sekali lomba saja, klub akan mendapatkan total hadiah sebesar US$ 32.000 atau setara dengan Rp467 juta. Seiring berjalannya waktu, hadiah yang diberikan tentu akan semakin meningkat. Pada ajang MPL dan turnamen Dota 2 international hadiah yang diberikan mencapai Rp1 miliar.

2. Endorsement dan Sponsorship

cara-mendapatkan-uang-dari-esports
Cara Mendapatkan Uang dari Esports Ke-2

Setiap atlet esports biasanya memiliki akun media sosial pribadi seperti Instagram dan Facebook. Biasanya mereka akan upload konten menarik ke dalam akun media sosial mereka masing-masing untuk mendapatkan banyak followers dan viewers.

Biasanya para atlet yang membela klub-klub besar akan cukup mudah untuk mendapatkan banyak followers. Sehingga akan lebih cepat bagi mereka untuk mendapatkan pemasukan. Pemasukan tersebut berasal dari endorsement dan sponsorship

Sudah banyak atlet esports yang berhasil mendapatkan keuntungan hingga Rp100 juta dari endorse dan sponsor. Mereka akan bekerja sama dengan pihak lain yang ingin mempromosikan produk atau jasa perusahaan.

3. Berjualan Merchandise

cara-mendapatkan-uang-dari-esports
Cara Mendapatkan Uang dari Esports Ke-3

Nama besar dan reputasi dari klub esports nampaknya sudah tidak perlu diragukan lagi seperti halnya klub sepak bola. Dengan begitu mereka bisa menjalankan bisnis lainnya dengan menjual merchandise seperti kaos, topi, stiker, dan sebagainya. Keuntungan dari merchandise ini ternyata cukup menjanjikan.

4. Kerjasama dengan Developer Game

cara-mendapatkan-uang-dari-esports
Cara Mendapatkan Uang dari Esports Ke-4

Jika klub esports sudah memiliki reputasi dan manajemen yang baik, kemungukan untuk bekerja sama dengan developer game sangat terbuka lebar. Developer game disini adalah perusahaan yang memang bergerak di bidang teknologi pengembang game.

Nah, perusahaan tersebut rela membayar para pemain profesional untuk melakukan uji coba terhadap game baru yang akan mereka kembangkan. Mereka bertugas untuk mencoba game baru dan menemukan hal-hal yang perlu dibenahi oleh developer seperti bug dan atau menambah fitur lain.

5. Real Money Trading (RMT)

cara-mendapatkan-uang-dari-esports
Cara Mendapatkan Uang dari Esports Ke-5

Transaksi dengan uang nyata ternyata juga bisa menjadi salah satu pendapatan untuk para atlet esport. Karena game bergenre RPG mengharuskan para pemainnya untuk memiliki senjata yang lengkap supaya unggul dalam pertandingan. 

Senjata-senjata tersebut pada dasarnya sudah tersedia di dalam game, tapi membutuhkan usaha yang ekstra untuk mendapatkan senjata dengan level tinggi di dalam game. Mereka harus menyelesaikan beberapa misi yang harus diselesaikan untuk meningkatkan level senjata.

Tentu saja membutuhkan waktu yang cukup lama dan kesabaran untuk meningkatkan level senjata setinggi mungkin. Nah para atlet esport bisa memainkan game ini untuk mendapatkan level senjata yang tinggi. Setelah itu akunnya dijual kepada orang yang membutuhkan dengan harga yang sangat fantastis.

6. Menjadi Content Creator

cara-mendapatkan-uang-dari-esports
Cara Mendapatkan Uang dari Esports Ke-6

Cara mendapatkan uang dari esport yang terakhir yaitu dengan menjadi content creator seperti di Youtube. Banyak juga atlet esports yang telah terjun ke dalam bisnis ini. Dengan memberikan konten yang bermanfaat, subscriber dan viewers mereka akan meningkat.

Jika sudah memiliki banyak subscriber dan viewers, mereka akan mendapatkan pendapatan dari pengiklan seperti Google AdSense. Selain itu mereka juga memperomosikan produk orang lain atau produk mereka sendiri di akun channel YouTube mereka masing-masing.

Itulah beberapa cara mendapatkan uang dari esport yang tentu saja bisa sobat gamers coba dari sekarang. Untuk bisa sampai mendapatkan penghasilan, sobat gamers tentu saja butuh kerja keras. Karena seiring berjalannya waktu, tingkat persaingan di ranah esports semakin tinggi.


Tags:

Apa menurut kamu Artikel ini keren?

Share artikel ini ke teman-teman kamu juga ;)

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

0 Komentar