Valve Resmi Tunda The International 2020 Hingga Tahun Depan

Valve Mulai Mencari Kota untuk Dota 2 The International 2021 VP Esports

Setelah di ambang ketidakpastian, Valve akhirnya memberi kejelasan tentang The International 2020. Ajang tahunan yang menjadi puncak dari segala turnamen Dota 2 itu akhirnya tidak akan diadakan tahun ini. Valve masih mengusahakan agar turnamen tetap bisa diselenggarakan, setidaknya pada 2021 mendatang.

Dilansir dari Hotspawn, Liquipedia, blog Dota 2 dan Dotesports, TI edisi kesepuluh sebenarnya akan digelar di Stockholm, Swedia pada 17-22 Agustus mendatang. Tetapi tanpa diduga sebelumnya, dunia dilanda pandemi COVID-19 yang menghambat segala macam acara. Melihat pandemi tak kunjung mereda hingga bulan Mei, Valve pun mengambil keputusan berani terkait TI10.

Per 30 April kemarin, Valve secara resmi menunda gelaran The International 2020. Keputusan ini diambil setelah Valve melakukan diskusi internal dan bersama mitra serta sponsor acara.

Coronavirus Berpotensi Mengganggu The International 2020 Medcom
VPEsports

Lewat blog resmi Dota 2, Valve mengumumkan pernyataan mereka dengan menulis: “Dengan pertimbangan darurat kesehatan global COVID-19, kami akhirnya membuat pilihan yang sulit untuk menunda The International. Kami sudah memperhitungkan banyak tanggal, tetapi kemungkinan acara itu baru bisa berlangsung pada 2021.

“Situasi masih tidak stabil terkait pembatasan perkumpulan orang, pandemi virus dan kebijakan perjalanan global. Kami sendiri tidak punya kepercayaan diri untuk mengumumkan tanggal dalam waktu dekat,” tulis Valve.

The International 2020
VPEsports

Pembatalan TI10 juga sekaligus menjelaskan bagaimana nasib DPC musim ini. Di mana, sebagian acara telah dipastikan batal berlangsung atau dialihkan menjadi turnamen online. Sejauh ini baru ESL One Los Angeles Major yang telah selesai dilaksanakan sebagai turnamen online pengganti.

Lewat pos yang sama, Valve mengumumkan soal restrukturisasi Dota Circuit Pro. Rencananya, DPC akan kembali dilanjutkan pada musim gugur mendatang. Pertanyaannya, apakah Battle Pass 2020 juga ikut dibatalkan seiring dengan The International?

Untungnya, pengembang masih akan meluncurkan Battle Pass, walaupun tidak sesuai jadwal awalnya. Biasanya pada bulan Mei pemain sudah bisa menikmati segala fitur dan hadiah Battle Pass. Pemain mendapat waktu tiga bulan penuh untuk menyelesaikan berbagai misi dan mengklaim hadiahnya.

The International 2020 Dota 2 SPIN
SPIN

Tetapi dalam pengumuman di blognya, Valve hanya mengatakan “segera”, tetapi tidak berdekatan dengan jadwal acara. Kemungkinan Battle Pass akan dirilis setelah bulan Agustus. “Tim kami masih bekerja dari rumah dan ada banyak hal yang akan selesai lebih lama. Battle Pass setidaknya akan dirilis lebih lambat dari biasanya.”

Seperti diketahui, Battle Pass punya andil cukup besar terhadap hadiah besar di turnamen TI. Penjualannya mencakup 25 persen dari keseluruhan hadiah turnamen esports terbesar di dunia itu. Mau tidak mau, pemain pasti akan kecewa dengan mundurnya jadwal Battle Pass tahun ini.

“Kami harap semua penggemar Dota tetap dalam keadaan aman. Tentu Anda sangat menantikan ketika kami menyambut Anda untuk menyaksikan The International,” pungkas Valve dalam pengumumannya.

Sejauh ini detail mengenai The International 2020 memang masih belum diumumkan lebih jauh. Tidak diketahui berapa besar hadiah total pada TI edisi tahun ini, namun format acara sama sekali tidak berubah. Sekarang penggemar harus bersabar menunggu acara ini dapat berlangsung normal tahun depan.


Tags:

Apa menurut kamu Artikel ini keren?

Share artikel ini ke teman-teman kamu juga ;)

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

0 Komentar
5