Toby TobiWan Dawson Liquipedia Dexerto

TobiWan Masuk ke Daftar Hitam Caster Dota 2, Kenapa?


Halo, sobat gamer! Jangan lupa cek Youtube Channel INDOESPORTS ya. Ada video live stream turnamen esports setiap minggunya, dan informasi lain seputar esports. Ayo subscribe, like dan comment sekarang juga!


Caster Dota 2 ternama, Toby “TobiWan” Dawson, mendapat kecaman publik setelah tudingan pelecehan seksual olehnya. Hal itu pun membuatnya masuk ke dalam daftar hitam sejumlah perusahaan besar, termasuk Valve. Code Red Esports bahkan langsung bereaksi cepat dengan menarik TobiWan dari manajemennya.

Dilansir dari VPEsports dan Dotesports, sebuah pos di Twitter dari akun @Slasher menunjukkan bahwa suara TobiWan sudah tidak ada lagi di TI 10 Battle Pass. Bahkan Beyond the Summit juga memutuskan untuk tidak lagi bekerja sama dengan yang bersangkutan. Kasus ini adalah yang kedua kalinya, setelah sebelumnya menimpa Grant Harris.

Pada 22 Juni lalu, Grant dikeluarkan dari Evil Geniuses atas tuduhan pelecehan seksual dalam komentarnya. TobiWan pun mencoba mengomentari kasus Grant tersebut, namun malah menjadi bumerang baginya. Alih-alih mendapat dukungan, aib lama caster Dota 2 itu justru diungkap ke publik.

Salah satu akun Twitter yang pertama menentang TobiWan adalah seorang cosplayer terkenal di Dota 2, Meruna. Dia adalah kekasih dari streamer populer, Troels “syndereN” Nielsen. Di mana, sejak TI2, sebenarnya syndereN dan TobiWan adalah duet caster paling konsisten di berbagai turnamen besar.

Toby TobiWan Dawson Liquipedia
Liquipedia

Meruna mengungkap beberapa percakapan yang membuktikan pelecehan TobiWan terhadapnya. Termasuk salah satu interaksinya di platform perpesanan pada tahun 2011 silam. Hal ini baru dikatakan oleh Meruna kepada syndereN belum lama ini, setelah mereka delapan tahun bersama.

Alhasil, syndereN dan rekan caster-nya Austin “Capitalist” Walsh memilih untuk tidak lagi bekerja bersama Tobi. Terkait dengan situasi ini, Tobi sebenarnya sudah membuat klarifikasi dan permintaan maaf melalui TwitLonger. Dia membuat dua pesan panjang terpisah, namun pesan pertamanya kemudian dihapus.

Namun setelah pernyataan keduanya, justru lebih banyak orang yang menutup permintaan maaf bagi Tobi. Beberapa perusahaan dan manajemen yang bekerja dengannya pun langsung mengambil keputusan cepat.

Usut punya usut, komentar-komentar berbau seksis ternyata beberapa kali diutarakan oleh TobiWan. Termasuk pada siaran untuk turnamen StarLadder pada 2012 lalu yang ia lakukan sepanjang siaran. Saat itu Tobi telah mengakui kesalahannya dan menyampaikan maaf.

Toby TobiWan Dawson Liquipedia 1
Liquipedia

Sampai berita ini ditulis, Code Red Esports diketahui telah menghapus TobiWan dari daftar caster mereka. Tobi juga masuk dalam daftar hitam seluruh acara yang diselenggarakan Beyond the Summit. Pertanyaan resmi studio produksi Amerika Utara itu disampaikan langsung oleh co-owner BTS, David “LD” Gorman.

“Tuduhan pelecehan seksual baru-baru ini muncul terhadap Toby. Kami percaya dengan mereka dan kami tidak akan bekerja dengannya di masa depan,” tulis David “LD” Gorman di Twitter.

Perlahan tapi pasti, komunitas Dota 2 menjadi lebih sadar betapa gelapnya tempat ini bagi para wanita. Tetapi, orang-orang seperti caster Dota 2 syndereN, Cap dan lainnya yang mendesak orang-orang untuk memahami para korban. Bahwa tidak mudah mengungkap kisah pribadi semacam itu ke ranah publik.


Mau diskusi lebih lanjut mengenai game Dota 2? Ayo gabung dengan Komunitas Dota 2 dengan cara join di group facebook DOTA 2 ID.


Tags:

Sukai Berita Ini

Share post:

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

0 Komentar