Setelah Redeye, TobiWan Pensiun dari Dunia Caster Dota 2

Setelah Redeye, TobiWan Pensiun dari Dunia Caster Dota 2 Dot Esports

Beberapa hari lalu caster Dota 2 Paul ‘Redeye’ Chaloner memutuskan mundur dari layar esports. Kali ini, keputusan yang sama juga diambil oleh caster ternama lainnya Toby “TobiWan” Dawson. Ia mengikuti jalan Redeye setelah semua tuduhan yang diarahkan kepadanya belakangan ini.

TobiWan menjadi sorotan besar-besaran atas kasus pelecehan seksual yang diduga dilakukan olehnya di masa lalu. Permintaan maafnya yang dibuat di Twitlonger pada 25 Juni pun tak membuat orang-orang memaafkannya. Lalu secara mengejutkan, nama Twitter-nya pada awal Juli lalu diubah menjadi “Inactive (Tidak Aktif)”.

Sehari kemudian, caster Dota 2 itu mengunggah surat terbuka lainnya yang berisikan beberapa poin penting. Namun, intinya ia mengatakan akan pensiun dari pekerjaannya di dunia esports terlebih Dota 2. Ke depannya ia hanya akan fokus pada keluarganya dan bergerak maju dari segala masalah yang menimpanya.

Setelah Redeye, TobiWan Pensiun dari Dunia Caster Dota 2 VPEsports
Caster Dota 2 TobiWan - VPEsports

Dawson sepertinya juga berusaha menjelaskan bahwa tidak semua yang dituduhkan kepadanya adalah fakta. Ia melihat itu sebagai sesuatu yang ‘mengerikan’, ketika cerita masa lalunya dibelokkan dengan cerita fiksi. Kemudian seseorang mengungkapkan itu ke internet sebagai fakta yang dipercaya semua orang.

Dia juga mengatakan bahwa siapapun yang menuduh dirinya seharusnya menggunakan cara yang benar. “Bagi mereka yang telah membuat tuduhan serius terhadap saya harus mengikuti proses yang benar dan sesuai hukum. Jangan bergantung pada sindiran atau bukti yang tidak berasal dari dua perspektif,” tulisnya.

Sebelum mengambil keputusan sulit itu, TobiWan mengaku telah merenung selama beberapa waktu. Ia pun mencoba mengambil jalan terbaik dan mengabaikan sorotan publik yang amat besar. Surat itu sekaligus menyampaikan terima kasih dan permintaan maafnya kepada semua pihak yang telah disinggung olehnya.

“Saya berterima kasih kepada Anda yang telah memberikan dukungan, itu sangat berarti bagi saya dan sangat membantu. Saya bangga bisa bekerja di industri, tempat di mana passion menjadi karier saya. Saya bersyukur atas kesempatan untuk membagikan kecintaan saya terhadap game ini.”

Menutup suratnya, Tobi menuliskan kata-kata yang cukup emosional. “Tidak akan pernah terjadi lagi dalam sejarah Dota.”

Setelah Redeye, TobiWan Pensiun dari Dunia Caster Dota 2 Twitter
Caster Dota 2 TobiWan pensiun - Twitter TobiWan

TobiWan adalah salah satu caster papan atas di permainan Dota 2 selama bertahun-tahun. Bahkan ia telah melakukan terobosan ke judul esports lainnya seperti PUBG. Sampai akhirnya Meruna, kekasih mantan mitra casting Tobi, syndereN, menuduh Tobi melakukan pelecehan seksual.

Meruna mengungkap percakapan pribadinya dengan Tobi di masa lalu. Menurut Meruna, Tobi tidak pernah bisa menerima penolakan terkait ajakan aktivitas berbau seksual. Setelah Meruna mengangkat kasus itu, dua rekan Tobi, syndereN dan Capitalist menegaskan tidak akan lagi bekerja dengannya.

Masalah itu juga berujung pada pemutusan kerja sama beberapa perusahaan yang bermitra dengan caster Dota 2 itu. Valve menghapus semua suara TobiWan di TI10 Battle Pass. Keputusan serupa dilakukan oleh agensinya Code Red Esports dan penyelenggara Beyond the Summit.


Tags:

Apa menurut kamu Artikel ini keren?

Share artikel ini ke teman-teman kamu juga ;)

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

0 Komentar