Magic Resistance di Dota 2

Perbedaan Armor dan Magic Resistance di Dota 2 yang Wajib Anda Tahu Lebih Dulu

Indoesports.com 14 Mar 2019 - Di dalam gim Dota 2, terdapat beberapa mekanisme bertahan yang dapat Anda miliki walaupun secara pasif. Berbagai mekanisme tersebut adalah armor, magic resistance, evasion, serta damage block, yang juga bisa Anda lihat ketika menonton pemain lain menyiarkan pertarungan mereka lewat Twitch. Sebagian kemampuan atau mekanisme ini dapat dilihat ketika Anda mengarahkan mouse pada atribut masing-masing hero saat memainkan game online ini.

Dan sesuai dengan namanya, peluang Anda bertahan hidup saat menghadapi hero lawan makin besar jika kemampuan bertahan ini juga makin besar. Meski demikian, masing-masing dari mekanisme pertahanan itu bukanlah hal yang sama. Lantas, apa yang membuat mereka berbeda antara satu dengan yang lainnya?

Untuk kali ini, yang akan dibahas adalah perbedaan antara armor dengan magic resistance, yang merupakan perlindungan dari serangan fisik versus serangan magic. Berikut ini penjelasannya dan jangan lupa dapatkan gim ini lewat Dota 2 download!

Armor

Armor dan Magic Resistance Dota 2

Fungsi utama armor adalah menghalangi physical damage dari hero lawan, yang sumbernya berasal dari serangan fisik alias serangan biasa dari lawan apapun. Artinya, physical damage bisa dirasakan pemain bahkan ketika ia diserang oleh creep maupun tower sekalipun, alias tidak harus selalu dari sesama hero.

Di samping itu, ada beberapa skill yang juga memiliki tipe damage fisik, seperti Anchor Smash punya Tidehunter dan Shadow Wave kepunyaan Dazzle.

Tiap poin yang dimiliki armor akan mengurangi physical damage yang diterima dari lawan. Selain itu, jumlah pengurangannya tergantung jumlah armor yang sebuah unit miliki. Artinya, jumlah armor yang makin besar berarti jumlah damage yang makin kecil untuk diterima. Dengan begitu, hubungan antara jumlah armor dan damage yang dirasakan adalah berbanding terbalik. Dan jika sebuah unit memiliki armor dengan poin minus, maka physical damage yang diterima akan lebih besar dibandingkan jumlah yang sebenarnya dilancarkan oleh lawan yang menyerang.

Armor dan Magic Resistance di Dota 2

Masing-masing hero di dalam gim buatan Valve ini punya basic armor yang bervariasi. Misalnya, ada Drow Ranger yang basic armor-nya minus tiga, Ogre Magi yang punya enam poin basic armor, dan Terrorblade dengan tujuh poin basic armor. Angka tersebut bisa ditingkatkan bergantung pada atribut Agility maupun stats – masing-masing tujuh point Agility berarti tambahan satu armor untuk hero yang dimainkan. Karena itulah beberapa hero Carry biasanya bertipe Agility untuk armor tinggi begitu masuk late game.

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan armor. Misalnya dengan membeli item untuk tambahan Agility seperti Butterfly dan Yasha, atau membeli item yang langsung memberikan tambahan armor seperti Shiva’s Guard atau Assault Cuirass.

Armor lawan pun bisa dikurangi, walaupun caranya terbatas. Misalnya lewat skill seperti Wave of Terror kepunyaan Vengeful Spirit dan Corrosive Haze-nya Slardar. Dan terlepas dari apapun Dota 2 update yang dibuat, fungsi armor tetap hanya untuk mengurangi physical damage, bukannya magical damage.

Magic Resistance

panduan-dota-2-perbedaan-tipe-damage-damage-magic

Nah untuk mengurangi dampak dari serangan lawan yang menggunakan magic alias magical damage, metode pertahanan inilah yang dibutuhkan hero Anda. Dan berbeda dengan armor, pertahanan yang satu ini hanya ditunjukkan dalam persentase – makin besar angkanya, makin besar pengurangan jumlah magic damage yang harus hero Anda tanggung. Misalnya, jika Anda punya magic resistance 50%, maka serangan Laguna Blade level tiga dengan 680 damage dari Lina hanya akan Anda terima separuhnya, atau hanya 340 damage.

Pada dasarnya, nyaris semua hero memiliki magic resistance awal atau natural yang sama sebesar 25%  – pengecualiannya adalah Visage (10%) dan Meepo (35%). Angka magic resistance tidak dapat ditingkatkan secara alami dan jumlahnya akan selalu sama. Meski begitu, ada beberapa hero dengan skill yang bisa meningkatkan magic resistance mereka. Misalnya Spell Shield-nya Anti-Mage, Null Field kepunyaan Rubic, dan Corrosive Skin punya Viper.

Ada juga beberapa item yang bisa Anda manfaatkan untuk meningkatkan pertahanan dari magical damage sebagai bagian dari strategi Anda agar bisa masuk ke dalam Dota 2 leaderboard. Misalnya Cloak yang bisa diubah jadi Hood of Defiance, serta Pipe of Insight maupun Glimmer Cape. Jadi, gak ada salahnya membeli satu dari berbagai item tersebut untuk membantu hero Anda melawan hero lain yang mengandalkan magic seperti Mage.

Dan Anda pun bisa gunakan beberapa item maupun skill untuk mengurangi magic resistance lawan. Misalnya skill Ice Vortex kepunyaan Ancient Apparition, Ancient Seal-nya Skywrath Mage, atau Decrepify-nya Pugna. Untuk item, Anda hanya bisa menggunakan Veil of Discord dan/atau Ethereal Blade.

Download Dota 2 sekarang juga untuk merasakan sendiri serunya dunia gim yang satu ini!

Tags:

Share post:

Add Comments
Silahkan Anda Login Terlebih Dahulu
Comments