Krisis Coronavirus! ESL One Los Angeles Major Resmi Batal

ESL One Los Angeles

Penyebaran virus Covid-19 (coronavirus) akhirnya memengaruhi agenda ESL One Los Angeles Major. Turnamen Major DPC ketiga musim 2019-2020 itu pun secara resmi dibatalkan tanpa penggantian jadwal yang pasti. Seluruh tim dan caster yang terlibat dalam acara ini semua telah diberitahu oleh Valve dan ESL.

DIlansir dari vpesports, win gg dan hotspawn, awalnya ESL One LA Major direncanakan tetap berjalan tanpa penonton langsung karena krisis coronavirus. Akan tetapi pada 12 Maret, konsultan Esports, Rod “Slasher” Breslau melalui Twitter mengonfirmasi pembatalan turnamen. ESL pun kemudian mengeluarkan pernyataan yang menegaskan kebenaran berita tersebut.

ESL One Los Angeles 3
ESL One

“Mengingat pembatasan perjalanan dan situasi terkait COVID-19, kami menunda ESL One Los Angeles 2020. Kami bersama Valve akan menentukan waktu dan lokasi baru untuk acara Major ini. Kami sangat kecewa, tapi ini adalah demi kepentingan semua orang yang membuat acara luar biasa ini dapat diwujudkan,” tulis ESL.

Krisis coronavirus belakangan ini semakin mencekam dan telah menjadi berita utama di seluruh dunia. Organisasi Kesehatan Dunia pun secara resmi mengakui penyakit ini sebagai pandemi. Banyak acara dibatalkan dan beberapa tokoh terkenal didiagnosis menderita penyakit tersebut

ESL One Los Angeles 2
ESL One

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, kemudian mengambil langkah untuk melarang perjalanan dari Eropa ke Amerika Serikat. ESL One LA Major adalah acara esports terbaru yang dibatalkan. Beberapa hari terakhir, sudah banyak acara-acara besar lainnya yang akhirnya menyesuaikan dengan situasi ini.

Termasuk ESL yang membatalkan CS: GO Major dan semua acara homestand Overwatch League selama enam minggu ke depan. Akan tetapi, pembatalan ESL One LA Major jelas menjadi pukulan telak bagi Dota 2 profesional. Pasalnya, ini akan membawa konsekuensi besar dalam perjalanan menuju The International 2020.

Sebenarnya situasi ini sudah diperkirakan bakal terjadi cepat atau lambat, seperti yang dikatakan oleh Peter “ppd” Dager. Dalam podcast-nya belum lama ini, kapten Ninjas in Pyjamas itu membahas kemungkinan pembatalan ESL One LA Major. Tetapi dia tidak bisa menarik kesimpulan secara spesifik tentang apa yang akan terjadi.

ESL One Los Angeles 1
ESL One

Tidak diragukan bahwa dampak pembatalan ini akan cukup besar. Pasalnya, DPC 2019-2020 adalah ajang untuk menentukan siapa yang lolos ke The International tahun ini. Jika salah satu dari lima Major dihapus, tentu saja itu sangat berpengaruh bagi Dota 2 profesional.

Sebenarnya pembatalan Major sudah pernah terjadi sebelumnya dengan kasus berbeda. Galaxy Battles Major 2018 pernah dibatalkan sehingga tim yang lolos tidak bisa mendapatkan poin DPC dari turnamen itu. Meski demikian, dampak pembatalan LA Major ini tampaknya akan lebih terasa.

Terlepas dari itu, ESL menjelaskan bahwa mereka dan Valve akan bekerja untuk menentukan agenda baru. Bisa jadi acara ini hanya ditunda untuk sementara waktu, bukan dibatalkan. Namun, ini akan jadi sangat sulit karena semakin dibatasinya perjalanan dan pertemuan di seluruh dunia.

Detail tentang bagaimana penonton dapat mengklaim pengembalian dana untuk acara Dota 2 ini masih belum dirilis. Informasi lebih lanjut tentang pembatalan ESL One Los Angeles Major tersedia di situs web resmi ESL.


Tags:

Apa menurut kamu Artikel ini keren?

Share artikel ini ke teman-teman kamu juga ;)

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

0 Komentar
5