Hainan Master dota 2 vpesports 1

Hainan Master Umumkan Peserta Tanpa Konfirmasi Pihak Tim


Halo, sobat gamer! Jangan lupa cek Youtube Channel INDOESPORTS ya. Ada video live stream turnamen esports setiap minggunya, dan informasi lain seputar esports. Ayo subscribe, like dan comment sekarang juga!


Baru-baru ini sebuah kontroversi terjadi terkait dengan turnamen bertajuk Hainan Master Invitational di Tiongkok. Dalam sebuah promo di Weibo, turnamen itu disebut akan berlangsung pada 3-8 Maret 2020 dan diikuti oleh tim-tim top Dota 2. Pengumuman itu diunggah oleh oleh BOMI Esports Culture Media Co. Ltd.

Rencananya, turnamen Hainan Invitational (Spring) diikuti oleh 12 tim Dota 2 terbaik di dunia. Sembilan di antaranya adalah tim undangan, dan tiga lainnya diputuskan melalui kualifikasi regional. Adapun wilayah yang akan memperebutkan tiga slot tersebut adalah Tiongkok, Eropa dan CIS.

Dilansir dari vpesports dan dotesports, pengumuman dibuat sejak Selasa (14/1/2020) lalu, yang mana telah mencantumkan sembilan tim undangan yang dimaksud. Kabar tersebut pun menyebar ke luar Tiongkok dan ditanggapi oleh tim-tim terkait. Manajer Team Secret langsung membantah pihaknya sudah dihubungi untuk mengikuti Hainan Master Invitational.

Hainan Master dota 2
vpesports

Hal itu dikonfirmasi oleh sang manajer, Matthew Bailey, melalui Twitter. “Ini berita palsu. Mayoritas dari semua tim dalam daftar ini bahkan belum didekati oleh TO terkait. Team Secret tidak akan menghadiri acara ini,” tulisnya di Twitter.

Hari itu juga salah satu media Esports, VPEsports menghubungi beberapa tim yang juga tercantum dalam pengumuman. Termasuk Virtus.pro, Evil Geniuses, Team Secret, dan dua tim asal Tiongkok, PSG.LGD serta Vici Gaming. Ternyata jawaban mereka sama, yaitu menganggap pengumuman tersebut adalah berita palsu.

Selain nama-nama yang telah disebutkan tadi, Fnatic, EHOME, Invictus Gaming, dan OG juga masuk dalam daftar tim undangan. “Kami tidak memiliki informasi tentang turnamen ini,” tutur pihak PSG.LGD kepada VPEsports.

Hainan Master dota 2
liquipedia

 

“Tidak ada yang menghubungi kami, apalagi mengkonfirmasi kami akan hadir,” kata CEO Team Secret, John Yao. Jawaban yang sama juga dikatakan oleh manajer Vici Xu “JaL“ Xiaoyun, manajer Virtus.pro Dmitrii Shishkov, dan Wilson “Fronz” Teng dari EG.

Mereka sama-sama sepakat bahwa tidak ada komunikasi antara manajemen tim dan penyelenggara turnamen. Sementara itu setelah berita ini menjadi viral, daftar tim yang disajikan dalam pengumuman Hainan Invitational dihapus. Kemudian muncul penjelasan terkait berita yang sudah telanjur beredar itu.

Seperti dikatakan oleh perwakilan UCC Studio, Dan “Pluto” Shatrov, penyelenggara sebenarnya baru ‘bermaksud’ mengundang. Dalam bahasa Tiongkok, pengumuman itu menuliskan ‘ingin mengundang’, tetapi belum benar-benar dilakukan. Namun demikian, Pluto setuju bahwa apa yang terjadi saat ini memang salah.

Lebih dari itu, menghapus pengumuman sepertinya juga tidak dapat menjamin penyelenggara tidak akan dituntut. Bisa saja pihak tim yang dikaitkan menuntut karena menggunakan nama dan logo tim mereka tanpa izin untuk menarik sponsor.

Hainan Master dota 2 vpesports
dotabuff

 

Meski demikian, turnamen akan tetap berjalan sebagaimana yang sudah direncanakan sebelumnya. Kualifikasi regional turnamen untuk kawasan CIS bahkan sudah berjalan sejak 15 Januari lalu.

Studio UCC, yang menjalankan kualifikasi regional, mengklaim peserta yang mengikuti kualifikasi ‘dapat diandalkan’. Kualifikasi dimulai dengan penyisihan grup, kemudian braket eliminasi ganda. UCC menayangkan kualifikasi regional dalam bahasa Rusia dan untuk bahasa Inggris ditayangkan di Twitch.

Turnamen utama sepertinya terancam batal diikuti oleh tim-tim top. Bukan hanya karena beberapa dari mereka sudah ‘ngambek’ akibat tidak ada komunikasi yang jelas. Tetapi, ternyata pelaksanaan Hainan Invitational (Spring) juga tumpang tindih dengan jadwal Minor ketiga DPC.

Hainan Master Invitational berlangsung mulai 3 hingga 8 Maret, sementara ESL ONE LA berlangsung pada 5 Maret. Tentu saja tim top tahu acara mana yang menjadi prioritas mereka jika lolos ke Major. Kemungkinan Hainan Invitational hanya dapat mengundang tim yang tersingkir selama kualifikasi Major.


Mau diskusi lebih lanjut mengenai game Dota 2? Ayo gabung dengan Komunitas Dota 2 dengan cara join di group facebook DOTA 2 ID.


Tags:

Share post:

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

0 Komentar