Cepat Paham Game Dota Underlords untuk Pemain Baru

Cepat Paham Game Dota Underlords untuk Pemain Baru (6)

Dota Underlords menuai popularitas di komunitas Dota selama setahun terakhir. Sobat Gamers juga mungkin ada yang udah ketagihan sama game strategi satu ini. Semuanya berawal dari hype Dota Auto Chess, hingga akhirnya Valve merilis custom map ini secara terpisah pada Juni 2019.

Enggak cuma di PC, game Dota Underlords ini juga hadir di platform mobile untuk kalian para pengguna Android dan iOS.

Dota Underlords mobile dan PC adalah versi upgrade dari Dota Auto Chess karena sudah lengkap dengan berbagai fitur tambahan. Permainannya pun mirip dengan catur modern. Saking populernya, game Dota Underlords sudah diunduh sebanyak satu juta kali hanya hanya dalam beberapa minggu saja, loh! 

Sobat Gamers belum pernah nyobain game ini? Nah, INDOESPORTS bakal kasih tutorial main Dota Underlords yang mudah dipahami, bahkan untuk pemain baru sekaligus.

Dota Underlords untuk Pemula

Game Dota Underlords guide untuk pemula
Game Dota Underlords guide untuk pemula

Meski sudah berjalan setahun lebih, rupanya banyak pemain yang belum paham gimana permainan Dota Underlords. Emang sih, awalnya kelihatan ribet. Tapi enggak serumit yang kalian pikirkan kok, Sobat Gamers. Setelah cobain, kalian pasti bakal ketagihan main game ini.

Memahami Gameplay Dota Underlords

Kalau Sobat Gamers udah pernah main Auto Chess, kalian enggak bakal bingung lagi gimana cara main game Dota Underlords. Gameplay dasarnya memang mirip banget. Seperti yang udah disebutin tadi, dasar permainannya mengadaptasi catur modern 8 x 8.

Pemain bebas memilih, menempatkan, dan mengendalikan hero di atas papan catur. Maksimal satu tim terdiri dari delapan hero. Sobat Gamers harus merancang strategi untuk bertahan dan menyerang pasukan lawan.

Fase permainan dibagi menjadi dua, yaitu persiapan dan pertandingan. Opsi permainan juga bisa kalian pilih, melawan pemain lain secara online (PvP) atau offline melawan bot.

Dota Underlords Guide, Fase Permainan

Game Dota Underlords guide - fase persiapan pemilihan hero
Game Dota Underlords guide - fase persiapan pemilihan hero

Hal pertama yang ditegaskan Dota Underlords guide, Sobat Gamers harus tahu dua fase utama permainan. Masing-masing fase enggak bisa dianggap sepele. Biar enggak bingung, berikut ini dijelaskan mencolok antara fase pertama dan kedua:

Misalnya saja fase persiapan yang rumit namun juga penting. Kalian harus bekerja sama dengan tim untuk membuat keputusan dalam periode waktu tertentu.

1. Fase Persiapan

Tiga puluh detik sebelum pertempuran dimulai, kalian diberi waktu untuk melakukan persiapan. Mulai dari beli-jual item, upgrade hero, dan mengatur posisi hero. Mungkin terlihat rumit, tapi ini momen yang penting loh, Sobat Gamers.

Ngomong-ngomong nih, selama fase persiapan kalian juga bisa loh, memantau musuh. Apa yang sedang dikerjakan dan bagaimana musuh mengatur formasi hero, semua bisa kalian saksikan. Jadi, kalian bisa merencanakan strategi yang tepat untuk menaklukkan lawan.

2. Fase Pertempuran

Setelah tiga puluh detik berlalu, semua hero terletak di papan, maka kalian tinggal menonton bagaimana pertandingan berlangsung. Dota Underlords menjalankan pertempuran dengan AI berdasar pada strategi yang sudah kalian susun di fase persiapan.

Tim hero yang sudah kalian susun akan bertarung dengan lawan. Pemenang akan bertahan hidup sedangkan tim yang kalah akan kehilangan XP.

Memahami Kekuatan Hero

Game Dota Underlords guide - kekuatan hero
Game Dota Underlords guide - kekuatan hero

Valve membuat aturan pemilihan hero Dota Underlords dengan sistem yang adil untuk masing-masing tim. Di babak pertama, Sobat Gamers hanya bisa memilih satu hero dari lima yang disediakan secara acak.

Nah, setiap menyelesaikan satu ronde permainan, kalian akan mendapatkan Gold. Kalah ataupun menang, masing-masing pemain tetap akan mendapat lima Gold. Kecuali jika kalian menang berturut-turut (win streak) kalian akan mendapat delapan Gold.

Sobat Gamers menggunakan Gold ini untuk membeli hero lainnya. Masing-masing hero juga memiliki level kekuatan yang berbeda-beda. Tandanya dilihat dari status bintang hero. Semakin banyak bintang dan semakin mahal harganya, maka semakin kuat pula hero tersebut.

Jika membeli hero yang sama, kalian bisa menggabungkannya dan menaikkan bintang hero tersebut. Dengan begitu, Sobat Gamers bisa bebas meracik komposisi pasukan kalian sesuka hati.

Strategi Bermain Underlords untuk Pemula

Strategi Game Dota Underlords untuk pemain, gampang
Strategi Game Dota Underlords untuk pemain, gampang kuasai permainan

Meski terlihat enggak kompetitif seperti game MOBA yang jadi induknya, pertandingan Dota Underlords enggak kalah menegangkan, loh! Apalagi di fase persiapan yang terbilang krusial. Pemilihan item, penentuan lokasi, serta keputusan lain yang harus ditentukan di waktu singkat.

Nah, biar kalian enggak mengalami lose streak, INDOESPORTS bakal kasih tips pengaturan strategi yang bakal ngebantu kalian. Simak ya!

Pemilihan Item Dota Underlords

Enggak cuma di permainan MOBA, Dota Underlords juga mengharuskan kalian untuk memilih dan menggunakan item. Cara mendapatkan item juga gampang-gampang susah. Soalnya, item didapatkan secara acak dengan mengalahkan creep tiap rondenya. Enggak semua item berefek banyak. Tapi kalau Sobat Gamers bisa dapat item yang tepat, kalian bisa memaksimalkan potensi hero pasukan kalian di ronde berikutnya.

Waktu Rolling

Dota Underlords guide untuk pemain baru
Dota Underlords guide untuk pemain baru biar cepat jago

Rolling adalah ketika Sobat Gamers mengeluarkan 2 Gold untuk melihat hero baru di Shop. Jangan lakukan rolling terlalu dini karena kalian hanya akan buang-buang Gold.

Fokuslah untuk berhemat Gold di awal pertandingan. Pemain pro biasanya melakukan rolling di fase pertengahan hingga akhir pertandingan untuk upgrade hero.

Strategi Dasar

Di ronde awal, Sobat Gamers bisa memilih hero yang punya HP lebih tinggi. Soalnya, mereka bisa menerima damage besar dan bertahan menghadapi serangan tim lawan. Contohnya, hero Juggernaut, Tiny, Tusk, dan Axe.

Setelah itu, barulah Sobat Gamers bisa fokus membeli hero lain yang punya pukulan sakit. Atur strategi untuk serangan balas dendam.

Posisi Awal

Bakal panjang nih, kalau dijelaskan secara terperinci. Intinya, posisi dasar di awal ini umumnya menyesuaikan dengan kekuatan hero. Hero melee yang punya HP besar diletakkan di depan, sementara hero jarak jauh yang lebih lemah berada di belakangnya.

. . .

Jika sudah paham dengan penjelasan di atas, Sobat Gamers bisa langsung menerapkannya di arena pertempuran Dota Underlords. Ketajaman insting bermain dan strategi bakal terasa seiring banyaknya jam terbang.

Supaya pengalaman kalian makin afdol, sebaiknya Sobat Gamers memperbanyak match online daripada cuma ngelawan bot. Biar cepat jago, he-he-he!

Sobat Gamers yang pengen tahu gaming tips lainnya atau berita tentang esports, kunjungi website INDOESPORTS, ya!


Tags:

Apa menurut kamu Artikel ini keren?

Share artikel ini ke teman-teman kamu juga ;)

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

0 Komentar