Dota 2 defeated

Bikin Sebal! 5 Momen yang Berpotensi Mengacaukan Emosi Pemain Dota 2

Indoesports.com 4 Mar 2019 - Seberapa penting seorang gamer harus mampu mengelola emosi saat bermain Dota 2? Sangat penting mengingat emosi akan mempengaruhi stabilitas dan fokus pemain. Jika Anda mudah tersulut, permainan jelas akan berantakan. Terlalu senang pun kadang mengaburkan konsentrasi.

Bermain gim dalam ajang apa pun, baik kesenangan pribadi maupun berlaga di esports, memerlukan manajemen emosi yang seimbang. Sebagai bentuk antisipasi, Anda perlu mengenali sejumlah momen yang sering kali membuat gamers kehilangan kontrol sampai menghancurkan performa mereka.

1 Lag/disconnect saat menyerang

Disconnect

Sebagian besar pemain di Dota 2 leaderboard pasti pernah berhadapan dengan situasi ini. Keadaannya akan semakin menjengkelkan saat Anda hendak melancarkan serangan atau clash besar ke musuh yang berpotensi menguntungkan tim.

Ketika lag terjadi, Anda akan kesulitan mengendalikan hero. Risikonya, hero tak bisa menyerang atau malah terbunuh hero musuh. Jika situasi sudah sulit terkendali, para pemain bukan hanya mengumpat, tetapi bisa membanting gearing game yang sedang digunakan.

Lebih parahnya, lag atau disconnect berkepanjangan kerap berakhir pada abandoned game. Hal tersebut malah akan membuat ranked match yang Anda mainkan dianggap kalah dan MMR pun berkurang.

2 Pemadaman listrik di daerah tertentu

Lights Out

Gangguan ini jarang dijumpai gamers Dota di kota-kota besar, pasalnya mereka punya pasokan aliran listrik melimpah nan stabil. Lain cerita dengan pemain yang tinggal di kawasan terpencil atau pedesaan yang belum mendapatkan listrik memadai.

Akibatnya? Jangankan streaming di Twitch, memainkan gameplay dalam waktu lama saja sulit, sebab pemadaman sering terjadi di tengah permainan. Momen ini jelas lebih menyebalkan dibandingkan lag atau disconnect mengingat Anda berisiko terkena sanksi berupa Low Priority.

Jika mengalami Low Priority, untuk sementara waktu Anda tak bisa bermain di rank matched sampai sanksi berhasil diselesaikan. Makin sulit pula Anda menjangkau posisi tertinggi di permainan ini.

3 Tetikus/mouse mendadak mati

mouse

Tetikus atau mouse mempunyai peran penting dalam Dota 2, khususnya untuk menyerang musuh secara cepat dan beruntun. Kejadian ini paling sering terjadi bagi gamers yang bermain di warnet karena mouse yang digunakan bukan standar untuk gim atau belum diganti dengan yang lebih mutakhir.

Pemain yang memakai mouse berkualitas rendah cenderung mudah terpancing emosinya. Mereka akan menumpahkan emosi pada pemain di sekitar bilik atau bahkan operator warnet yang kurang tahu tentang gim. Membanting mouse malah makin merugikan karena Anda harus menggantinya.

Memang ada baiknya Anda memakai gaming gear sendiri. Meski lebih mahal, kendala seperti mouse yang mati mendadak tak akan terjadi.

4 Tak sengaja menekan tombol yang salah

wrong button

Momen lain yang kerap memicu pemain adalah misclick atau mistarget. Misclick adalah keadaan yang terjadi saat Anda salah menekan tombol dalam situasi terdesak. Lantas mistarget terjadi saat hero Anda butuh akurasi tinggi selama bermain.

Untuk contoh kejadian, saat Anda hendak menghindari musuh, alih-alih memakai Force Stuff Anda malah memilih Ghost Scepter. Sementara musuh yang Anda hadapi mempunyai hero seperti Lina yang dikenal dengan magic damage mematikan.

Oleh karena itu, setelah download Dota 2, sebaiknya latih refleks Anda saat memilih opsi tombol yang akan dikeluarkan dalam situasi-situasi terjepit.

5 Tim lawan mampu membalikkan situasi

Revenge

Pernahkah Anda mendengar kalimat comeback is real saat memainkan Dota? Kalimat tersebut biasanya digunakan kala pihak musuh berhasil mengembalikkan situasi dari sulit atau kalah menjadi menang saat mendekati akhir pertandingan di game online.

Menyebalkan, bukan? Jika Anda sudah berhadapan dengan momen ini, maka Anda perlu lebih waspada di pertandingan selanjutnya. Jangan cepat senang setelah berhasil melumpuhkan musuh. Bisa jadi lawan diam-diam bangkit untuk meluncurkan serangan mematikan saat Anda sedang melakukan selebrasi.

Momen comeback is real pun sering kali jadi dramatis, sebab Anda akan menyaksikan perubahan emosi dari tim-tim yang sedang bertempur.

Semoga dengan informasi ini Anda akan terdorong untuk mengelola emosi. Dengan begitu, Anda mampu berpikir jernih dan tidak salah mengambil keputusan meski sedang terhimpit dalam situasi menyulitkan di Dota 2.

Tags:

Share post:

Add Comments
Silahkan Anda Login Terlebih Dahulu
Comments