Anathan "Ana" Pham dan Perjalanannya Bersama OG Hingga Pensiun

Ana OG

Anathan "Ana" Pham adalah pro player Dota 2 yang bermain untuk OG. Pada 14 Juni 2021 ini dirinya memutuskan untuk pensiun dari esport scene Dota 2 yang telah membesarkan namanya tersebut.

Kabar tersebut juga mengejutkan, mengingat dirinya baru saja kembali dua bulan sebelumnya setelah vakum satu musim.

Ana merupakan salah satu player yang begitu penting di OG bahkan dirinya bisa disebut sebagai pilar. Hero signaturenya adalah Ember Spirit, Phantom Lancer, dan Spectre.

Baca Juga: Throwback 2021: 2 Pemain Indonesia di The International dan Viralnya “Mama Aku di TI”

Berkat dirinya dkk OG dapat meraih gelar juara di The International 8 dan 9. Hal itu juga membuat OG mencetak rekor sebagai tim yang memenangi TI selama dua kali berturut-turut.

Masa Depan OG Dota 2 Setelah Juara Back-to-back TI The Gamer

Anathan Pham merupakan pemain asal Australia. Dia lahir pada tanggal 26 Oktober 1999 dan sekarang berusia 22 tahun. Dia sering bertugas sebagai carry dan solo mid dan menjadi kunci kemenangan bagi tim-tim yang pernah ia bela.

Ana memulai karir profesionalnya di esport Dota 2 sebagai player tim invictus Gaming pada bulan Maret 2016. Performanya yang sangat baik saat menumbangkan tim Newbee di Grand Final National Electronic Arena 2016 membawa jalan karirnya lebih tinggi.

OG melihat potensi yang besar dalam dirinya sehingga pada tanggal 31 Agustus 2016 dirinya masuk ke line-up OG dan mempersembahkan gelar The Boston Major untuk OG.

Namun setelah mengalami beberapa kekalahan di musim selanjutnya dirinya memutuskan untuk rehat. Pada awal tahun 2018 dirinya bergabung dengan Echo International.

Tak lama berseragam Echo International dirinya kembali kepada OG dan akhirnya dapat mengangkat trofi The International 2018. Setelah merengkuh gelar tertinggi itu dirinya kembali memilih rehat dari scene profesional Dota 2.

Untuk kedua kalinya dia memilih untuk vakum dari scene profesional. Selama masa rehat ini dirinya terlihat melakukan beberapa hal yang menurutnya menarik, seperti menonton film, dan mengikuti keseharian chef idolanya Gordon Ramsay.

Maret 2019 dirinya kembali aktif untuk scene kompetitif Dota 2 bersama rekan-rekannya di OG.

Meskipun pada MDL Disneyland Paris Major perjalanan mereka harus kandas oleh Tim Liquid di posisi 5-6, pada kancah The International 2019 mereka berhasil menembus Grand Final dan membalaskan dendamnya kepada Tim Liquid.

Dengan begitu Ana dkk menjadi tim pertama sepanjang sejarah The International sebagai tim yang menjuarai TI dua kali berturut-turut.

Kembali merengkuh juara, Ana mengambil keputusan untuk rehat kembali di awal tahun 2020. Akan tetapi kini alasan dirinya untuk rehat adalah untuk melanjutkan kuliahnya.

Di masa rehatnya itu, dirinya terlihat bermain Valorant. Hal ini dibuktikan dengan tangkapan layar yang diunggah ke akun Twitternya.

Bahkan ada satu cuitannya yang mengatakan bahwa dirinya menonton VCT Masters dan mengatakan bahwa Valorant permainan yang menghibur, tapi itu terjadi ketika dirinya sudah kembali dari rehatnya.

Sebelum pensiun, prestasi OG memang sempat mengalami penurunan dalam sehingga Ana kehilangan motivasi untuk bermain.

Namun tak lama dari kabar rehatnya, pada bulan April dirinya kembali lagi bersama OG.  Kabar ini tentunya memberi harapan kepada para penggemarnya.

Tak disangka, dua bulan berlalu sejak comeback dari rehatnya Ana secara mengejutkan mengumumkan lewat akun twitter OG Esports bahwa dirinya memilih pensiun sebagai professional player meninggalkan tim kesayangannya itu. 

“Ana memutuskan tak lagi berkompetisi di scene Dota 2. Sebuah kebanggaan pernah bermain dan memiliki Anda di sisi kami. Terima kasih atas segalanya”, tulis akun twitter resmi OG.


Tags:

Apa menurut kamu Artikel ini keren?

Share artikel ini ke teman-teman kamu juga ;)

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

0 Komentar