5 Tim Legendaris Dota 2 Sepanjang Sejarah

Tim Dota Terbaik

The International 10 telah berlalu dan Team Spirit telah meraih gelar juara dunia itu setelah melakukan pertarungan yang sengit melawan PSG.LGD. 

Skor tipis 3-2 menjadi hasil akhir bagi Miposhka dkk yang akhirnya dapat mengangkat trofi juara dunia itu.

Kepopuleran game moba Dota 2 memang tidak bisa terlepas dari turnamen The International yang menjadi arena super megah bagi tim-tim dari setiap penjuru dunia.

Dengan Prize Pool yang fantastis, The International menjadi magnet yang sangat kuat untuk para player mendedikasikan hidupnya untuk menjadi pro player.

Baca Juga: Indopride! Boom Esport Jadi Salah Satu Tim Dota 2 Terbaik di Dunia!

Tapi bukan hanya karena prize pool saja yang menjadi alasan bagi tim-tim terbaik itu untuk menunjukkan kehebatan mereka ke mata dunia.

Kemampuan yang mengerikan dan kerja sama tim yang solid selalu menjadi faktor utama dari para juara untuk meraih gelar juara dunia itu.

Sejak kemunculan turnamen skala internasional ini pada Agustus tahun 2011, tim-tim terbaik dari seluruh dunia mulai menunjukkan dirinya. Hal itu membuat ekosistem game moba di seluruh dunia khususnya Dota 2 menjadi lebih seru untuk diikuti.

Indoesport telah merangkum 5 Tim Legendaris Dota 2. Berikut ini rangkumannya.

Alliance

Alliance2016

Tim yang terbentuk dari gabungan roster Swedia ini berdiri sejak April 2013. Sebelumnya region Skandinavia memang terkenal dengan para pemain FPS yang sangat terampil.

Namun kehadiran Loda dkk berhasil menggebrak panggung The International 2013 dan menjadi juara setelah menundukkan Dendi dkk dari Natus Vincere.

Alliance berhasil membuktikan kepada dunia bahwa player-player Skandinavia khususnya Swedia juga mempunyai kemampuan yang mengerikan di arena Dota 2.

Hal itu dikarenakan setiap player yang tergabung di Alliance berasal dari Swedia (all Swedish roster).

Akan tetapi, sejak kemunculan yang sangat impresif itu Alliance jarang tampil maksimal lagi di TI. Organisasi yang kurang stabil kerap membuat performa tim menjadi berantakan.

Hal ini juga terjadi karena masuknya Loda ke sisi manajemen. Namun Alliance masih memiliki tren positif di turnamen-turnamen Eropa.

Team Secret

1200px-Team_Secret_logo.svg

Secret mungkin belum pernah menjuarai The Intenational, namun roster tim ini merupakan pemain-pemain terbaik yang pernah dimiliki di regional barat. Kemunculan mereka bahkan diibaratkan "Galacticos" karena memiliki roster-roster bintang.

Lahir atas prakarsa legenda hidup Dota 2, yaitu Puppey, Team Secret mendatangkan bakat-bakat terbaik di West Region. Puppey menggandeng kuroky, s4, Arteezy, dan Zai yang berkemampuan tingkat dewa. 

Sebelum TI 5 Team Secret selalu memberikan dominasi di berbagai turnamen. Namun perolehan yang mereka dapatkan tidak sebanding dengan ekspektasi para penggemar mereka.

Peringkat 7-8 harus diterima Puppey dkk, harapan mereka pun pupus untuk menyabet tim terbaik di dunia.

Tahun-tahun berganti, di TI10 dengan line-up baru, mereka mampu menampilkan permainan yang baik hingga masuk ke empat besar di babak playoffs. Gelar terbaru mereka adalah peringkat ketiga di The International 2021. 

Na'Vi

600px-Natus_Vincere_2021_lightmode

Natus Vincere merupakan juara The International pertama. Salah satu roster yang masih terkenang hingga sekarang adalah Dendi.

Saat itu Na'Vi hanyalah tim kecil yang berlaga di kompetisi Dota skala nasional. Kemunculan The International yang memiliki prize pool yang fantastis membuat Dendi dkk berjuang gigih untuk menjadi yang terbaik. 

Lima roster Natus Vincere (NaVi) pada saat itu adalah Dendi, Artstyle, LightOfHeaven, XBOCT, dan Puppey yang pada akhirnya masuk Team Secret pada 2014. Berhasil meraih gelar The International pertama mereka langsung jadi tim yang paling diperhitungkan di dunia.

Gelar juara The International memang tidak pernah diraih kembali, akan tetapi Dendi dkk selalu masuk ke Grand Final hingga The International 3. Dengan capaian yang luar biasa itu, Natus Vincere tumbuh menjadi salah satu organisasi esport terbaik di dunia. 

Bahkan kini mereka mempunyai divisi Mobile Legends yang pada M3 World Championship 2021 lalu mampu bertarung hingga ke babak playoffs.

Team Liquid

1641199904747

Bermula dari clan StarCraft 2, Team Liquid kini telah menjadi raksasa Dota 2 di Eropa. Team Liquid didirikan sejak akhir 2012, dengan kerja keras mereka akhirnya mampu masuk ke The International pada 2016. Dengan roster yang lebih baik, pada 2017 mereka mampu meraih gelar juara TI 7.

Matumbaman dkk kembali tampil baik pada tahun 2018. Namun sayangnya mereka hanya mampu finish di posisi keempat. Hasil tersebut pastinya membuat para penggemar tim berlogo kuda ini kecewa hingga Matumbaman keluar dari line-up dan bergabung dengan Chaos Esport Club.

Dengan w33 yang menjadi pengganti Matumbaman Team Liquid mampu menembus Grand Final lagi. Namun N0tail dkk dari OG memupuskan harapan Miracle- dkk untuk menjuarai The International untuk kedua kalinya.

OG

OG_Logo

Barangkali OG merupakan tim Dota 2 pertama yang mengukir sejarah sebagai tim yang mampu menjuarai The International dua kali berturut-turut. Bahkan sebelum menjuarai The International pertamanya, Ana dkk sudah memiliki 4 gelar Major.

Raihan 4 kali gelar Major dan 2 kali The International mengukuhkan Team OG sebagai tim terbaik di dunia. Sampai saat ini mungkin belum ada tim lain yang bisa menandingi pencapaian Team OG.

Namun pada 2020-2021 performa OG mengendur, bahkan mereka tidak menelurkan gelar baru sepanjang 2020. Ana yang merupakan pemain mengerikan team OG juga kerap rehat dari tim hingga berimbas pada permainan tim ini.

Pada tahun 2021 mereka mampu masuk kembali ke gelaran The International namun sang Naga (Team Secret) mampu menundukkan tim dengan gelar dua kali juara itu di babak 8 besar dengan skor 2-0 tanpa balas. Team Secret pun keluar sebagai juara The International 2021. 


Tags:

Apa menurut kamu Artikel ini keren?

Share artikel ini ke teman-teman kamu juga ;)

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

0 Komentar