5 Hero Dota 2 dengan Rasio KDA Tertinggi pada Patch 7.27

5 Hero Dota 2 dengan Rasio KDA Tertinggi pada Patch 7.27

Patch 7.27 telah memasuki versi 7.27c pada 17 Juli 2020. Dalam patch terbaru itu, pemain akan menemukan beberapa perbedaan mendasar yang cukup signifikan, seperti nerf terhadap Necromicon sampai peningkatan damage untuk Fountain. Selain itu, perubahan dalam patch7.27 juga melingkupi penyesuaian kekuatan setiap Hero Dota 2 (Buffed atau Nerfed).

Penyesuaian kekuatan Hero pasti akan berdampak pada performa Hero di pertandingan. Untuk mengukur performa Hero Dota 2, kita dapat menggunakan banyak variabel perhitungan, salah satunya adalah rasio KDA. Rasio KDA disusun berdasarkan rata-rata raihan kills, deaths, dan assists. Secara perhitungan, rasio KDA didapatkan dengan rumus: (kills + assists) : death. Rasio KDA ini berbeda dengan rasio Win-Rate yang kerap digunakan sebagai tolak ukur Hero Meta.

Dalam tulisan ini, Indoesports akan memberikan lima Hero Dota 2 yang memiliki rasio KDA tertinggi pada patch 7.27. Dalam menyusun tulisan ini, Indoesports akan menggunakan data dari Dotabuff.com, salah satu situs basis data Dota 2 ternama. Sebelum patch 7.27 berakhir, kalian bisa mengandalkan kelima Hero ini untuk memanjat tangga MMR, sebab kekuatannya sudah teruji secara statistik!

1. Wraith King

5 Hero Dota 2 dengan Rasio KDA Tertinggi pada Patch 7.27 Wraith King Hero Dota 2
Wraith King Hero Dota 2

Dalam patch 7.27b, Wraith King (WK) mendapatkan peningkatan kekuatan (buff) . Peningkatan tersebut meliputi skill – Vampiric Aura dan Mortal Strike. Efek lifesteal dari Vampiric Aura meningkat menjadi 32% dari 20%. Di sisi lain, damage dari Mortal Strike meningkat menjadi 35—40 Physical Damage, sebelumnya 30—35 Physical Damage.

Peningkatan kekuatan dari patch 7.27b dapat dilihat sebagai alasan utama Wraith King menempati urutan kelima pada patch saat ini. Dalam patch sebelumnya, Wraith King hanya menempati urutan kesepuluh. 

DIlansir dari Dotabuff, Wraith King memiliki rasio KDA sebesar 3.46 dengan rata-rata kills sebanyak 6.5, deaths sebanyak 5.33, dan assists 11.94. Secara keseluruhan, raihan kills dan assists dari WK terbilang rendah. Namun, berkat kemampuan durability yang tinggi, WK juga memiliki angkat kematian yang rendah. Sehingga, rasio KDA-nya memperlihatkan angka yang cukup tinggi. 

2. Riki

5 Hero Dota 2 dengan Rasio KDA Tertinggi pada Patch 7.27 RIki Dota 2
Riki Hero Dota 2

Riki merupakan salah satu Hero semi-carry yang memang dikenal mematikan. Berkat backstab damage dan kemampuan silence, Riki dikenal sebagai Hero Anti-Support yang cukup mematikan. Patch 7.27 bukanlah kali pertama Riki masuk sebagai lima besar Hero dengan rasio KDA tertinggi. Dalam patch sebelumnya, Hero Agility tersebut mampu menduduki peringkat keempat dengan rasio KDA sebesar 3.57.

Pada patch saat ini, Riki memiliki rasio KDA sebesar 3.51 (menurun sebesar 0,06 poin dari patch sebelumnya). Menduduki peringkat keempat, Riki memiliki rata-rata kills sebesar 10.96, deaths sebesar 6.35, dan assists sebesar 11.35. Mengacu pada data tersebut, kita dapat melihat, bahwa Riki memiliki jumlah rata-rata kills yang sangat besar (10 kills dalam satu pertandingan). Bahkan, jika diurutkan, jumlah rata-rata kills dari RIki adalah yang terbesar dari seluruh Hero Dota 2 pada patch kali ini. 

3. Ember Spirit

5 Hero Dota 2 dengan Rasio KDA Tertinggi pada Patch 7.27 Ember Spirit Hero Dota 2
Ember Spirit Hero Dota 2

Ember Spirit merupakan salah satu Hero Agility yang dapat menempati banyak posisi permainan, mulai dari posisi ketiga (offlane) sampai posisi pertama (hard-carry). Hero yang tergabung dalam keempat elemen dasar di Dota 2 tersebut hampir selalu dapat ditemui dalam skena kompetitif. Belakangan, Ember Spirit menjadi salah satu Hero Dota 2 yang sering digunakan oleh Miracle- dalam pertandingan kompetitif.

Para pemain Dota 2 pasti tahu, bahwa Ember Spirit merupakan salah satu Hero dengan potensi yang sangat besar. Berkat tingkat DPS, mobilitas, dan durability yang terbilang baik, Ember Spirit kembali menempati posisi ketiga pada Hero dengan rasio KDA tertinggi dalam patch 7.27. Walau mendapatkan nerf pada patch 7.27b, Ember Spirit ternyata masih sangat kuat untuk saat ini.

Ember Spirit memiliki rasio KDA sebesar 3.6 dengan rata-rata kills sebesar 9.82, deaths sebesar 6.21, dan assists sebesar 12.54. Rasio KDA yang tinggi didapatkan dari rata-rata kills dan assists yang besar. Sekali lagi, raihan tersebut terbilang sangat wajar mengingat potensi Ember Spirit yang memang sangat besar di Dota 2.

4. Zeus

5 Hero Dota 2 dengan Rasio KDA Tertinggi pada Patch 7.27 Zeus Hero Dota 2
Zeus Hero Dota 2

Zeus merupakan seorang Hero Intelligence yang memiliki tingkat Magical Damage sangat tinggi. Sebagai seorang Hero Intelligence, Zeus memiliki durasi cooldown (CD) skill yang sangat rendah. Sehingga, gaya bermain spamming skill bukan lagi barang ‘asing’ untuk seorang Zeus. Kondisi tersebut memungkinkan Zeus untuk memberikan serangan secara berkala kepada musuh untuk menyicil HP musuh pelan-pelan. Dalam fase laning, Zeus terbilang cukup menjengkelkan, jika kita tidak mengetahui cara untuk menyiasatinya (seperti membeli Magic Wand dan Infused Raindrop).

Dalam patch 7.27, Zeus menempati posisi kedua dengan rasio KDA 3.76. Tidak heran, pasalnya, Zeus memiliki rata-rata kills sebesar 8.25, deaths sebesar 7, dan assists sebesar 18.03. Mengacu pada data tersebut, rasio KDA dari Zeus sangat bergantung pada raihan assists. Berkat skill yang bersifat area-of-effect (AoE) dan global (menyerang semua Hero musuh di mana pun), raihan assists sebenarnya tidak begitu sulit untuk diperoleh. 

5. Spectre

5 Hero Dota 2 dengan Rasio KDA Tertinggi pada Patch 7.27 Spectre Hero Dota 2
Spectre Hero Dota 2

Spectre memang menjadi salah satu Hero Hard-Carry idaman. Dilengkapi dengan tingkat durability dan DPS yang sangat tinggi, Spectre dapat menjadi ‘ujung tombak’ permainan suatu tim. Belum lagi, pada patch 7.27b, Spectre mendapatkan peningkatan damage pada skill – Desolate—skill penghasil DPS dari Spectre. Dalam skena kompetitif, Spectre juga kerap kali menjadi Hero Hard-Carry yang diandalkan. Sebab, Spectre memiliki rasio Win-Rate yang cukup besar sebagai Hero Hard Carry, yaitu 53% untuk Rank Ancient dan 52% untuk Rank Divine—Immortal.

Dalam patch 7.27, Spectre kembali menempati peringkat pertama dengan rasio KDA sebesar 4.66. Jika dilihat, rasio KDA tersebut memiliki selisih yang cukup besar dengan peringkat kedua—Zeus yang memiliki rasio KDA sebesar 3.76.

Spectre memiliki rata-rata kills sebesar 8.65, deaths sebesar 5.24, dan assists sebesar 15.76. Uniknya, sebagai seorang Hard-Carry, raihan kills dari Spectre sebenarnya tergolong cukup kecil, jika dibandingkan dengan Hero Hard-Carry lain, seperti Morphling ataupun Phantom Assassin. Namun, berkat skill – Dispersion, Spectre memiliki durability yang cukup baik, sehingga sulit untuk dibunuh. Spectre juga biasanya mengkombinasikan item – Radiance dan skill – Haunt yang memudahkannya untuk menyerang seluruh musuh untuk melakukan kill ataupun sekadar meraih assists.

Dari kelima Hero dengan rasio KDA tertinggi pada patch 7.27, Wraith King merupakan nama baru yang menempati posisi kelima (dalam patch 7.26 hanya menempati posisi kesepuluh). Peningkatan rasio KDA tersebut dicurigai berasal dari peningkatan kekuatan (buff) pada patch 7.27b. Atau, tren penggunaan Wraith King yang sedang melonjak, karena kostum Arcana – The One True King yang baru dirilis. Untuk keempat Hero Dota 2 lainnya pada posisi keempat sampai pertama, rasio KDA tidak menunjukkan perubahan yang signifikan.

Temukan berita menarik lainnya mengenai esports dan Dota 2 hanya di website INDOESPORTS!


Halo, sobat gamer! Jangan lupa cek Youtube Channel INDOESPORTS ya. Ada video live stream turnamen esports setiap minggunya, dan informasi lain seputar esports. Ayo subscribe, like dan comment sekarang juga!


Mau diskusi lebih lanjut mengenai game Dota 2? Ayo gabung dengan Komunitas Dota 2 dengan cara join di group facebook DOTA 2 ID.


Tags:

Sukai Berita Ini

Share post:

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

0 Komentar