#Inspirasi Shoutcaster Indonesia Wawa Mania, Berangkat dari Game CS: GO Hingga Malang Melintang di Esports (4)

#Inspirasi Shoutcaster Indonesia Wawa Mania, Berangkat dari Game CS: GO Hingga Malang Melintang di Esports


Halo, sobat gamer! Jangan lupa cek Youtube Channel INDOESPORTS ya. Ada video live stream turnamen esports setiap minggunya, dan informasi lain seputar esports. Ayo subscribe, like dan comment sekarang juga!


Arwanto Tanumiharja atau yang lebih dikenal dengan nama Wawa Mania adalah seorang shoutcaster Indonesia yang pasti sudah tak asing lagi bagi sobat gamers pecinta esports. Shoutcaster adalah seseorang yang memberikan komentar selama jalannya pertandingan atau acara secara live (real time). Wawa Mania adalah salah satu shoutcaster Indonesia yang berangkat dari kesukaannya, yaitu game Counter Strike: Global Offensive atau CS: GO. Kecintaannya pada dunia game CS: GO kini membawa Wawa Mania menjadi salah satu shoutcaster terbaik Indonesia yang menginspirasi sobat gamers.

Sosok bersahabat satu ini mengklaim bahwa dirinya sudah mulai menjadi seorang caster sejak masih ada di dalam kandungan ibu. Namun secara official, Wawa Mania mulai menjadi shoutcaster di tahun 2016. Counter Strike adalah game yang pertama kali membuat Wawa Mania jatuh hati.

Ketika ditanyakan kenapa bisa menyukai game CS: GO, Wawa Mania tidak bisa memberikan jawaban pasti. “Yah ibarat cewe nanya, kenapa kamu suka dengan aku? Sulit dijelaskan dengan kata-kata.” Dari sini Wawa Mania membuktikan bahwa ‘cinta tak membutuhkan alasan’.

INDOESPORTS Giveaway CS:GO 3

 

Counter Strike adalah game FPS kompetitif yang pertama kali muncul di Indonesia dan langsung saja membuat Wawa Mania terpikat. Terutama di era tahun 2000an ketika warnet atau iCafe masih merajalela, Wawa Mania menceritakan bahwa di waktu itu bermain game bersama teman sambil saling adu ‘bacot’ menjadi satu keseruan yang membuatnya semakin mencintai dunia game.

#Inspirasi Shoutcaster Indonesia Wawa Mania, Berangkat dari Game CS: GO Hingga Malang Melintang di Esports (2)
Wawa Mania Shouctaster CS: GO

“Game yang pertama kali ku cast adalah CS: GO” ujar Wawa Mania ketika menceritakan bagaimana awal kariernya sebagai salah satu shoutcaster Indonesia.

Di tahun 2016 game Dota 2, Point Blank dan Counter Strike adalah 3 game yang sedang ‘happening’ sebelum Wawa Mania mengawali karier-nya di esports. Lama tidak memainkan game Counter Strike, maka Wawa Mania ingin menonton turnamen untuk mengobati rasa rindunya. Namun sayangnya tak ada channel Indonesia yang menyiarkan turnamen Counter Strike.

Hingga akhirnya Wawa Mania berpikir untuk menyiarkan sendiri turnamen Counter Strike dan menjadi caster, sekaligus menonton pertandingan. Bagi Wawa Mania, menjadi shoutcaster adalah pengalaman yang sangat menyenangkan. Selain bisa berkenalan dengan para esports pro player, Wawa Mania juga bisa menonton langsung secara detail pertandingan in-game.

“Nge-cast adalah jalan ninjaku!” ujar Wawa Mania untuk mengungkapkan seberapa besar passionnya di dunia esports sebagai shoutcaster Indonesia yang menemani sobat gamers dalam menyaksikan pertandingan esports secara live.

Kini Wawa Mania mengisi banyak turnamen sebagai shoutcaster di game mobile maupun game PC, seperti CS: GO, PUBG, PUBG Mobile, Clash Royale, Mobile Legends, Point Blank dan masih banyak lagi. Meski sangat mencintai game FPS CS: GO, namun Wawa Mania menyayangkan karena saat ini turnamen game CS: GO sudah semakin sedikit. “Dunia online sekarang sudah berbeda, sudah lebih cenderung ke arah mobile. Jadi bisa dikatakan kalau generasi baru untuk game CS: GO Indonesia stuck di akhir tahun 2018.”

#Inspirasi Shoutcaster Indonesia Wawa Mania, Berangkat dari Game CS: GO Hingga Malang Melintang di Esports (1)
Shoutcaster Indonesia Wawa Mania - Facebook Wawa Mania

Memang tak bisa dipungkiri bahwa jumlah turnamen untuk game CS: GO di dua tahun terakhir sangatlah sedikit. Namun bukan berarti game FPS satu ini tidak memiliki masa depan di Indonesia. Berkat komunitas esports CS: GO yang tetap aktif, game CS: GO masih bernafas hingga saat ini. Komunitas esports CS: GO sendiri terdiri dari berbagai jenis kalangan dan profesi, mulai dari gamers, esports pro player, shoutcaster, influencer, streamer dan masih banyak lagi.

“Harapan selalu ada, tapi turnamen tak pernah ada. Semoga tahun ini lebih banyak aja deh turnamen di Indonesia. Tahun 2019 aja turnamen bisa dihitung dengan jari tangan saja. Apakah tahun ini jari kaki juga termasuk?” Demikianlah Wawa Mania mengharapkan ke depannya akan ada banyak acara atau event turnamen game CS: GO di Indonesia untuk menyemarakkan ekosistem esports di Indonesia.

Turnamen memang sangat penting bagi popularitas sebuah game, termasuk game CS: GO ini. Wawa Mania pun menyebutkan hal ini dalam wawancara eksklusif beberapa waktu lalu. “Turnamen ini banyak fungsinya dalam game, misalnya untuk mengetahui popularitas suatu game. Pertama, jika ada gelaran turnamen kita bisa lihat ada berapa banyak tim yang ikutan daftar. Semakin banyak yang daftar artinya komunitasnya juga banyak, begitu juga sebaliknya. Selain daripada itu, turnamen juga bisa memberikan exposure buat game tersebut, sehingga bisa menaikkan popularitas nya.

“ Apapun yang terjadi, CS: GO selalu dihati,” Wawa Mania menutup demikian, sebagai seorang shoutcaster Indonesia yang berangkat dari game FPS kesukaannya, yaitu CS: GO. Sobat gamers yang ingin ikut sharing dan mengobrol bertegur-sapa dengan shoutcaster satu ini, kalian bisa menemui Wawa Mania di channel discordnya. Atau jika ingin sharing mengenai esports game CS: GO atau mabar dengan Wawa Mania, kalian bisa menyapa beliau via Discord.

'yos


Mau diskusi lebih lanjut mengenai game CS:GO? Ayo gabung dengan Komunitas CS:GO dengan cara join di group facebook CS:GO Indonesia Community.


Tags:

Sukai Berita Ini

Share post:

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

0 Komentar