Arti Psywar dalam Sudut Pandang RIMO SADEWA CODM

Arti Psywar dalam Sudut Pandang RIMO SADEWA CODM

Sobat Gamers pasti pernah melihat aksi perang komentar di media sosial yang dilakukan oleh sesama pro player atau penggemar. Ada yang menganggap psywar adalah bumbu-bumbu dari kompetisi yang bikin pertarungannya makin sengit. Sayangnya, komentar seperti ini kadang tak mengenal batas, bahkan sampai menjelek-jelekkan dan menjatuhkan.

Sebenarnya, psywar itu layak dilakukan enggak, sih?

Pada satu kesempatan ngobrol bareng pemain-pemain RIMO SADEWA, kami pun akhirnya membawa topik ini sebagai perbincangan. Seperti apa pandangan Kenz, 2RR9, Strix, Aimer, Fyy, dan OcaDz tentang psywar?

Kita bakal bahas lebih lanjut secara lengkap berikut ini. Simak ya!

Arti Psywar di Esports

Aplikasi Tiongkok Diblokir di India, Begini Nasib COD Mobile Bluestack

Psywar merupakan singkatan dari psychological warfare dan secara sederhana bisa diartikan sebagai perang komentar. Enggak sedikit tindakan ini yang akhirnya jadi aksi saling mengejek antara dua pihak yang berlawanan. Entah itu sesama pemain dari tim yang berbeda atau penggemar dari kubu yang bertentangan.

Biasanya psywar dilakukan untuk menjatuhkan mental lawan. Itulah sebabnya Sobat Gamers sering menyaksikan fenomena di esports Indonesia, khususnya pas ada turnamen major.

Psywar Adalah Hal yang Lumrah

Foto RIMO 2rr9 RIMO SADEWA CODM

Pro kontra mengenai psywar ini emang udah jadi bahan perbincangan di komunitas esports. Walau banyak yang enggak setuju, hal ini tetap tak bisa dihilang. Apalagi yang melakukannya bukan cuma pemain, melainkan lebih luas lagi.

Psywar itu wajar terjadi, sih. Mungkin ada oknum-oknum yang enggak suka sama tim lain gitu makanya dia ngejelek-jelekin. Sedangkan, yang diejek ini supporter garis kerasnya tim ini. Jadi deh,” 2RR9 menceritakan fenomena psywar yang sering dilihatnya.

“Dilihat sekarang, turnamen-turnamen di Indonesia juga rata-rata kayak gitu semua. Jadi kayak udah jadi hal yang wajar,” 2RR9 menambahkan.

Say No Psywar, Jaga Citra Esports CODM

Foto RIMO Kenz  RIMO SADEWA CODM

Leader dari RIMO SADEWA tidak terlalu setuju untuk tindakan psywar, terutama jika hanya perang komentar di media sosial. Baginya, pro player adalah figur yang punya pengaruh bagi penggemarnya.

“Kalau kita udah jadi pro player, pasti ‘kan banyak orang yang ngikutin kita. Menurut gua sih, harus dikurangi ya hal-hal yang kayak gitu karena nantinya malah bikin komunitas dari esports itu jadi jelek. Banyak netizen yang masih kecil dan mereka gampang terprovokasi,” jelas RIMO Kenz.

Selain itu, leader satu ini juga tak terlalu tertarik menggunakan strategi psywar karena lebih banyak dampak negatifnya. RIMO Kenz lebih senang jika esports CODM tetap punya citra yang baik.

“Bisa dibilang, game CODM enggak terlalu ramai, game sepi. Kalau player-nya aja kerjaannya gitu-gitu terus, orang-orang cuma nangkep yang negatif. Gamenya makin sepi ajalah,” terang Kenz.

Pendapat sang leader ini ternyata disetujui oleh sang Rusher, RIMO Strix. Strix menjelaskan bahwa ternyata dalam turnamen CODM, hal-hal seperti psywar sudah diatur.

“Kalau di turnamen ‘kan ada peraturannya, enggak boleh taunting (mengejek) ke lawan, soalnya bakal kena warning,” kata RIMO Strix.

Lebih lanjut, Strix menganggap kompetisi adalah hal yang harus ditangani dengan sikap dewasa. Baginya, psywar malah akan memperburuk keadaan.

“Masing-masing player pasti ada yang mendam, tapi ya enggak boleh. Apalagi kalau masih di publik dan dilihat banyak orang. Jangan sampai keluar lah, ntar image-nya sama-sama jelek. Image lawan jadi jelek, kita juga ikutan jelek,” Strix menjelaskan pandangannya.

“Kalau misal mau taunting, langsung aja ya. Ha-ha-ha! Lewat medsos itu, gimana ya, kurang aja,” celetuk Kenz.

Tips Menghadapi Hate Comment Ala RIMO SADEWA

Foto RIMO Strix RIMO SADEWA CODM

Beberapa kali tampil di turnamen major, RIMO SADEWA tak terus-terusan berhasil tampil sempurna. Ada kalanya performa tim ini bagus sampai menuai pujian, kadang juga sebaliknya.

Lantas, apa yang dilakukan para pemain RIMO SADEWA untuk menghadapi hate comment saat bertanding?

“Kalau RIMO kena hate comment? Ha-ha! Gampang. Enggak usah lihat live chat. Itu doang sih,” jawab 2RR9 singkat, padat, dan jelas.

Cara dari Sniper RIMO SADEWA ini layak dicoba loh. Supaya tetap fokus bertanding, ada baiknya pemain mengabaikan komentar-komentar negatif yang menjatuhkan semangat.

“Individual orang ‘kan beda-beda gimana menanggapinya. Ada yang ketika dikomentari jelek, dia malah terpacu untuk main lebih bagus. Ada yang jadi makin enggak bagus. Gua sebagai leader nyaranin enggak usah dilihat aja sih,” Kenz menambahkan.

. . . 

Kalau menurut Sobat Gamers, psywar itu bagaimana? Setuju enggak dengan pendapat para pemain RIMO SADEWA di atas? Tinggalkan komentar kalian di kolom bawah ini ya!

Banyak informasi menarik tentang game dan esports yang bisa kalian temukan di website INDOESPORTS, simak terus ya!


Tags:

Apa menurut kamu Artikel ini keren?

Share artikel ini ke teman-teman kamu juga ;)

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

0 Komentar