Respawn Apex Legends S3

Pembaruan Apex Legends Ini Mengungguli Game Fortnite


Halo, sobat gamer! Jangan lupa cek Youtube Channel INDOESPORTS ya. Ada video live stream turnamen esports setiap minggunya, dan informasi lain seputar esports. Ayo subscribe, like dan comment sekarang juga!


Pembaruan Apex Legends Season 3 disebut mampu mengungguli kekurangan yang dimiliki oleh permainan Fortnite. Sementara begitu banyak game yang ingin menyaingi Fortnite pada genre battle royale, Apex Legends adalah yang terdekat. Respawn memang memiliki reputasi sangat baik untuk gameplay dan free-to-play.

Fortnite dianggap telah kehilangan sesuatu yang amat penting, setidaknya dari sudut pandang pengembangnya, Epic. Pendapatan dari tahun ke tahun untuk kuartal kedua 2018 dan 2019 menunjukkan penurunan tajam sebesar 52%. Apakah mereka telah digeser oleh ‘si anak baru’, Apex Legends?

Apex seharusnya memang tidak akan kesulitan ketika harus bersaing dengan Fortnite karena mereka didukung oleh EA. Dan mungkin situasinya akan menjadi lebih buruk bagi Fortnite saat ini. Pasalnya pembaruan Apex Legends membuat satu langkah yang selama ini dihindari oleh pesaingnya, yaitu peta baru.

Battle Royale terkadang memang menjadi genre permainan paling aneh dan membosankan. Permainan ini dibangun hanya untuk multiplayer yang kompetitif. Itu artinya, secara teori, pemain hanya memainkan pertandingan yang sama secara berulang-ulang.

worlds edge 1 apexRespawn

Anda mungkin akan selalu turun ke peta yang sama puluhan kali setiap hari dan itu dapat menyebabkan kebosanan. Bukan hanya dari sudut pandang pemain, tetapi juga penonton, baik menyaksikan langsung maupun streaming.

Fortnite selalu bertahan pada peta yang selalu sama setiap dimulainya musim baru, meski ada beberapa perubahan berskala kecil. Akan tetapi, rasanya pembaruan itu hanya seperti tweak kecil yang tidak berdampak terhadap pengalaman bermain.

Penambahan Creative Mode menjadi salah satu langkah jenius Fortnite, tetapi ini hanya sebagian kecil dari peta. Di sisi lain, Apex Legends mungkin tidak memiliki struktur visual menyenangkan layaknya Fortnite. Lingkungan di Apex terlihat kering dan didominasi warna coklat terang seperti di Kings Canyon.

Bangunannya tidak dapat diubah menjadi bahan untuk membangun sesuatu yang baru. Sebagai gantinya, pengalaman dalam arena pertarungan lebih terasa dengan efek-efek yang nyata.

worlds ege apexRespawn

Apex Legends memang dibangun dengan mempertimbangkan pergerakan pemain. Terdapat zipline, tidak ada kerusakan ketika jatuh dan akses menuju stasiun awal yang relatif mudah. Dengan dihilangkannya Kings Canyon pada awal musim ketiga, memang diharapkan lebih banyak fitur pada peta World’s Edge.

World's Edge sendiri menawarkan banyak area bergaya urban yang mengesankan. Jika diperhatikan, ada banyak tambahan detail lingkungan. Misalnya, kini pemain lebih memperhitungkan bahaya lingkungan sekitar karena adanya lava cair. Serta Respawn juga meremajakan tampilan visual yang kusam dari Kings Canyon.

Bahkan ada alasan berupa cerita di dalam game untuk perubahan ini. The Syndicate, pengelola Apex Game, dikisahkan mengubah arena pertarungan setelah tidak merasa senang dengan jadwal konstruksi Kings Canyon. Ini adalah perubahan minor dan tidak memengaruhi gameplay, tetapi itu adalah hal yang sangat dipikirkan.

Belakangan muncul desas-desus bahwa Epic Games sedang mempersiapkan peta baru. Bahkan Battle Bus, metode yang sebelumnya digunakan untuk bertanding, dihentikan sementara pada akhir musim kesepuluh.

Fortnite memang tidak pernah takut untuk menambahkan inovasi walau berpotensi dicerca para pemainnya. Salah satu yang terkenal adalah mereka menambahkan pesawat terbang dan mech di Season 7 dan 10. Sialnya, kedua penambahan itu tak mendapat respons positif dari para pemain.

Yang jelas Apex Legends sudah melakukan sesuatu yang benar-benar mengancam posisi Fortnite. Langkah Fortnite selanjutnya akan sangat menentukan dan bisa jadi berdampak besar. Salah satunya adalah soal perubahan atau kurangnya variasi di medan perangnya

Itu membuat mereka berpotensi kehilangan lebih dari sekedar pemasukan. Tetapi pembaruan Apex Legends Season 3 ini bukan tidak mungkin bisa terus merangkak ke posisi teratas untuk genre Battle Royale.


Mau diskusi lebih lanjut mengenai game Apex Legends? Ayo gabung dengan Komunitas Apex Legends dengan cara join di group facebook APEX LEGENDS ID.


Tags:

Share post:

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

0 Komentar